Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS 2017
Tata Cara Pengiriman Berkas Lamaran CPNS 2017
0 Komentar | Dibaca 1603 kali
Adi Pratama @pratamaadi
10 August 2017

Banyak pelamar CPNS melakukan kesalahan dalam mengirimkan bekas dokumen lamaran lowongan CPNS di Kemenkumham dan Mahkamah Agung (MA). Mereka malah mengirikan berkas lamaran ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), bukan ke ke Kemenkumham dan MA.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi menyampaikan ada banyak pelamar yang salah alamat dalam mengirimkan berkas.

“BKN kebanjiran berkas CPNS, para pelamar salah alamat,” kata Diah dalam pesan singkat kepada Tirto, Selasa (8/7/2017).

Menurut Diah, berkas yang masuk ke BKN tidak dapat diproses karena BKN tidak memiliki kewenangan untuk memproses berkas lamaran CPNS tersebut.

Dalam keterangan Senin kemarin, Diah menyampaikan mengenai tata cara dan prosedur pendaftaran CPNS di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung (MA).

“Yang pertama, registrasi seharusnya online. Untuk website pun sudah kami informasikan ke publik. Lalu kedua, untuk Kemenkumham, S1 saja yang diminta unggah berkas via online, untuk berkas lamaran tersebut dikirim melalui PO BOX dari masing-masing wilayah yang dituju dengan judul pengumuman penerimaan CPNS 2017 Kementerian Hukum dan HAM RI,” tambah Diah.

Sebelum melakukan pendaftaran, menurut Diah, ada baiknya para calon pelamar membaca prosedur-prosedur registrasi yang sudah banyak dipublikasi secara masif, baik melalui website pemerintah maupun swasta.

“Agar tidak ada lagi kesalahan pengiriman oleh calon pendaftar karena kalau salah pelamar juga yang rugi. Dan, selalu waspada terhadap oknum-oknum nakal yang mengatasnamakan instansi terkait,” ujarnya mengingatkan.

Tata Cara Pendaftaran CPNS MA dan Kemenkumham

Untuk Mahkamah A