Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Kian Banyak Orang Meyakini Bahwa Bumi Itu Datar, Tentukan Keyakinanmu Sendiri Lewat Bukti-Bukti Ini
Kian Banyak Orang Meyakini Bahwa Bumi Itu Datar, Tentukan Keyakinanmu Sendiri Lewat Bukti-Bukti Ini
0 Komentar | Dibaca 2415 kali

Sejak beberapa bulan terakhir, netizen Indonesia tengah diramaikan dengan wacana seputar apa yang dinamakan dengan flat earth. Teori ini mengatakan bahwa bumi ini sebenarnya berbentuk datar dan lempeng, bukan bulat seperti yang dipercayai oleh masyarakat jaman sekarang.

Sebenarnya pandangan bahwa bumi itu datar bukan barang baru. Kepercayaan itu sudah muncul sejak jaman kuno. Dan kalau dihitung-hitung, sesungguhnya kepercayaan umat manusia bahwa bumi itu datar masih jauh lebih lama daripada masa kita percaya bumi itu bulat sesuai teori heliosentris (baru sekitar 500 tahun). Akan tetapi, memang publik baru kemudian menaruh minat pada isu ini kembali sejak organisasi masyarakat Flat Earth yang pertama didirikan, The International Flat Earth Research Society (IFERS) pada 1956.

Di Indonesia sendiri, mulanya banyak yang menertawakan dan meremehkan kepercayaan ini, tak ubahnya seperti menanggapi pernyataan-pernyataan konyol terkait ramalan hari kiamat yang seakan tiap tahun pasti ada. Namun, karena pandangan yang satu ini menawarkan argumen-argumen yang tak bisa dipandang sebelah mata, berbondong-bondong mulai banyak pihak yang beranjak mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan kebenarannya. Kamu sendiri bagaimana? Cek dulu yuk asumsi-asumsi ini:

Salah satu pemicu di Indonesia adalah rilisnya sebuah video Flat Earth yang menjelaskan secara cukup rinci perihal bentuk Bumi yang sebenarnya adalah datar