Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Kuliner

Beranda / Kuliner / Cemilan Dari Teripang Banyak Mengandung Khasiat
Cemilan Dari Teripang Banyak Mengandung Khasiat
0 Komentar | Dibaca 196 kali

Di Indonesia, makanan ringan dari daging teripang banyak dinikmati dalam bentuk keripik. Siapa yang menyangka, makanan olahan dari hewan laut ini ternyata mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Teripang adalah hewan laut tidak bertulang belakang dan bertubuh panjang yang umumnya ditemukan di dasar laut, paling banyak di Asia Pasifik. Teripang disebut juga dengan gamat atau menjadi makanan olahan yang bernama bêche-de-mer yang banyak dikonsumsi di Tiongkok dan Jepang.

Selain dikembangbiakkan untuk dijual sebagai bahan dasar konsumsi manusia, teripang telah lama menjadi bahan obat-obatan tradisional di Asia. Manfaat untuk kesehatan ini ternyata didukung oleh beberapa penelitian medis yang menyatakan bahwa teripang memang efektif untuk menangani kelompok penyakit artritis dan kanker.

Cemilan Dari Teripang Banyak Mengandung Khasiat

Selama ini teripang digunakan untuk penanganan penyakit hipertensi, rematik, melembapkan usus. Secara modern, tubuh teripang diolah dan dikemas menjadi tablet di Asia dan Amerika sebagai nutrisi untuk membantu menangani gangguan psikologis. Di Malaysia, esktrak kulit teripang digunakan untuk menangani asma, luka, dan hipertensi. Bahkan hewan ini juga dikenal dapat meningkatkan performa seksual.

Setelah diteliti, teripang ternyata mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B1/thiamine, B2/riboflavin, vitamin B3/niacin. Selain itu, masih ada berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium. Kandungan ini memungkinkan teripang sebagai sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • Menunjang berbagai reaksi biologis
    Pada dinding tubuh teripang terdapat berbagai protein yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin. Kadar dan tingginya kualitas protein teripang ini berhubungan dengan kadar serum trigliserida. Jenis-jenis protein ini juga berperan penting dalam mengatur siste