Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Kuliner

Beranda / Kuliner / Kue Nastar, Kue Wajib Saat Hari Raya: Sejarah dan Cara Membuatnya
Kue Nastar, Kue Wajib Saat Hari Raya: Sejarah dan Cara Membuatnya
0 Komentar | Dibaca 89 kali

Siapa yang tak kenal dengan kue nastar? Kue yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis gurih dengan isian atau topping selai nanas ini banyak penggemarnya. Kue satu ini memang seolah sudah menjadi salah satu sajian untuk tamu yang wajib ada pada saat perayaan hari besar keagamaan, terutama saat Lebaran dan Natal. Meski kue ini sangat populer, tentu masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana asal usul atau sejarah dari kue ini.

kue nastar

Saking populernya Nastar, ada sebuah lelucon yang berbunyi “ujian terberat saat Lebaran adalah mencari ujung selotip toples Nastar”. Hal ini dikarenakan hampir semua rumah, selalu menyediakan Nastar sebagai kue sajian saat Lebaran di samping jenis-jenis kue lainnya yang tak kalah populer seperti Kastengel, Putri Salju, Sagu Keju dan sebagainya. Nastar sendiri merupakan jenis kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, mentega atau margarin dan telur dan diberi isian berupa selai nanas. Kata Nastar sendiri merupakan serapan dari bahasa Belanda “Naas” yang berarti buah nanas dan “taar” yang berarti tart atau kue.

Jika dirasa-rasa, tekstur dari Nastar sendiri mirip sekali dengan kue pai atau pie. Jika digigit maka akan langsung hancur di mulut. Nah sejarahnya adalah berawal dari jaman kependudukan kolonial Belanda di Indonesia. Sebenarnya orang Belanda sendiri lebih menyukai kue pie atau tart dari Eropa yang diberi isian blueberry atau apel. Namun pada jaman tersebut, kedua jenis buah tersebut masih sulit ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, akhirnya di pilihlah buah nanas sebagai pengganti kedua buah tersebut karena mudah ditemukan di Indonesia. Kemudian ukuran kuenya juga diperkecil sehingga terciptalah kue nastar yang kemudian diperkenalkan pada penduduk pribumi.

Berikut ini adalah resep membuat Nastar sederhana:

1. Bahan-bahan yang diperlukan:

450 gram terigu, 6 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya), 50 gram keju parmesan, 150 gram gula halus, 375 gram butter atau margarin, 120 gram susu bubuk, selai nanas secukupnya. Selai nanas ini bisa Anda buat sendiri dengan buah nanas segar yang diparut dan dimasak bersama air gula dan sedikit cengkeh, bisa juga dengan menggunakan selai nanas siap pakai.

2. Cara m