Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Decking kayu Ulin sebagai pilihan lantai kayu Outdoor halaman rumah anda
Decking kayu Ulin sebagai pilihan lantai kayu Outdoor halaman rumah anda
0 Komentar | Dibaca 57 kali
WijdanSR @wijdansr
19 October 2017

Jenis-jenis kayu yang diolah untuk lantai memang bukan hanya terdiri dari lantai kayu dalam ruangan yang disebut parquet saja. ada juga jenis lantai kayu lain yang didesain secara khusus agar mampu bertahan pada berbagai perubahan cuaca, tahan terhadap kelembaban dan kuat untuk diterapkan sebagai Jembatan.

lantai kayu untuk halaman rumah anda ini sering dikenal dengan nama Decking kayu. Decking kayu memang sengaja diolah dengan ukuran yang lebih tebal dari pada lantai kayu parquet.

decking kayu juga dilengkapi dengan alur anti slip sebagai jalur mengalirnya air. hal ini bertujuan agar ketiga anda menginjak decking kayu. tidak akan licin. Kayu-kayu yang dibuat untuk deckingpun bukanlah kayu-kayu sembarangan. kayu untuk decking haruslah kayu-kayu yang sangat berkualitas. dimana kayu tersebut harus mampu bertahan lama pada suhu dan cuaca yang tidak menentu.

Oleh sebab itu hanya beberapa kayu yang baik untuk dijadikan decking. salah satu kayu tersebut adalah kayu Ulin. Kayu Ulin merupakan kayu yang sangat berkualitas. dimana, kayu ini merupakan salah satu jenis kayu terkeras didunia. dan hebatnya lagi, kayu ini berasal dari Indonesia.

Khususnya hutan Kalimantan. Menurut Sudarjat, salah satu Pemasangan Decking kayu Ulin dari perusahaan Rajawali parquet, “Kayu ulin termasuk pada kayu yang sangat keras, kamu tidak bisa memaku kayu ini secara langsung, karena bukan kayunya yang bolong, namun justru pakunya yang bengkok.

untuk melubangi kayu ulin haruslah menggunakan bor terlebih dahulu sebelum akhirnya dipaku. bahkan jika pemotongan kayu tidak dilakukan dengan mesin yang benar serta presisi yang terukur bisa merusak (mematahkan) mesin potongnya.

Maka sangat wajar bila harga kayu Ulin saat ini berada pada kisaran kayu yang sangat mahal. untuk 1m2 decking kayu Ulin asal sulawesi saja harganya Rp. 650.000 dan Decking Ulin asal Kalimantan berharga Rp. 995.000/m2. harga yang cukup mahal bukan?

 

Sumber harga : http://www.kiosparquet-jakarta.com/harga-lantai-kayu/harga-lantai-parket/

kayu ulin banyak dimanfaatkan untuk kontruksi-kontruksi penting seperti tiang listrik yang membutuhkan tiang isolasi yang kuat dan mampu bertahan lama, bantalan rel kereta api, kontruksi kapal laut dan kontruksi pergedungan.

Karena saking bagusnya kualitas kayu Ulin, banyak sekali industri pertukangan yang mencari kayu Ulin, dengan banyaknya penebangan kayu Ulin, namun pertumbuhan kayu Ulin yang sangat lama menjadikan kayu Ulin sebagai kategori kayu yang langka. sehingga untuk mendapatkan kayu Ulin, diperlukan Izin yang sangat ketat dari peme