Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Merawat Kulit Kering Dan Berminyak
Merawat Kulit Kering Dan Berminyak
0 Komentar | Dibaca 96 kali

Tipe-tipe kulit berbeda dalam jumlah sebum yang diproduksi, dan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban di dalam permukaan kulit (lapisan kornea). Akibatnya, kita bisa mengklasifikasikan kulit menjadi empat jenis: kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.

Tapi tipe kulit bukanlah sesuatu yang permanen di setiap individu. Kondisi kulit (kering, normal, berminyak, dan kombinasi) dapat saja bervariasi selama sebulan, satu tahun, dan seumur hidup, karena efek cuaca, musim, usia, keseimbangan hormon, stres, dan faktor lainnya.

2 jenis karakter kulit kering dan berminyak mempunyai banyak perbedaan, namun juga memiliki beberapa kesamaan dalam cara perawatannya. Dan tipe kulit ini bisa berubah seiring berjalannya waktu. Misalnya, remaja lebih mungkin memiliki jenis berminyak atau normal, kemudian berubah menjadi lebih kering saat usia lebih tua. Silahkan untuk membaca perawatan kulit untuk setiap usia agar lebih jelas.

Jenis Kulit Kering
Sebelum kita menyimak cara merawat kulit kering, kita ketahui terlebih dulu karakteristik dari jenis kulit ini.

Ciri-ciri dari kulit kering adalah :

  1. Pori-pori hampir tak terlihat.
  2. Kusam, dengan corak kasar.
  3. Ada patches merah.
  4. Kulit kurang elastis.
  5. Garis kerutan yang lebih terlihat jelas.

Kulit Anda bisa retak, mudah terkelupas walaupun tidak sedang memakai eksfoliator, mudah gatal, gampang iritasi, atau meradang. Jika sangat kering, kulit bisa menjadi kasar dan bersisik.

Yang menjadi penyebab dasarnya adalah “dehidrasi”. Namun ada lebih dari itu. Yaitu ketika lapisan eksterior kulit Anda yaitu lapisan epidermis terkelupas dan bahkan retak saat tidak cukup minum. Tapi juga bergantung pada keseimbangan minyak dari lapisan kulit yang lebih dalam.

Jadi ‘sebum’ yang diproduksi di folikel rambut tetap diperlukan untuk melindungi Anda dari infeksi dan lecet dan hal-hal yang buruk lainnya, Namun sebum ini dapat menyebabkan kulit menjadi berminyak. Pointnya adalah keseimbangan. Terlalu sedikit minyak akan menyebabkan pengelupasan kulit yang buruk, dan menyebabkan kulit kehilangan kelembutan dan elastisitasnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering, dan membuatnya menjadi tambah kering yaitu :

  • Faktor keturunan.</