Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Kata Pengantar yang Baik serta Benar untuk Makalah serta Skripsi
Kata Pengantar yang Baik serta Benar untuk Makalah serta Skripsi
0 Komentar | Dibaca 261 kali
Barbarosa @barbarosa
26 August 2017

Dalam satu karya catat, baik ilmiah, non ilmiah ataupun popular, ada Kata pengantar adalah aspek yang perlu. Kata pengantar ini sama perlunya dengan daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, serta aspek yang lain. Karna makalah juga akan di rasa baik serta lengkap apabila dibarengi dengan ucapan kata pengantar didalamnya.

Isi Kata Pengantar yang Baik serta Benar untuk Makalah serta Skripsi

Kata Pengantar adalah halaman yang diisi ucapan-ucapan dari si penulis atas selesainya penulisan karya catat itu. Dalam kata pengantar mesti memiliki kandungan sebagian unsur, salah satunya :

  • Diisi ucapan sukur pada Tuhan Yang Maha Esa,
  • Penjelasan tentang ada pekerjaan penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan mengenai proses penulisan karya ilmiah,
  • Penjelasan ada pertolongan, tuntunan, serta arahan dari pihak-pihak yang dipandang menolong. Seperti pada seorang, sekumpulan orang, atau organisasi/instansi,
  • Ucapan terima kasih pada seorang/instansi yang menolong,
  • Penyebutan nama kota, tanggal, bulan, th., serta nama lengkap penulis, tanpa ada dibubuhi tanda tangan,
  • Keinginan penulis atas karangan itu, dan
  • Faedah untuk pembaca dan kesediaan terima kritik serta anjuran.

Sesuai sama namanya, kata pengantar diisi ucapan rasa sukur serta terima kasih dan sambutan dari penulis pada karya catat yang sudah dibuatnya. Biasanya ada kalimat pengharapan dan penjelasan berkaitan topik serta isi makalah yang di buat.

Walau beberapa besar pembaca tidak sering membaca sisi yang satu ini, tetapi kata pengantar tetaplah perlu untuk mendukung profesionalitas serta kredibilitas makalah yang sudah dikerjakan. Diluar itu, ada kata pengantar juga wujudkan rasa hormat seseorang penulis pada pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar pastinya mesti memakai bhs baku serta kalimat yang efisien dan gampang dipahami oleh pembaca. Mengenai Contoh Kata Pengantar Yang Baik tersajikan dalam paragraf di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui, untuk buat atau membuat kata pengantar ini memanglah gampang-gampang susah. Hal semacam ini karna umumnya penulis masih tetap kesusahan dalam memastikan kalimat yang pas untuk membuat kata pengantar ini.

Contoh Kata Pengantar Makalah serta Skripsi

Well geng…. Untuk mempermudah kalian membuat kata pengantar kalian sendiri, tersebut kami beri sebagian contoh.
cekidot 🙂

Contoh Kata Pengantar 1 :

KATA PENGANTAR

Alhamduillah, semua puji untuk Allah SWT yang selalu menganugrahkan karuniaNya yang mengagumkan pada penulis.
Sholawat salam mudah-mudahan senantiasa tercurah pada baginda Rasul Muhammad SAW sebagai ide semua umat manusia.
Alhamdulillah tulisan simpel ini bisa usai dengan pertolongan maha dahsyat dari Allah SWT, Tuhan semesta alam. Penulis tidak menganggap kalau dalam terbatasnya saat, pikiran dan himpitan kesibukan yang cukup padat tulisan ini bisa ada di tengahnya pembaca walau tidak bisa disangkal kalau tulisan ini begitu jauh dari kesempurnaan.
Terimakasih penulis berikan pada Bapak serta Ibu terkasih atas hangatnya sinar cinta kasih yang tidak sempat padam. Mudah-mudahan Bapak serta Ibu senantiasa dinaungi rahmat serta ridlo Allah SWT, dibarengi percikan cinta Nabi Muhammad SAW. Terimakasih juga pada (ganti dengan nama orang/instansi/lembaga yang dikehendaki). Terimakasih atas tuntunan serta motivasinya. Penulis rasakan sekali barakah pengetahuan yang di terima. Jazakumullah.
Mudah-mudahan tulisan simpel ini bisa termasuk jadi satu diantara amal yg tidak putus pahalanya. Berikan faedah untuk yang membaca. Wallahu al-Muwaffiq.

Jepara, 16 April 2015
Penulis

Contoh Kata Pengantar 2 :

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin, puji sukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, karna dengan rahmat, taufik dan hidayah-Nya hingga pekerjaan kolektif yang berupa makalah dengan judul (“ganti dengan judul makalah”) bisa teratasi pas saat, walau dengan beragam jenis rintangan. Serta tidak lupa Sholawat dan salam mudah-mudahan senantiasa tercurah ke pangkuan Baginda Nabi Agung Muhammad SAW yang kita nanti-nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah kelak, Amin.

Makalah ini disusun jadi bahan diskusi yang juga akan kami presentasikan serta adalah implementasi dari program belajar aktif oleh Dosen pengajar mata kuliah (ganti dengan nama mata kulyah).
Mudah-mudahan dengan tersusunnya makalah ini bisa menaikkan khazanah keilmuan dalam pelajari (ganti dengan nama mata kulyah) serta memberi faedah untuk pembacanya. Dalam pengaturan makalah ini, penyusun mengerti banyak kekeliruan serta kekhilafan di dalamnya. Oleh karenanya, kritik serta anjuran yang berbentuk membuat selalu kami berharap untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.
Jepara, 21 Maret 2015

Penyusun

Itu barusan Pengertian serta Contoh Kata Pengantar yang Baik serta Benar, mudah-mudahan berguna 🙂

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

ARY GUNAWAN

Guru IPA | S1 Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta 2013 | Ikatan Guru Indonesia (IGI) DIY
Daftar Artikel Terkait :  3
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0