Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Tabir Surya Fisik vs Tabir Suya Kimia
Tabir Surya Fisik vs Tabir Suya Kimia
0 Komentar | Dibaca 124 kali

Melanjutkan pembahasan mengenai tabir surya di artikel sebelumnya. Jadi, ada 2 jenis perlindungan kulit terhadap paparan UV-A dan UV-B. Perlindungan fisik yang kita kenal dapat dilakukan dengan pemakaian topi, baju yang sempurna menutupi kulit, atau juga payung.

Tapi ternyata ada juga jenis tabir surya yang termasuk ke dalam golongan perlindungan fisik. Istilahnya adalah tabir surya fisik atau mineral. Bahan pembuatnya adalah dari seng oksida atau / dan titanium dioksida yang secara fisik menghalangi UV agar tidak sampai ke kulit. Ada juga tabir surya modern yang menggunakan seng micronized, yang transparan dan tidak akan membuat Anda terlihat seperti bermake-up seperti badut setiap kali dipakai.

Beberapa tabir surya yang lebih canggih menggunakan nanopartikel. Anda tidak perlu memakai kembali tabir surya fisik setelah jangka waktu tertentu, tidak seperti tabir surya kimia yang harus dipakai kembali setelah 1-2 jam. Namun kekurangan dari tabir surya fisik adalah tidak tahan air, sehingga Anda harus melapisinya dengan bedak mineral.

Di lain pihak tabir surya kimia biasanya terbuat dari bahan Helioplex, Octylcrylene, OxyBenzone, Octisalate, Homosalate, Avobenzone, dan Octinoxate. Mekanisme tabir surya kimia adalah nyerap atau menyebarkan sinar UV yang datang ke kulit Anda.

Ada kekhawatiran bahwa beberapa filter kimiawi ini dapat menghasilkan kerusakan radikal bebas (“buruk”), dan beberapa bahkan dianggap sebagai pengganggu endokrin, yang berarti mereka mengacaukan hormon Anda. Selain itu ada diantaranya yang bisa menyebabkan iritasi. Tentunya saat Anda sedang menghilangkan jerawat meradang, maka jenis ini tidak bisa dipakai.

Jadi perbedaannya adalah tabir surya kimia akan menyerap (absorb) atau menyebarkan (scatter) sinar UV. Juga harus dipakai 15 menit sebelum terkena matahari. Sedangkan tabir surya fisik atau mineral akan menghalangi (memantulkan) secara fisik, dan efek perlindungannya adalah instan tanpa perlu menunggu hingga 15 menit.

Keuntungan dari tabir surya kimia adalah memang lebih tahan terhadap keringat dan air (tidak seperti tabir surya fisik). Jadi sangat baik untuk dipakai sebelum berenang seharian, atau berada di pantai serta saat berolahraga yang berkeringat. Tapi, karena matahari bisa memecah keefektifannya (beberapa bahkan bisa menurunkan efektifitasnya sampai 90% dalam satu jam), maka Anda harus memakai ulang tabir surya lebih sering lagi. Jika Anda memakai make up dan tidak ingin melepasnya untuk memulai lagi, maka gunakan bedak mineral pintar di atas riasan Anda (misalnya bedak DermaMinerals On-the-Go SPF30).
cara menghilangkan flek hitam di wajahMemang cukup merepotkan. Tapi mencegah lebih mudah daripada menghilangkannya. Masih mending bila hanya terkena flek hitam. Walaupun menghilangkan flek hitam membutuhkan banyak biaya, tapi masih lebih ringan dibandingkan bila terkena kanker kulit gara-gara memakai tabir surya tidak sesuai aturan pakai, bukan ?

Selain dari paparan di atas, opsi untuk memilih jenis tabir surya juga perlu memperhatikan efek jangka panjang. Di mana saya sendiri lebih menyarankan untuk memakai tabir surya fisik. Coba cari tabir surya fisik dengan bahan zinc oxyde, atau dapatkan beberapa produk berikut :

  • Bagi yang mencari pelembab sekaligus sebagai tabir surya, gunakan Aspect Hydra Shield SPF 15
  • Coola Mineral Face SPF 30 Matte Finish
  • Invisible Zinc Tinted Daywear SPF 30
  • BECCA Mineral Face and Body Sunscreen
  • Untuk yang tidak menyukai tampilan zinc, cari Cosmedix Reflect SPF 30

Apakah penting selalu memakai tabir surya (fisik atau kimiawi) ?

Sangat penting. Pilih lah salah satu jenis tabir surya tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Anda, setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Tentu Anda tidak ingin mendapatkan masalah dengan hiperpigmentasi bukan ? Karena menghilangkan flek hitam itu membutuhkan biaya besar. Butuh anggaran hingga jutaan rupiah untuk melakukan terapi laser, dengan hasil yang tidak menjamin kulit kembali seperti sedia kala. Juga membutuhkan waktu yang lama, serta terapi yang membuat kulit merah dan mengelupas hebat seperti saat Anda melakukan terapi chemical peeling. Selain itu, mengobati flek hitam di wajah dapat dilakukan dengan perawatan harian. Namun ini pun membutuhkan waktu dan biaya, walau efeknya bisa luar biasa memuaskan. Tapi maksud saya, daripada Anda melakukan perbaikan, maka sebaiknya upaya pencegahan harus menjadi pilihan sebelum semuanya terjadi. Sehingga, gunakanlah tabir surya di setiap kesempatan sebelum kulit Anda terpapar matahari. Karena itu adalah pilihan yang cerdas.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

BENI SOLEHUDIN, S.Pd.I

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0