Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Waspada ! Kebiasaan Ini Dapat Menjadi Pemicu Gagal Ginjal
Waspada ! Kebiasaan Ini Dapat Menjadi Pemicu Gagal Ginjal
0 Komentar | Dibaca 368 kali

Gagal ginjal memang menjadi salah satu penyakit berbahaya dan tergolong mematikan.  Karena ketika ginjal tidak mampu lagi untuk menyaring sisa makanan dan minuman, maka kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati.

Penurunan fungsi ginjal banyak tidak disadari, hal itu karena kerusakan pada ginjal seringkali tidak dirasakan atau tak diketahui selama bertahun-tahun, apabila ginjal masih bisa melakukan fungsinya minimal 20% dari keadaan normalnya, sehingga penyakit ginjal sering disebut dengan penyakit mematikan yang diam-diam. Itulah alasannya mengapa sangat penting bagi kita untuk selalu merawat kondisi ginjal agar tetap sehat, termasuk menghindari berbagai penyebabnya.

Berikut ini 7 kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal, diantaranya :

1. Jarang minum air putih

Banyak sekali orang yang masih malas mengkonsumsi air putih. Padahal air putih merupakan asupan yang paling dibutuhkan oleh ginjal Anda selain vitamin dan asupan gizi lainnya. Apalagi apabila Anda melakukan kerja yang berat. Mulailah untuk memperhatikan kadar cairan di dalam tubuh Anda untuk membantu ginjal menyaring darah.

2.Sering Menahan Kencing

Ketika Anda merasakan bahwa Anda ingin kencing, segeraalah untuk kencing. Urin yang ditahan terlalu lama di kandung kemih dapat membahayakan kesehatan Anda. Karena sudah seharusnya sampah harus segera dibuang. Sibuk mungkin menjadi salah satu alasan penyebabnya. Akan tetapi mulailah untuk memperhatikan kesehatan Anda.

3.Terlalu banyak mengkonsumsi kopi

Kopi memang memiliki rasa yang nikmat. Oleh karenya sangat banyak peminatnya bahkan rela untuk mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar ngopi di tempat yang bagus dengan kualitas kopi yang bagus pula. Selain itu, kopi juag dapat membantu Anda untuk memperlambat rasa kantuk sehingga Anda seakan memiliki waktu lebih untuk bekerja tanpa merasa ngantuk. Akan tetapi hal ini sangat berbahaya bagi Anda dan dapat menyebabkan gagal ginjal apabila terus dibiarkan.

4.Kurang Berolahraga

Olahraga memang dapat membantu kinerja ginjal dengan melakukan ekskresi melalui kulit. Oleh karena itu, mulailah secara rutin untuk berolahraga untuk membantu kerja ginjal Anda dan mencegah gagal ginjal.

5. Sering Mengkonsumsi Makanan Asin

Mengkonsumsi makanan yang terlalu asin juga menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan gagal ginjal. Selain protein yang berlebih, kadar garam yang berlebih juga memberatkan fungsi ginjal. Seperti yang kita ketahui bahwa ginjal juga berperan dalam mengatur takanan darah. Oleh sebab itu, jaga asupan garam Anda.

6.Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol biasanya ditemukan di minuman-minuman keras. Minuman beralkohol tidak sulit lagi ditemukan di lingkungan Anda karena supermarket pun sudah menyediakan untuk Anda. Akan tetapi perlu untuk Anda ketahui bahwa kebiasaan ini dapat merusak fungsi ginjal Anda. Bukan hanya itu, juga dapat menyebabkan penyakit komplikasi lainnya, bahkan gagal ginjal.

7.Penggunaan obat penghilang nyeri secara berlebihan

Janganlah sedikit-sedikit minum obat penghilang nyeri(misalnya aspirin), padahal itu hanya rasa atau nyeri yang kecil atau tak terlalu nyeri. Penggunaan berlebihan atau tanpa pengawasan ahli kesehatan, obat penghilang rasa sakit bisa menyebabkan kerusakan parah pada hati dan ginjal. Tuh, dampaknya bisa sangat buruk, karena kedua organ yang sangat-sangat penting ini bisa rusak.

Jika anda sering melakukan kebiasaan diatas, sebaiknya mulai saat ini mulai memperhatikan kesehatan tubuh anda. Karena sehat itu sangat mahal dan hampir tidak ternilai harganya !

Baca Juga lainnya :

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Beatrice Clothing

Saya adalah orangtua yang berprofesi menjual pakaian baju wanita, bergabung dengan website ini untuk menget ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0