Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Melestarikan Budaya Indonesia dengan Meminum Jamu
Melestarikan Budaya Indonesia dengan Meminum Jamu
0 Komentar | Dibaca 262 kali

Jangan ketika budaya indonesia diklaim oleh negara tetangga atau negara lain, barulah ramai-ramai berita membahas dan orang-orang indonesia mengecam. Untuk menjaga hal itu tidak lagi terjadi, maka salah satu caranya yaitu dengan melestarikan budaya yang dimiliki, salah satunya yaitu meminum jamu. Dan jamu yang familiar di indonesia diantaranya yaitu Jamu Beras Kencur

Khasiat  kencur untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Beras kencur adalah jamu yang bisa digunakan sebagai obat alami bagi tubuh. Banyak orang yang menyukai beras kencur karena rasanya yang khas, tidak hanya itu saja beras kencur sebagai jamu alami. Beras kencur banyak dijual oleh agen jamu atau penjual jamu keliling, dengan takaran yang pas dan dengan bahan-bahan alami, beras kencur mampu dijadikan sebagai obat.

Banyak manfaat jamu beras kencur yang tidak diketahui oleh banyak orang, berikut ini berbagai macam manfaat dari meminum jamu beras kencur :

1. Peningkat Nafsu Makan

Kandungan kencur di dalam jamu beras kencur bisa bermanfaat dalam meningkatkan nafsu makan. Jamu ini cocok diminumkan pada anak-anak yang mengalami masalah pada nafsu makannya. Kandungan minyak atsiri pada manfaat kencur bisa penambah nafsu makan pada anak-anak.

2. Menebalkan Dinding Lambung

Manfaat beras kencur yang dikonsumsi setiap hari bisa digunakan sebagai penebal dinding lambung. Hal ini cocok sekali jika diminum oleh penderita maag yang mengalami pengkikisan dinding lambung. Obat maag yang diminum setiap hari justru membuat dinding lambung semakin tipis.

3. Penghilang Capek Dan Pegal-Pegal

Meminum jamu beras kencur setiap hari bisa digunakan sebagai penghilang rasa capek dan pegal-pegal di tubuh. Orang yang kerja berat bisa meminum jamu beras kencur secara teratur untuk menghilangkan capek dan pegal-pegal di tubuhnya. Khasiat seperti ini juga didapat dari hati ayam, gingseng, dab daun belimbing

4. Meningkatkan Vitalitas

Bagi pria, minum jamu beras kencur setiap hari bisa digunakan sebagai peningkat vitalitas dan stamina pria. Sehingga pria tidak akan loyo atau lesu saat berada di atas ranjang.

5. Mengobati Masuk Angin

Rasa hangat dari kencur yang dicampurkan dalam beras dipercaya bisa mengobati masuk angin. Orang yang masuk angin disarankan untuk minum jamu ini. Hal itu dikarenakan rasa hangat pada kandungan beras kencur itu bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual pada penderita masuk angin.

6. Penghilang Nyeri

Manfat beras kencur juga dipercaya sebagai penghilang nyeri pada tubuh. Hal ini juga didapat dari daun suji, kulit pisang, dan daun salam

7. Pengobatan Batuk

Batuk juga bisa diatasi menggunakan manfaat beras kencur, hal itu dikarenakan kandungan kencur dalam jamu beras kencur tersebut bisa digunakan sebagai pereda batuk. Rasa hangatnya bisa menetralisir batuk dan rasa gatal saat batuk Sehingga saat penderita batuk mengkonsumsi beras kencur, tenggorokan akan terasa hangat dan lega.

8. Menyegarkan Badan

Rasa segar dan hangat yang dihasilkan dari jamu beras kencur tersebut dipercaya bisa menyegarkan badan yang lelah. Rasa segar pada jamu beras kencur sama seperti manfaat wedang jahe yang memiliki rasa segar dan menghangatkan tubuh. Jangan ragu untuk mengkonsumsi jamu ini saat badan terasa pegal dan lesu. Setelah mengkonsumsi jamu ini badan bisa terasa segar dan bugar kembali.

9. Sebagai Analgesik

Jika anda mengkonsumsi beras kencur, maka efek yang dihasilkan seperti zat analgesik. Zat analgesik itu bisa meredakan nyeri dan berbagai macam penyakit lainnya. Kandungan seperti analgesik lainnya juga terdapat pada brotowali, cengkeh, dan rebung

10. Melangsingkan Tubuh

Meminum jamu beras kencur bisa digunakan untuk melangsingkan tubuh secara alami. Berbagai macam kandungan zat yang ada didalamnya membuat beras kencur bisa membuat tubuh ramping dan cantik.

11. Mengobati Perut Mulas

Beras kencur juga bisa digunakan sebagai obat untuk rasa mulas. Kencur adalah tanaman sejenis manfaat jahe yang bisa membuat kulit dan tubuh menjadi segar. Selain itu kandungan minyak atsiri pada kencur bisa digunakan sebagai obat mengatasi perut mulas. Rasa hangat dan rasa pedas yang ada di dalam jamu ini dpercaya bisa mengobati perut yang sedang mulas.

12. Obat Sariawan

Minum beras kencur juga bisa digunakan sebagai obat sariawan. Anda hanya tinggal meneteskan sedikit cairan jamu beras kencur di permukaan bibir yang terkena sariwan. rasa pedasnya sama dengan cabai,sehingga sariawan pun bisa diatasi menggunakan beras kencur.

13. Obat Sakit Kepala

Manfaat beras kencur juga bisa digunakan sebagai obat sakit kepala terutama orang yang sering mengalami migrain. Meskipun­ saat ini banyak sekali obat generik yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, Beras kencur menjadi salah satu alternatif yang aman dan tanpa efek samping untuk mengobati migrain dan sakit kepala. Obat generik yang ada di pasar mengandung banyak obat kimia yang berbahaya.

Jika dikonsumsi secara terus menerus bisa berpengaruh terhadap organ yang lainnya. Lagipula ketergantungan terhadap obat luar harus diminimalisir dan dihindari. Jangan sedikit-sedikit minum obat.

14. Mencegah Timbulnya Jerawat

Beras kencur juga bisa digunakan sebagai pencegah timbulnya jerawat. Manfaat beras kencur bisa mencegah hormon timbulnya jerawat dari dalam tubuh sehingga jerawat yang tadinya ingin muncul menjadi tidak muncul. Cocok sekali dikonsumsi untuk wanita yang akan mengalami datang bulan. Wanita yang akan datang bulan biasanya timbul jerawat di kedua pipinya atau di kedua wajahnya.

15. Meredakan Sakit Maag

Manfaat beras kencur juga dipercaya bisa meredakan sakit maag yang kambuh. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi beras kencur bisa menurunkan kadar asam lambung di dalam lambung. Asam lambung yang normal bisa membuat penyakit maag bisa normal kembali dan bisa sembuh.

16. Menurunkan Kolesterol

Kandungan dalam kencur bisa bermanfaat dalam meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu yang dialirkan bisa berperan penting dalam kelancaran penyerapan makanan yang ada di dalam tubuh. Jika makanan bisa terserap secara sempurna, kolesterol pun bisa menurun kadarnya.

17. Menangkal Radikal Bebas

Beras kencur yang dikonsumsi juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas bisa ditangkal, maka tubuh pun akan menjadi sehat dan bugar kembali. Radikal bebas adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh, misalnya saja kanker kulit dan berbagai macam penyakit berbahaya yang lainnya.

Kandungan yang ada di dalam beras kencur alami dan tanpa efek samping. Obat alami yang tanpa efek samping sangat aman jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan tidak akan menimbulkan efek apa-apa.

Sumber

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

armanfajar

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0