Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Masalah kulit yang sering ditemukan di usia dewasa
Masalah kulit yang sering ditemukan di usia dewasa
0 Komentar | Dibaca 897 kali

Kawan-kawanku, dan banyak kenalan yang bermasalah dengan kulitnya. Entah itu komedo, jerawat dan bintik-bintik hitam bekas jerawat. Padahal usianya sudah lewat dari masa pubertas, namun tetap saja bermasalah dengan jerawat dan komedo. Bukan sebuah kebetulan bila rata-rata mereka mempunyai tipe kulit berminyak. Bahkan sangat berminyak. Tidak heran bila seorang pakar kulit mengatakan, bahwa kebutuhan perawatan kulit di berbagai usia berkembang dari merawat kecantikan kulit, menjadi cara mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit yang terlalu berminyak, komedo, bekas jerawat dan flek bekas jerawat.

Kondisi di atas diperparah lagi dengan jenis makanan yang sering dikonsumsi. Mereka suka sekali makanan yang bergula, minuman bersoda, serta makanan yang berminyak. Pola hidupnya jauh daripada sehat. Diperparah lagi dengan cara menjaga kulitnya yang tidak telaten, sehingga mengundang bakteri jerawat untuk ikut nimbrung. Misalnya kebiasaan menempelkan handphone di pipi yang dijepit dengan helm. Mungkin mereka tidak menyadari bahwa tangan tidak selalu steril, sehingga jari-jemari yang dipakai untuk menyentuh touchscreen menjadi sarang jutaan bakteri. Jadi saat handphone tersebut ditempelkan ke muka dengan tekanan yang rapat, maka akan memblok kelenjar minyak, dan bakteri jerawat pun masuk melalui celah kelenjar tersebut.

Apalagi bakteri sangat menyukai medium yang hangat dan lembab. Maka beranak-pinaklah jutaan bakteri. Jadi tidak heran bila muka kawan-kawan pada benjol karena jerawat dan komedo. Belum lagi permukaan kulit menjadi bolong-bolong karena tangan sering iseng memencet isi jerawat supaya lekas keluar. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi psikis.  Dan bila tidak ditangani secara serius maka biaya pemulihannya akan menjadi problem tersendiri. Karena sangat mahal, dan lama penanganannya. Mereka memang kurang paham cara merawat kulit, dan bagaimana berperilaku benar dalam memilih gaya hidup dan jenis makanan.

Nah, di artikel pertama ini akan kita bahas pencegahan jerawat dan komedo sederhana, baik dengan cara memilih makanan sehat yang dianjurkan, maupun melalui rawatan harian minimal sehari-hari. Kita buat yang simple saja, karena kawan-kawan laki sangat wajar malas melakukan rawatan kulit. cara salah menghilangkan jerawat Baca selanjutnya di : Menghilangkan Jerawat

  1. Jangan tidur larut malam. Kebiasaan tidur larut malam akan memberikan sedikit waktu kepada kulit untuk beristirahat, dan mengalokasikan ruang untuk kulit melakukan peremajaan. Karena pada saat tidur pori-pori kita ikut releks dan terbuka lebih lebar, Bila waktu tidur berkurang, maka proses peremajaan kulit menjadi terganggu, sehingga akan semakin banyak kulit mati yang tidak diganti. Waktu menjelang tidur adalah yang paling tepat untuk membersihkan kulit, menyingkirkan debu dan kotoran yang menempel bersama keringat di siang hari. Maka ketika kita tidur terlalu larut, dan semakin malas untuk melakukan eksfoliasi ringan, maka kotoran dan debu akan menumpuk. Dapat dipastikan hari demi hari kulit akan menjadi kusam. Yang menjadi pertanda bahwa kulit mati tidak mengalami peremajaan.
  2. Banyak minum air putih, dan hindari minuman bersoda. Habis makan enak, akan lebih enak memang bila minumannya bersoda. Tapi mulai sekarang hentikan lah kebiasaan buruk ini. Minumlah air putih yang banyak antara 5 hingga 8 gelas per hari.
  3. Memakai sunblok. Sunblok? eh, barang apaan ini ? Laki dipastikan jarang yang kenal dengan sunblok, atau tabir surya. Padahal ketika motor-motoran di siang hari, dan dalam kondisi ada luka bekas jerawat, maka luka tersebut jangan dibiarkan tanpa terlindungi oleh sunblok. Ketika luka tersebut terkena paparan sinar matahari secara intens, maka noda hitam akan terbentuk. Tapi pilihlah jenis tabir surya non comedogenic dari jenis krim. Baca sunblok fisik.
  4. Jangan biasakan menempelkan benda ke kulit muka, yang kita tidak tahu kebersihannya. Misal jari tangan, handphone, dan lain-lain. Karena potensi terinfeksi bakteri sangat lah besar dari benda-benda kotor yang menempel ke kulit kita. Sediakan selalu tissue dan disinfektan sebelum benda tersebut menempel ke kulit kita.
  5. Banyak makan buah, dan sayuran. Pilihlah makanan yang mengandung anti-oksidan. Karena itu sangat baik bagi kulit kalian. Baca saja nih yang lengkapnya. makanan terbaik saat berjerawat.
  6. Lakukan pembersihan kulit menjelang tidur. Produk yang dipakai diantaranya adalah sabun, susu pembersih, toner, dan krim malam. Eh sebentar. Laki mana mau pake susu pembersih, toner, dan krim malam. Tapi minimal sabun dan peeling scrub deh, supaya kotoran yang menempel ke kulit dapat disingkirkan. Sebetulnya sih semua jenis tadi sangat penting. Karena sabun saja tidak akan cukup efektif membersihkan kulit. Demikian juga toner, karena fungsinya untuk supaya pori-pori lebih rapat, dan membersihkan sisa susu pembersih yang tidak akan efektif dihapus oleh sabun. Sedangkan krim malam fungsinya untuk merangsang peremajaan.
  7. Bila sudah berjerawat, segera mendatangi dokter ahli kulit, jangan dibiarkan.
  8. Sesekali boleh lah mengukus wajah dengan air panas. Caranya tutup kepala hingga menjaga agar uap dari air panas dari baskom bisa sempurna mengukus wajah. Gunanya untuk melembutkan isi jerawat dan komedo. Lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel menghilangkan komedo.
  9. Rutin berolahraga. Karena keringat akan mendorong kotoran di celah pori ke luar, serta membuka pori-pori. Tapi pastikan menyeka keringat dengan handuk halus yang bersih.
  10. Satu bulan sekali lakukan lah fesyel di salon. Duh, cowok mah pasti gengsi fesyel. Solusinya, lakukan lah fesyel sendiri di rumah secara sembunyi-sembunyi.. hahaha. Da kumaha atuh, pasti laki mah gengsi melakukan eksfoliasi rutin tiap 2 mingguan di salon. Jadi minimal, lakukan lah aktivitas fesyel di rumah.
  11. Terlalu banyak checklist malah bikin malas. Jadi ya sudah lah segitu saja. Mudah-mudahan 10 point tadi cukup efektif mencegah komedo dan jerawat.

Baca juga artikel terbaru, masalah kulit di usia 30 tahun.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

LAELA SULISWATI

Belajar dan Mengajar untuk Generasiku
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0