Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Kemenag Siapkan Kuota 7.500 Untuk PLPG Guru Madrasah
Kemenag Siapkan Kuota 7.500 Untuk PLPG Guru Madrasah
5 Komentar | Dibaca 14808 kali
Adi Pratama @pratamaadi
08 August 2017

Kementerian Agama mengalokasikan kuota 7.500 guru madrasah di Tahun 2017 untuk mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Suyitno mengatakan, kuota PLPG yang dimiliki tahun ini sebanyak 7.500 guru terdiri atas 4.000 guru Mata Pelajaran Umum, 3.000 guru Mata Pelajaran agama dan 500 untuk guru MAN Insan Cendekia.

“Jumlah tersebut mengalami pengurangan sebesar 50% karena adanya efisiensi anggaran yang dilakukan Kementerian Agama,” ujar Suyitno saat kegiatan Koordinasi Program Sertifikasi Guru dan Beasiswa S2 Guru Madrasah Tahun 2017 di Bogor (2407).Peserta kegiatan tersebut merupakan para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam dan para Dekan/Ketua Rayon perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi guru baik Perguruan Tinggi Umum (PTU) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Suyitno berharap, melalui kegiatan ini dapat didiskusikan secara serius beberapa ketentuan baru melalui down to top sehingga mampu menghasilkan kebijakan yang nantinya akan tertuang dalam penyusunan nota kesepahaman antara Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi yang akan menjadi mitra penyelenggara.

“Pola PLPG yang akan dilaksanakan khusus untuk guru madrasah tahun ini tidak dengan menggunakan basis nilai UKG mengingat Kementerian Agama belum memiliki kebijakan untuk melaksanakan hal ini,” ungkap Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini.

Kepala Seksi Bina Guru MI/MTs Fahmi menambahkan, saat ini jumlah calon peserta sertifikasi yang sudah mendaftarkan diri melalui SIMPATIKA sebanyak 24.711 guru. Jumlah tersebut nantinya akan dialokasikan sesuai dengan ketentuan menjadi data shortlist untuk selanjutnya ditetapkan melalui Keputusan Dirjen Pendidikan Islam.

“Data peserta yang sudah ditetapkan akan diserahkan kepada perguruan tinggi mitra untuk dilakukan verifikasi portofolio,” kata Fahmi.

Fahmi mengatakan, sesuai dengan rencana yang telah disusun Direktorat GTK Madrasah, pelaksanaan MoU antara Kemenag dan Perguruan Tinggi Mitra akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017. Adapun kegiatan PLPG akan dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2017. Ia berharap, kepada para calon peserta PLPG untuk mempersiapkan diri secara optimal mengingat instrumen penilaian PLPG tahun ini lebih sulit dan kompleks karena akan dipantau langsung oleh mentor khusus untuk tagihan portofolio per individu guru.

Sumber : https://kemenag.go.id/berita/read/505004/kemenag-siapkan-kuota-7-500-untuk-plpg-guru-madrasah

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Terdapat 5 Komentar pada "Kemenag Siapkan Kuota 7.500 Untuk PLPG Guru Madrasah"

  1. BAGINDA PARDOMUAN

     |
    August 9, 2017 at 10:44 am

    Rekan saya SK 2005 sampai sekarang belum ada undangan Sertifikasi dari Simpatika. Kendala dimana kah? Bagaimana Solusinya.

  2. LERMIANHARAHAP

     |
    August 14, 2017 at 2:50 pm

    saya sudah honor, sejak tahun 2005, tetapi belum dipanggil PLPG, bagaimana saya dapat mengikutinya?

  3. CRISTY TAMETY

     |
    August 30, 2017 at 9:25 am

    Masa kerja saya 2008 sampai sekarang, apa bisa daftar sertifikasi tahun 2017???? Kalao bisa, gimana caranya ????

  4. SUNARNO

     |
    September 7, 2017 at 10:27 am

    sya mau bertanya bagaimana nasib kami yang honorer di sekolah kemendikbud mengajar agama untuk mengurus semuanya, apakah kami akan di lupakan dan yang di prioritaskan hanya guru yang ada di madrasah saja.? dan kalo nasib kami seperti apa? sudah sekian lama tidak pernah ada perhatian khusus buat kami. tolong di jelaskan untuk kami.

  5. milakosovic

     |
    May 18, 2018 at 3:14 am

    paket wisata bandung

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Bang Zayn

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  49

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0