Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Panduan Internet Ramah Untuk Anak
Panduan Internet Ramah Untuk Anak
0 Komentar | Dibaca 497 kali

Tidak dapat dipungkiri, generasi Z merupakan generasi yang sangat bergantung pada kehadiran teknologi. Mereka sangat cepat memahami dan memperkaya informasi melalui internet. Namun belakangan ini, banyak aplikasi yang beredar bebas di internet yang membuat banyak orangtua merasa khawatir. Pasalnya, anak-anak di bawah umur bisa saja membuka aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya melalui komputer maupun laptop di rumah.

Melindungi anak dari konten berbahaya yang dapat diakses melalui internet memang penting, terutama bagi anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Berikut beberapa cara untuk menghindari anak dari konten berbahaya di internet.

  1. Tempatkan komputer di area yang mudah diawasi orangtua.
  2. Gunakan perangkat lunak/ software yang berfungsi untuk menyaring konten, seperti Qustudi Free, Naomi Family Safe Internet, atau K9 Web Protection.
  3. Memasang Restricted Mode di Youtube
    Dengan memasang Restiricted Mode, Youtube akan menyaring konten yang tidak pantas dilihat anak-anak di bawah umur. Orangtua dapat mengetahui cara memasang Restricted Mode di Youtube dengan mengetik kata kunci ‘Youtube Restricted Mode’ pada halaman Google.
  1. Periksalah secara berkala riwayat pencarian situs yang dibuka anak. Hal ini dapat membantu orangtua mengenali situs-situs maupun topik yang disukai anak.
  2. Ketahui alamat surel (email) beserta password dan nama akun media sosial yang digunakan anak.
  3. Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai waktu mengakses internet di rumah
  4. Pasang beberapa permainan edukasi maupun situs rekomendasi yang mendidik. Di sini, peran orangtua sangat penting untuk mengarahkan anak mengakses situs-situs edukasi yang menyenangkan.

Selain tujuh tips di atas, peran orangtua dalam pengawasan sangatlah penting. Sebelum anak mengenal internet, usahakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Sumber gambar: Rumah Juara

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

AkuPaham

https://www.akupaham.com
Daftar Artikel Terkait :  2

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0