Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Cara mengatasi flek hitam, jerawat, hiperpigmentasi, komedo
Cara mengatasi flek hitam, jerawat, hiperpigmentasi, komedo
0 Komentar | Dibaca 756 kali

Permasalahan kulit yang paling umum ditemukan pada wanita adalah kulit yang sangat berminyak atau kering, hiperpigmentasi atau flek hitam, melasma, kulit yang hilang cahayanya, disinggahi banyak komedo dan jerawat, serta kombinasi dari problem-problem tersebut.
Belum lagi bila melibatkan kulit yang sangat sensitif, sehingga menyulitkan proses penyembuhan.
Dalam kondisi demikian, mana yang harus terlebih dahulu diobati ?

Karena tidak mungkin anda mengobati kondisi kulit muka yang ditumbuhi jerawat, bila kulit anda terlalu sensitif. Maksud sensitif di sini adalah kulit anda tidak bisa menerima apapun benda atau bahan yang dipakai ke wajah, sekalipun itu hanya berupa sabun.

Biasanya dalam menghadapi situasi rumit seperti ini, saya memilih untuk memperkuat kondisi dan pertahanan kulit. Tujuannya adalah supaya kulit bisa lebih toleran terhadap bahan-bahan pengobatan yang akan diberikan pada tahap berikutnya.

Kuncinya adalah antioksidan, dan vitamin C.
Anjuran untuk mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi serta memakai serum yang mengandung antioksidan akan bermanfaat untuk pembentukan sistem imunitas kulit, serta memberikan perlindungan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Setelah rutin memakai produk antioksidan (atau buah-buahan alami yang berfungsi sebagai antioksidan), serta minum vitamin C selama 2-4 minggu, maka kemudian akan diberikan produk-produk untuk mengatasi problem utana dari kulitnya.

Apa saja buah-buahan yang kaya dengan antioksidan ?

  1. Buah jenis berry. Misalnya blueberry, blackberry, serta strawberry. 3 buah berry tersebut mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Anda dapat mengkonsumsi langsung, atau dalam bentuk minuman jus yang enak.
  2. Selanjutnya adalah anggur (dan yang dikeringkan, yaitu kismis). Bahkan buah ini sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker serta jantung.
  3. Terakhir adalah buah kiwi. Selain vitamin A, kiwi juga mengandung vitamin E yang merupakan 2 zat antioksidan.

Masalah-Masalah Kulit Yang Umum Ditemukan
Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk memisahkan bagian dalam tubuh dengan dunia luar. Sehingga kulit berfungsi untuk melindungi anda dari bakteri dan virus, serta untuk mengendalikan temperatur tubuh.

  1. Problem Jerawat. Masalah jerawat adalah yang paling umum ditemukan di usia pubertas. Penyebabnya adalah produksi kelenjar minyak kulit, yang disaat bersamaan ter-blok oleh kotoran di pori-pori yang terhubung ke kelenjar minyak. Di pori-pori kulit terdapat saluran yang disebut sebagai folikel. Ketika folikel ini tersumbat di banyak tempat, dan melibatkan bakteri propionibacterium acnes (dari kelompok bakteri corynebacteria), maka terbentuklah jerawat. Sekitar 80 persen dari kita pasti pernah dikunjungi oleh jerawat. Obat penghilang jerawat yang benar tidak cuma mampu membunuh dan mengusir propionibacterium acnes, namun juga bisa membuka sumbatan di pori-pori. Inilah yang benar. Bahan pengelupas tertentu juga bisa bermanfaat untuk mempercepat resapan obat untuk mencapai lokasi bakteri tersebut berada. Untuk kasus jerawat batu, dan cystic lainnya, maka anda membutuhkan penanganan serius sesegera mungkin. Jangan menunggu sampai jerawat meradang di banyak titik. Karena hal tersebut malah akan merangsang tangan kita untuk memegang dan memencetnya saat gemas.
  2. Rosacea. Kondisi kulit yang mudah memerah, baik saat memakai riasan atau sebentar saja terkena sinar matahari. Dalam kondisi kronis, Rosacea ini akan membuat mata meradang, dan hidung bengkak. Segeralah mengunjungi dokter untuk ditangani secara ekstensif. Walaupun tidak ada obatnya, namun anda sangat membutuhkan antioksidan.
  3. Hiperpigmentasi Kulit. Sebagai contoh adalah flek hitam serta noda akibat inflamasi yang terpapar sinar matahari. Hiperpigmentasi kulit adalah sebuah kondisi di saat terdapat daerah yang  lebih gelap dibandingkan kulit di sekelilingnya. Flek hitam sebagai bagian dari hiperpigmentasi, pada umumnya terjadi di bagian wajah, terutama di bagian pipi wanita. Walaupun kasus flek hitam juga terjadi pada laki-laki. Obat penghilang hiperpigmentasi oles banyak sekali jenisnya, obat yang paling ringan adalah lightening gel. Selain itu penanganan flek bisa dilakukan dengan tindakan berupa dermabrasi, mikrodermabrasi, laser fraxel, dan lain-lain. Cara yang sama juga berlaku untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Disarankan agar kulit yang mudah terpapar matahari untuk lebih rutin memakai tabir surya.
  4. Komedo. Ini adalah masalah kulit yang paling ringan, namun tetap menyebalkan. Untuk menghilangkan komedo sebenarnya bisa dilakukan dengan perawatan rutin harian selama beberapa saat (tergantung kekerasan komedo anda). Bila sangat keras, maka tidak bisa ditangani dengan ekstraksi komedo saat facial, namun butuh kesabaran dalam memakai produk pelembut komedo. Bisa 1 minggu, bahkan hingga 1-2 bulan lamanya setelah anda melakukan perawatan harian rutin hingga komedo tersebut menjadi lentur. Menghilangkan komedo dengan cara perawatan harian akan lebih efektif bila dilakukan sesuai dengan prosedur medis. Bisa dibaca di link berikut.
  5. Impetigo. Diakibatkan oleh bakteri yang menginfeksi kulit. Bakteri tersebut termasuk jenis staphylococcal. Sebab lainnya adalah akibat peradangan. Saat usia 2 dan 6 tahun sangat rentan untuk terkena impertigo. Untuk mencegahnya, lakukan penangangan saat terjadi luka, atau gigitan serangga. Supaya bakteri tersebut tidak ikut terlibat di dalam luka tersebut. Kulit akan memerah, dan luka dapat berisi nanah. Yang bila dibiarkan maka dalam beberapa hari akan terbentuk kulit yang menebal seperti kerak. Untuk mengatasinya, dokter biasanya memberikan antibiotik untuk membunuh sumber penyebabnya terlebih dahulu.

Penting sekali untuk menangani masalah kulit di atas dengan segera; yaitu tidak membiarkan kondisi menjadi lebih parah. Terkadang saran-saran dari teman menggunakan bahan ini-itu, atau menggunakan produk tertentu, bukannya mengatasi problem yang ada, malah memperparah sehingga membuat kondisi lebih rumit.

Saran terbaik adalah dengan menemui dokter kulit segera, atau berobat ke klinik skincare terdekat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Ruang Inet

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0