Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Tips dan Tiga Kunci Sukses Bisnis Sukanto Tanoto
Tips dan Tiga Kunci Sukses Bisnis Sukanto Tanoto
0 Komentar | Dibaca 21 kali
Tania Bae @berita
05 December 2017

Jika Tanoto Foundation sendiri lebih banyak bergerak di bidang pengentasan masalah pendidikan masyarakat, maka grup APRIL ini lebih banyak mengatasi kemiskinan atau ekonomi masyarakat. Sama-sama dipelopori oleh seorang pengusaha sukses yaitu Sukanto Tanoto. Keduanya sudah mulai dijalankan belasan tahun yang lalu dan hasilnya sudah bisa dilihat hingga sekarang ini. Berikut 3 kunci sukses bisnis Sukanto tanoto:

Banyak pengusaha yang sukses, tetapi tak sedikit pula yang gagal. Pertanyaan yang selalu muncul adalah mengapa ada pengusaha yang sukses, mengapa pula ada yang gagal?
“Ayah saya (Sukanto Tanoto) mengajarkan tiga faktor yang menentukan entrepreneur itu sukses atau gagal,” ucap Anderson Tanoto, Board of Trustees Tanoto Foundation, Jumat (5/12/2014).

Pertama, pengusaha yang sukses adalah yang memiliki kegigihan. Anderson mengatakan, bisnis yang besar tidak pernah lepas dari ombak. “Entrepreneur dituntut memiliki semangat pantang menyerah,” kata dia.

Kedua, pengusaha yang sukses adalah yang bisa menciptakan perbedaan. Inilah esensi dari apa yang disebut inovasi. “Uniqueness, kunci sukses entrepreneur,” imbuh dia.

Ketiga, pengusaha yang sukses adalah yang memiliki semangat belajar. Anderson menjelaskan, pengusaha yang sukses selalu belajar dari kegagalan dan pengalaman orang lain. “Melakukan perbaikan dari kesalahan kita agar tidak terulang,” sebut dia lagi.

Anderson menyebutkan, negara Indonesia masih membutuhkan setidaknya 1,2 juta entrepreneur dalam 10 tahun ke depan.

Sebagai informasi, Sukanto Tanoto merupakan salah satu konglomerat Indonesia dengan Grup Royal Golden Eagle International. Tanoto berada di urutan 10 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes, Rabu (3/12/2014) lalu.

Sumber berita: http://ekonomi.kompas.com/read/2014/12/05/1556189/Tiga.Kunci.Sukses.Bisnis.Sukanto.Tanoto