Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Travelling

Beranda / Travelling / Traveling tanpa batas di kawasan ASEAN
Traveling tanpa batas di kawasan ASEAN
0 Komentar | Dibaca 500 kali

Berapa hari seorang pemegang paspor Indonesia dapat mengunjungi negara ASEAN lainnya?

Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (The Association of Southeast Asian Nations – ASEAN) merayakan ulang tahunnya yang ke-50 pada tahun 2017. ASEAN dibentuk di kawasan yang memiliki sejarah panjang kolonisasi dan konflik. Maka dari itu, organisasi ini ada untuk mempromosikan kedamaian, stabilitas, keamanan, dan kemakmuran melalui kerjasama regional.

Kawasan ini membentang di daratan seluas 4,488,839 kilometer persegi dan populasinya diperkirakan sebanyak 628 juta jiwa per 2015. Dari lima negara yang menginisiasi berdirinya organisasi regional ini, kini ASEAN memiliki 10 negara anggota: Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

Komunitas tanpa batas negara

Meskipun beragam usaha telah dilakukan untuk integrasi lebih erat, penduduk negara-negara ASEAN masih tidak memiliki kemudahan untuk traveling tanpa batas negara (borderless travel) layaknya penduduk Uni Eropa. Meskipun penduduk negara anggota ASEAN tidak membutuhkan visa untuk mengunjungi negara lainnya, masih ada beberapa batasan.

Berikut grafis yang memperlihatkan negara apa saja yang dapat dikunjungi oleh paspor sebuah negara ASEAN, bebas visa:

Indonesia

Filipina