Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Mengenal Kanker Serviks Secara Umum
Mengenal Kanker Serviks Secara Umum
0 Komentar | Dibaca 116 kali

Mengenal Kanker Serviks Secara Umum. Serviks adalah bagian bawah rahim, tempat janin berkembang selama kehamilan. Kanker serviks disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut human papillomavirus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak seksual. Tubuh perempuan kebanyakan mampu melawan infeksi HPV. Tapi kadang-kadang virus menyebabkan kanker. Anda berisiko lebih tinggi jika Anda merokok, memiliki banyak anak, menggunakan pil KB untuk waktu yang lama, atau memiliki infeksi HIV.

Definisi Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim

Kanker yang terbentuk di jaringan dari leher rahim (organ yang menghubungkan rahim dan vagina). Biasanya kanker serviks berkembang lambat bahkan mungkin tidak memiliki gejala tetapi dapat ditemukan dengan tes Pap smear (prosedur dimana sel-sel yang dikorek dari leher rahim dan melihat di bawah mikroskop). Kanker serviks hampir selalu disebabkan oleh virus (HPV).

Kanker serviks mungkin tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, tapi kemudian, Anda mungkin mengalami nyeri panggul atau perdarahan dari vagina. Biasanya diperlukan waktu beberapa tahun untuk sel-sel normal di serviks berubah menjadi sel kanker. Dokter dapat menemukan sel-sel abnormal dengan melakukan tes pap smear. Dengan mendapatkan Pap Smear secara teratur dan pemeriksaan serviks Anda dapat menemukan dan mengobati sel berubah sebelum mereka berubah menjadi kanker.

Penyebab & Faktor Risiko

Apa yang menjadi penyebab kanker serviks?

Faktor risiko utama untuk penyebab kanker serviks terkait dengan praktek-praktek seksual. Infeksi menular seksual (IMS) dapat membuat sel-sel Anda lebih mungkin untuk mengalami perubahan yang dapat menyebabkan kanker. IMS termasuk HPV, herpes, gonore dan klamidia. HPV adalah virus yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Sepertinya akan sangat berhubungan erat dengan perubahan ini.

Faktor Risiko untuk Kanker Serviks

  1. Melakukan hubungan seks dini (sebelum usia 18)
  2. Mempunyai banyak pasangan seksual/berganti-ganti pasangan
  3. Terinfeksi dengan infeksi menular seksual (IMS) atau yang telah memiliki pasangan seks yang memiliki IMS
  4. Merokok

Diagnosis dan Tes Pap Smear

Apa yang Dimaksud dengan Tes Pap Smear?

Pap smear adalah sebuah tes yang dilakukan untuk memeriksa tan