Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Jenis dan Peran Mesin Fotokopi Sebagai Penunjang Aktivitas Kantor
Jenis dan Peran Mesin Fotokopi Sebagai Penunjang Aktivitas Kantor
0 Komentar | Dibaca 82 kali
Ibu Tri @Anonimous
09 August 2017

Mesin fotokopi adalah suatu mesin yang sangat dibutuhkan sekali untuk pekerjaan kita apalagi untuk perkerjaan perkantoran yang memerlukan beratus-ratus kali fotokopi dokumen. Selain itu juga bisnis fotokopi di indonesia juga bisa terbilang sangat menguntungkan sekali dikarena banyak nya orang yang membutuhkan mesin fotokopi dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Aktivitas penggandaan dokumen pastila sewaktu – waktu diperlukan untuk mempercepat jalannya penyampaian informasi di kantor (misal: saat rapat), di sini lah tersedia fotocopy yang dapat memainkan perannya sebagai penunjang jalannya aktivitas perkantoran tersebut.

Terlebih lagi saat ini alat fotocopy sudah tidak hanya mampu melakukan penggandaan dokumen saja, namun juga bisa melakukan proses printing yang terhubung ke Personal Computer (PC), dan bahkan mesin fotocopy sekarang sudah dibekali kemampuan untuk menggandakan dokumen yang berwarna.

Mesin fotocopy dapat dibedakan jadi tiga jenis, diantaranya mesin fotocopi ukuran kecil (portable), mesin fotocopi ukuran sedang (standar) dan mesin fotocopi ukuran besar. Ada 2 jenis mesin fotokopi yang dijual di Indonesia, yaitu; mesin fotocopy baru dan fotokopi rekondisi (bekas luar, biasanya berasal dari AS atau Eropa, yang dikemas seperti baru). Perbedaan yang paling menonjol dari perbedaan itu tentunya dalam hal harga. Harga mesin rekondisi biasanya hanya mencapai 10 % nya dari harga baru. Hal ini yang membuat bisnis fotokopi bisa bertahan lebih lama dan berkembang.

Berdasarkan jenisnya, mesin fotokopi terbagi menjadi 3 jenis. Yaitu:

Mesin Fotokopi Biasa

Mesin ini adalah yang paling banyak kita lihat diperkantoran atau rental fotokopi. Mesin ini bekerja untuk menyalin dokumen asli dan menggandakannya dengan memanfaatkan cahaya, panas, bahan kimia, dan muatan listrik statis.

Mesin Fotokopi Rissograph

Sedangkan untuk jenis mesin fotokopi rissograph, ia lebih mampu untuk membuat salinan dalam jumlah yang besar, juga mampu melakukan peng-skalaan dokumen sehingga memungkinkan untuk mengubah hasil salinan menjadi lebih besar atau lebih kecil. Selain itu mesin fotokopi rissograph memungkinkan penggunanya untuk merubah warna salinan sesuai yang diinginkan.

Mesin Fotokopi Stensil

Untuk mesin fotokopi stensil, fungsi utamanya sama yaitu untuk menggandakan dokumen asli namun dengan menggunakan sheet stensil dan koreksilak.

Salah satu tips yang bisa anda lakukan sebelum membeli sebuah mesin fotokopi adalah evaluasi terlebih