Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Mengenal Kanker Serviks Secara Umum
Mengenal Kanker Serviks Secara Umum
0 Komentar | Dibaca 323 kali

Mengenal Kanker Serviks Secara Umum. Serviks adalah bagian bawah rahim, tempat janin berkembang selama kehamilan. Kanker serviks disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut human papillomavirus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak seksual. Tubuh perempuan kebanyakan mampu melawan infeksi HPV. Tapi kadang-kadang virus menyebabkan kanker. Anda berisiko lebih tinggi jika Anda merokok, memiliki banyak anak, menggunakan pil KB untuk waktu yang lama, atau memiliki infeksi HIV.

Definisi Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim

Kanker yang terbentuk di jaringan dari leher rahim (organ yang menghubungkan rahim dan vagina). Biasanya kanker serviks berkembang lambat bahkan mungkin tidak memiliki gejala tetapi dapat ditemukan dengan tes Pap smear (prosedur dimana sel-sel yang dikorek dari leher rahim dan melihat di bawah mikroskop). Kanker serviks hampir selalu disebabkan oleh virus (HPV).

Kanker serviks mungkin tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, tapi kemudian, Anda mungkin mengalami nyeri panggul atau perdarahan dari vagina. Biasanya diperlukan waktu beberapa tahun untuk sel-sel normal di serviks berubah menjadi sel kanker. Dokter dapat menemukan sel-sel abnormal dengan melakukan tes pap smear. Dengan mendapatkan Pap Smear secara teratur dan pemeriksaan serviks Anda dapat menemukan dan mengobati sel berubah sebelum mereka berubah menjadi kanker.

Penyebab & Faktor Risiko

Apa yang menjadi penyebab kanker serviks?

Faktor risiko utama untuk penyebab kanker serviks terkait dengan praktek-praktek seksual. Infeksi menular seksual (IMS) dapat membuat sel-sel Anda lebih mungkin untuk mengalami perubahan yang dapat menyebabkan kanker. IMS termasuk HPV, herpes, gonore dan klamidia. HPV adalah virus yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Sepertinya akan sangat berhubungan erat dengan perubahan ini.

Faktor Risiko untuk Kanker Serviks

  1. Melakukan hubungan seks dini (sebelum usia 18)
  2. Mempunyai banyak pasangan seksual/berganti-ganti pasangan
  3. Terinfeksi dengan infeksi menular seksual (IMS) atau yang telah memiliki pasangan seks yang memiliki IMS
  4. Merokok

Diagnosis dan Tes Pap Smear

Apa yang Dimaksud dengan Tes Pap Smear?

Pap smear adalah sebuah tes yang dilakukan untuk memeriksa tanda-tanda kanker pada leher rahim atau serviks.

Sel-sel dari leher rahim Anda diperiksa untuk tanda-tanda bahwa mereka berubah dari sel normal menjadi sel abnormal. Sebelum mereka berubah menjadi kanker, sel-sel berkembang melalui serangkaian perubahan. Hasil Pap smear dapat menunjukkan apakah sel-sel Anda akan mengalami perubahan ini jauh sebelum Anda benar-benar memiliki kanker. Jika tertangkap dan diobati dini, kanker serviks tidak mengancam nyawa. Hal ini yang menjadi alasan mengapa sangat penting agar Anda melakukan tes Pap smear secara teratur.

Apa yang terjadi selama Pap smear?

Selama Pap smear, dokter akan menempatkan instrumen khusus yang disebut spekulum ke dalam vagina Anda. Ini membantu membuka vagina sehingga dokter dapat melihat leher rahim Anda dan mengambil sampel. Dokter Anda dengan lembut akan membersihkan serviks dengan kapas dan kemudian mengumpulkan sampel sel dengan sikat kecil, spatula kecil atau kapas. Dokter Anda akan menempatkan sampel ini pada slide kaca dan mengirimkannya ke laboratorium untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Apa arti dari hasil tes pap smear?

Pap smear yang normal berarti semua sel dalam serviks adalah normal dan sehat. Pap smear yang abnormal bisa merupakan tanda dari sejumlah perubahan pada sel-sel pada leher rahim Anda, termasuk:

Peradangan (iritasi). Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi leher rahim, termasuk infeksi jamur, infeksi human papillomavirus (HPV), virus herpes, atau infeksi lainnya.

Sel abnormal. Perubahan ini disebut displasia serviks. Sel-sel yang tidak sel-sel kanker, tetapi mungkin sel prakanker (yang berarti mereka akhirnya bisa berubah menjadi kanker).

Lebih serius tanda-tanda kanker. Perubahan ini mempengaruhi lapisan atas dari leher rahim tetapi tidak melampaui leher rahim.

Jika hasil Pap smear abnormal, dokter Anda mungkin ingin melakukan Pap smear lagi atau mungkin ingin Anda untuk melakukan kolposkopi. Colposcopy memberikan dokter Anda untuk melihat lebih baik kondisi serviks dan memungkinkan dokter untuk mengambil contoh jaringan (disebut biopsi).

Seberapa sering saya harus melakukan tes Papsmear?

  • Setiap 3 tahun dimulai pada usia 21 tahun dan berlanjut sampai 65 tahun
  • Dalam waktu 3 tahun ketika Anda mulai berhubungan seks jika Anda lebih muda dari 21 tahun
  • Jika Anda adalah antara 30 dan 65 tahun dan Anda ingin melakukan Pap smear lebih jarang, konsultasikan dengan dokter tentang tes Pap smear untuk menguji setiap 5 tahun

Dokter akan pertimbangkan ketika merekomendasikan seberapa sering Anda harus melakukan tes Pap smear.

Jika Anda lebih tua dari 65 tahun, konsultasilah dengan dokter Anda tentang seberapa sering Anda perlu Pap smear. Jika Anda sudah melakukan Pap smear secara teratur dan normal, Anda mungkin tidak perlu untuk melakukannya lagi.

Jika Anda telah memiliki histerektomi dengan pengangkatan leher rahim Anda, berkonsultasilah dengan dokter Anda tentang seberapa sering Anda perlu melakukan Pap smear.

Jika Anda belum pernah mengalami kanker serviks, tanyakan kepada dokter seberapa sering apakah Anda perlu Pap smear.

Apakah Tes Pap Smear Dapat Diandalkan?

Tes atau pengujian tidak ada yang sempurna, tapi Pap smear adalah tes yang handal. Ia telah membantu secara drastis menurunkan jumlah wanita yang meninggal karena kanker serviks.

Kadang-kadang tes mungkin perlu direnovasi karena tidak ada cukup sel-sel pada slide. Laboratorium akan memberitahu dokter Anda jika hal ini terjadi.

ThinPrep, PAPNET dan FocalPoint cara untuk membuat Pap smear lebih akurat. ThinPrep adalah cara untuk mempersiapkan sampel sel yang membuatnya lebih mudah untuk kelainan spot. PAPNET dan FocalPoint adalah sistem komputer yang membantu teknisi laboratorium menemukan sel abnormal. Pilihan ini mungkin tidak tersedia di semua area, dan mereka mungkin meningkatkan beban biaya pap smear.

Apa Yang Harus Saya Lakukan Sebelum Tes?

Rencanakan untuk melakukan tes Anda dilakukan pada saat Anda tidak memiliki periode menstruasi Anda. Hindari berhubungan seks 24 jam sebelum tes.

Pencegahan Kanker Serviks

Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk menghindari terkena kanker serviks? Selain mengkonsumsi makanan pencegah kanker serviks Anda mungkin dapat mengurangi risiko kanker serviks jika Anda:

  1. Menunda hubungan seksual sampai Anda 18 tahun atau lebih.
  2. Pastikan Anda dan pasangan sudah dites untuk infeksi menular seksual (IMS).
  3. Jangan berganti-ganti pasangan.
  4. Selalu gunakan kondom lateks untuk melindungi terhadap IMS. (Ingat kondom tidak 100% efektif.)
  5. Hindari merokok.

Beberapa Pertanyaan Yang Perlu Anda Tanyakan Saat Anda Konsultasi Dengan Dokter

Jika Anda aktif secara seksual

  • Seberapa sering saya perlu Pap Smear?
  • Apakah saya harus melakukan tes untuk setiap infeksi menular seksual? Seberapa sering?

Jika hasil Pap smear terakhir Anda normal

  • Kapan saya perlu melakukan Pap smear lagi?

Jika hasil Pap smear Anda abnormal

  • Apa arti dari hasil ini?
  • Apakah saya perlu Pap smear lanjutan atau kolposkopi?
  • Apakah saya perlu melakukan tes untuk infeksi menular seksual?
  • Apakah saya perlu pengobatan kanker serviks ?
  • Apakah saya berisiko terkena kanker serviks ?

Bagi Anda yang sudah terdeteksi mengidap kanker serviks jangan menunggu lama untuk melakukan pengobatan. banyak cara dapat ditempuh untuk mengatasi kanker serviks. Baik melalui cara pengobatan medis atau cara mengobati kanker serviks secara alami. Mungkin kalau masih sekala kecil dapat di coba dengan obat kanker serviks alami

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

HERMAN

Guru Honorer yang berawal dari honor komite th 2003 dan thn 2008 menjadi guru Honor Propinsi
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0