Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Obat Kolesterol Alami Dari Buah Buahan
Obat Kolesterol Alami Dari Buah Buahan
0 Komentar | Dibaca 512 kali

Kolesterol merupakan musuh utama jantung yang sangat harus diwaspadai kadarnya di dalam tubuh manusia karena dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan tentang obat kolesterol alami yang berasal dari buah buahan yang dapat dengan mudah kita konsumsi setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kita tetap normal.

Selama ini banyak orang yang mengira bahwa kolesterol itu adalah suatu hal yang buruk untuk tubuh. Sebetulnya hal itu tidak betul dan tidak terlalu salah pula. Karena, kolesterol itu adalah sebuah zat yang diperlukan oleh tubuh. Yang berbahayanya itu, ketika kadar kolesterol dalam tubuh itu terlalu tinggi.

Berikut beberapa jenis buah buahan yang dapat kita konsumsi untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal:

  1. Alpukat

Buah alpukat ini mempunyai kandungan kolesterol tinggi, sehingga seringkali membuat orang-orang jadi segan untuk memakan buah ini, karena mereka takut kalau memakan buah alpukat ini sebagai obat kolesterol alami. Namun ketahuilah, bahwa kolesterol yang terkandung di dalam buah alpukat ini adalah kolesterol baik / HDL (High Density Lipo-protein) yang berperan untuk membantu meluruhkan kolesterol jahat / LDL (Low Density Lipo-protein) dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke dalam hati untuk dihancurkan.

Jadi, Anda tidak perlu takut lagi untuk memakan buah alpukat ini. Tidak hanya itu, kolesterol baik/ HDL (High Density Lipo-protein) juga mampu membantu menurunkan kadar trigliserida di dalam darah. Sedangkan kolesterol jahat / LDL (Low Density Lipo-protein) & trigliserida biasanya ia membangun plak di dinding pembuluh darah yang tentunya kelama lamaan akan menyumbat pembuluh darah itu. Oleh karena itu alpukat dapat Anda gunakan sebagai obat kolesterol alami untuk menjaga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tetap rendah.

  1. Semangka

Buah semangka memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan karena kandungan air tinggi di dalam buahnya. Anda juga perlu mengetahui bahwa buah semangka ini mengandung khasiat yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Jadi, yang mesti Anda ketahui bahwa munculnya penyakit jantung itu diakibatkan dari menumpuknya kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Karena, kebanyakan orang tidak memperhatikan pola makan sehari harinya dan pada saat Anda mengalami obesitas (kelebihan berat badan), maka penyakit kolesterol tinggi & penyakit jantung bisa menyerang Anda.

Obat kolesterol alami dari buah semangka ini memiliki kandungan dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia, salah satunya buah ini berkhasiat untuk melorotkan dan menyetopkan kolesterol berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh.  Sebagaimana yang telah di tunjukkan dari hasil sebuah penelitian bahwa semangka ini merupakan salah satu jenis buah yang memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan jantung manusia.

  1. Kulit Manggis

Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis yang merupakan ratunya buah? Obat kolesterol alami dari buah manggis ini mempunyai daging buah yang beraroma lembut dengan rasa yang manis, dan mempunyai kulit luar / kulit buah yang keset tetapi gampang dibuka / dibelah dengan gampang.

Tapi, selain rasa buahnya yang enak, ada salah satu bagian dari buah ini yang mempunyai kandungan super untuk kesehatan tubuh manusia, yaitu bagian dalam kulit manggisnya. Pada kulit buah manggis ini mengandung khasiat sebagai anti kanker, melancarkan peredaran darah, mencegah proses penuaan dan juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan zat xanthones yang terdapat di dalam kulit buah manggis yaitu kandungan alfa-mangostin yang mampu menaikkan aktifitas enzim lipoprotein lipase untuk membelah senyawa kimia melalui penambahan air (menghidrolisis) kolesterol jahat / LDL menjadi asam lemak dan gliserol.

  1. Apel

Buah apel merupakan buah favorit yang dapat dikonsumsi secara langsung atau dijadikan salad dan campuran dalam masakan dengan cita rasa asam manis yang menyegarkan. Namun dibalik rasanya yang menyegarkan itu ternyata obat kolesterol alami dari buah apel sangat baik untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh kita tetap dalam batas wajar.

Maka dari itu untuk Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, maka Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi dua buah apel dalam satu hari, atau bagi Anda yang tidak bisa melakukan hal itu, jalan keluar lainnya Anda bisa membuat jus dengan bahan dasar buah apel. Karena, obat kolesterol yang alami dari jus apel ini mempunyai khasiat yang bagus serta efektif untuk menyurutkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan cepat dan alami.

Sebab, serat apel yang terkandung dalam jus itulah yang dapat membuang kolesterol jahat dengan cara mengikat kolesterol jahat kemudian dikeluarkannya dari dalam tubuh. Tidak hanya itu, namun dengan mengkonsumsi jus apel juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung, karena pada saat kadar kolesterol jahat (LDL) Anda menurun.

Itulah beberapa buah buahan yang mampu menjadi obat kolesterol alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh secara alami. Tapi, selain dengan Anda mengkonsumsi salah satu buah di atas, Anda juga disarankan untuk selalu mengecek kadar kolesterol Anda kepada dokter dan selalu menjaga pola makan dalam keseharian Anda.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Berkomet

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  9

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0