Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar
Cara Merawat Komputer yang Baik dan Benar
0 Komentar | Dibaca 715 kali

Komputer saat ini menjadi salah satu perangkat pokok dan dibutuhkan. Meskipun sebagian aktivitas sekarang sudah bisa dijalankan via mobile, komputer tetap tidak bisa ditinggalkan untuk kebutuhan tertentu. Misal membuat laporan dengan aplikasi Office atau video editing, tentu masih nyaman menggunakan komputer bukan?

Performa komputer sendiri dipengaruhi oleh beberapa aspek, salah satunya adalah faktor kebersihan. Dengan keadaan yang selalu bersih, performa dan kinerja komputer tentu akan lebih terjaga karena suhu di dalam system unit jadi lebih teratur. Selain membersihkan komputer, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawat komputer. Apa saja?

 

1. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Semakin banyak komputer dalam menjalankan aplikasi, semakin berat juga beban yang harus ditanggung sebuah komputer. Oleh sebab itu, tutup aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan atau dibutuhkan. Ini akan membuat kinerja komputer lebih ringan.

 

2. Instal Antivirus

Sebenarnya tanpa instal antivirus sekalipun, Windows sudah memberikan perlindungan bawaan yang bernama Windows Defender. Namun, banyak kasus yang menyatakan bahwa Windows Defender kurang powerfull untuk keadaan tertentu, misal patch / crack berbahaya. Untuk itulah diperlukan antivirus pihak ketiga sebagai perlindungan tambahan. Anda bisa menggunakan Smadav atau antivirus lainnya sesuai selera, misal Avast atau Avira.

 

3. Gunakan UPS dan Stavolt

Kedua perangkat tambahan ini bisa saya katakan hukumnya wajib. Ya, paling tidak gunakan stavolt jika tidak ingin keluar biaya terlalu banyak untuk membeli UPS. Stavolt (Stabilizer Voltage) berfungsi untuk menyetabilkan arus listrik yang digunakan komputer. Hal ini penting mengingat tegangan listrik yang tidak selalu stabil, kadang rendah kadang tinggi. Kalau UPS gunanya untuk daya cadangan jika tiba-tiba listrik padam, jadi komputer tidak langsung ikut mati. Anda masih punya waktu untuk menyimpan pekerjaan terakhir Anda dan melakukan shutdown komputer.

 

4. Perhatikan Suhu Ruangan

Jika memungkinkan, letakkan komputer di ruangan yang punya ventilasi bagus. Jangan letakkan komputer di ruangan yang cenderung panas karena akan membuat komponen juga ikut panas dan menyebabkan overheat. Perhatikan juga ventilasi udara untuk menjaga suhu ruangan agar stabil.

 

5. Matikan Komputer dengan Benar

Jangan pernah sekali-sekali mematikan komputer menggunakan tombol power yang ada di system unit. Selalu gunkanan fitur ‘shutdown’ untuk mematikan komputer. Mematikan komputer menggunakan tombol ‘shutdown’, sebelum komputer mati, system akan menutup semua aplikasi yang masih berjalan baru kemudian mematikan semua komponen seperti hard disk dan processor. Jika Anda mematikan komputer menggunakan tombol power, komputer akan mati seketika. Hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan rusaknya komponen, terutama hard disk (bad sector).

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Asi Ibu

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0