Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Bahaya Asam Lambung Yang Perlu Diwaspadai
Bahaya Asam Lambung Yang Perlu Diwaspadai
0 Komentar | Dibaca 306 kali

Asam lambung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dikeluhkan dan dialami oleh kebanyak orang tanpa terkecuali anak-anak.

asam-lambung-naik

Selain bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman yakni berupa dada terasa panas, perut sakit dan perih, serta kerongkongan yang sakit pada saat asam lambung naik ( GERD ), penyakit asam lambung juga bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Lalu apa saja bahaya penyakit asam lambung ?

Bagi anda yang selama ini menyepelekan penyakit asam lambung, maka ini beberapa komplikasi berbahaya yang sedang mengintai anda, utamanya jika terjadi pada anak-anak.

Mengingat semua orang bisa terkena penyakit asam lambung salah satunya adalah anak-anak.

Salah satu pencetus atau penyebab asam lambung terjadi pada anak-anak adalah dari kebiasaan anak-anak di pagi hari yang tidak melakukan sarapan di pagi hari, karena biasanya anak-anak akan merasa malas jika harus sarapan di pagi hari.

Berikut ini adalah beberapa bahaya asam lambung yang dibiarkan tanpa penanganan dan pengobatan yang serius, yang kami ambil dari kutipan alodokter.com, yakni :

  • Luka pada dinding esofagus atau tukak esofagus. Asam lambung bisa mengikis dinding esofagus dengan sangat parah, ini yang menyebabkan luka atau tukak terbentuk. Tukak esofagus bisa berdarah dan menyebabkan munculnya rasa sakit dan kesulitan saat menelan.
  • Penyempitan saluran esofagus. Dinding bagian bawah dari esofagus bisa rusak karena teriritasi asam lambung secara terus-menerus. Iritasi yang terjadi dalam jangka waktu lama ini bisa menyebabkan terbentuknya jaringan tukak di dalam esofagus dan mempersempit saluran yang dilewati oleh makanan.
  • Esofagus Barrett. Perubahan sel-sel pada dinding esofagus bisa terjadi setelah teriritasi asam lambung berulang kali. Kondisi ini disebut Esofagus Barrett dan bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tapi di kemudian hari, sel-sel ini bisa memicu munculnya sel kanker walau terhitung jarang.
  • Kanker esofagus. Selain akibat GERD yang berkelanjutan, terdapat beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko munculnya kanker esofagus. Risiko akan meningkat jika penderita adalah perokok, peminum alkohol, atau orang yang mengalami obesitas atau kegemukan. Gejala kanker esofagus yang paling umum adalah kesulitan dan rasa sakit saat menelan, serta penurunan berat badan.

Nah itulah beberapa bahaya asam lambung jika dibiarkan terus menerus tanpa penanganan dan pengobatan yang serius.

Untuk itu jangan pernah anggap sepele segera atasi dan obati dengan serius jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa ciri atau gejala penyakit asam lambung seperti :

  1. Merasa seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal di kerongkongan saat menelan.
  2. Laringitis (peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau).
  3. Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  4. Sakit dada.
  5. Mengi.
  6. Kesulitan dan nyeri saat menelan.
  7. Gigi menjadi rusak.
  8. Kembung dan bersendawa.
  9. Bau napas tidak sedap.
  10. Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit asam lambung ini mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda, terima kasih sudah menyimak dan salam sehat !

Daftar pustaka :

http://www.alodokter.com/penyakit-asam-lambung

http://www.asamlambung.niherbal.com/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SAMSUL ARIFIN

Saya adalah seorang lelaki desa yang ingin mengapdikan ilmu yang telah saya dapatkan dari bangku perkulihan ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0