Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Kulit menjadi putih belang akibat hipopigmentasi atau depigmentasi
Kulit menjadi putih belang akibat hipopigmentasi atau depigmentasi
0 Komentar | Dibaca 147 kali

Ada 2 jenis pigmentasi kulit yang bisa dimiliki. Apabila kulit kita sehat, maka warna kulitnya akan tampak normal. Namun bila terpengaruh oleh kondisi eksternal, sakit, ataupun cedera, maka kulit kita mungkin akan berubah warna. Bila menjadi lebih gelap disebut dengan hiperpigmentasi, atau lebih putih yang disebut dengan hipopigmentasi.

Hipopigmentasi adalah tidak adanya jumlah melanin (bahan kimia yang memberi warna kulit) secara normal ,yang disebabkan oleh penyakit, luka bakar, atau trauma lainnya pada kulit. Hipopigmentasi bisa jadi sulit untuk diobati. Ada obat topikal yang terkadang membantu, dan prosedur berbasis ringan seperti IPL, laser excimer, serta laser Fraxel Restore.

Yang menyebabkan perubahan warna kulit tersebut adalah melanin, atau pigmen. Bila sel kulit yang menghasilkan melanosit berkurang jumlahnya, maka kondisi yang dihasilkan dikenal sebagai hipopigmentasi (kehilangan warna kulit). Hipopigmentasi juga dikenal sebagai depigmentasi kulit.

Penyebab hipopigmentasi
Penyebab hipopigmentasi yang paling umum adalah kerusakan atau trauma pada kulit. Luka bakar, infeksi, jerawat, lecet, goresan, dan luka-luka yang bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Pengobatan pelapis kulit yang tidak diobati dengan benar, seperti Photofacials (IPL), kulit laser, atau kulit kimia, akan menyebabkan kerusakan kulit akibat hipopigmentasi.
Baca artikelnya lebih lengkap : Menghilangkan bekas jerawat

Post hiperpigmentasi inflamasi
Dalam situasi dimana hipopigmentasi adalah hasil peradangan atau kerusakan kulit, kondisinya dapat disebut sebagai hipopigmentasi pasca-inflamasi, atau PIH.

Hal ini bisa membingungkan karena PIH juga digunakan untuk merujuk pada pigmentasi hiperpigmentasi pasca-inflamasi, suatu kondisi kulit dimana pigmentasi meningkat, tidak berkurang.
Baca artikelnya lebih rinci di mengatasi jerawat meradang