Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Kuliner

Beranda / Kuliner / Mengenal Lycopene, Zat Merah Pada Tomat Matang
Mengenal Lycopene, Zat Merah Pada Tomat Matang
0 Komentar | Dibaca 221 kali

Mengenal Lycopene, Zat Merah Pada Tomat Matang ~ Seringkali ketika membaca artikel tentang manfaat buah tomat atau vitamin dalam buah tomat, kita mendengar tentang lycopene. Sebenarnya apa itu lycopene dan bagaimana efeknya pada tubuh manusia?

Sebenarnya lycopene (C40H56)  masih tergolong dalam keluarga carotenoids. Zat ini memiliki struktur yang terdiri dari rantai panjang dari ikatan rangkap terkonjugasi, dengan dua cincin ujung terbuka. Struktur lycopene merupakan yang terpanjang dari semua jenis carotenoids.

Sumber Lycopene

manfaat-buah-tomat-untuk-kesehatanLycopene adalah pigment merah dari tomat yang sudah matang. Tomat memberikan kontribusi lebih dari 85% dari asupan likopen yang diperlukan tubuh sehari-hari. Selain dalam buah tomat yang sudah masak, lycopene juga ditemukan dalam jambu biji, jeruk bali dan semangka.

Lycopene merupakan zat yang tidak berbahaya dan sangat aman untuk dikonsumsi. Namun demikian keadaan overdosis lycopene pernah dilaporkan pada wanita paruh baya yang mengkonsumsi 2 liter jus tomat setiap hari. Karena kebiasaannya ini kulitnya berubah menjadi orange (keadaan ini sering kali disebut sebagai lycopenodermia). Setelah menjalani diet selama 3 minggu dengan mengurangi asupan jus tomat yang dikonsumsi, warna kulitnya normal kembali.

Manfaat Kesehatan dari Konsumsi Lycopene

Lycopene adalah antioksidan yang sangat efisien, yang dapat menetralkan radikal. Kerusakan yang ditimbulkan akibat radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama munculnya penyakit seperti peny