Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Keberanian Sukanto Tanoto Bersaing di Tingkat Global
Keberanian Sukanto Tanoto Bersaing di Tingkat Global
0 Komentar | Dibaca 357 kali
Tania Bae @berita
03 January 2018

Sukanto Tanoto adalah seorang pengusaha yang sukses di bidang bisnis dan merupakan seorang inspirator banyak pengusaha. Dengan ketekunan Sukanto Tanoto berhasil menjadikan RGE sebagai sebuah kelompok perusahaan kelas dunia dengan aset lebih dari US $ 18 miliar dan mempekerjakan 60.000 orang serta memiliki operasi di Indonesia, Tiongkok, Kanada, Finlandia, dan Brasil dan kantor pemasaran di seluruh dunia. Selain menjadi pengusaha, Sukanto Tanoto juga menjadi visioner dan pioneer berbakat untuk beberapa industri di Indonesia. Bisnis yang ia kelola tersebut tidak hanya berada di Indonesia, mereka juga berada di negara-negara lainnya contoh China, Hong Kong, Singapura, dan lain-lainnya. Ia memulai karirnya benar-benar dari bawah. Namun, berkat kerja kerasnya, dalam beberapa tahun bisnisnya diperluas.

Hingga saat ini, banyak perusahaan yang Sukanto Tanoto dirikan dan kelola sendiri. Tak terkecuali Royal Golden Eagle (RGE) perusahaan pertama yang ia dirikan. Perusahaan tersebut sudah sejak lama didirikan, yaitu pada tahun 1973. Royal Golden Eagle adalah sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang sektor pengelolaan Sumber Daya Alam. Dari dari RGE, Sukanto Tanoto mengelola anak-anak perusahaannya di berbagai bidang, tidak fokus pada satu bidang berupa dari bidang industri kelapa sawit, pulp and paper, selulosa spesial, serat viscose, hingga pegembangan energi. Karena baginya, mempelajari suatu hal yang baru sangat menyenangkan. Ia memprediksikan bahwa lonjakan pundi uang dari usaha kontraktor perminyakan yang dilakukannya tidak bisa berjangka panjang. Dengan kepedulian ia terhadap karyawan, membuatnya memicu untuk menggarap usaha yang sukses.

Baca juga: Karir cabang Grup Royal Golden Eagle

Awal mulai Sukanto Tanoto memulai karir bisnisnya dari sebuah pabrik kayu lapis. Dan dari sana, keputusannya terlihat melawan arus karena belum ada pihak lain yang berani membuat pabrik yang serupa dan ia bersikeras untuk membangun pabrik kayu lapis. Sebagai negara yang subur tanahnya dan kaya akan pepohonan, namun di sisi lain Indonesia malah mengimpornya dari luar negeri. Hasil investigasi awalnya tidak terlihat langsung. Namun pada saat Pemerintah mengubah kebijakannya terhadap industri hutan dengan menghentikan mengekspor kayu gelondongan, hal itu baru terasa oleh Sukanto Tanoto.

Selain pabrik kayu lapis, pada saat ia mengembangkan Royal Golden Eagle, ia mencari bidang industry yang baru yang akan diterjuninya. Sukanto Tanoto memprediksikan bahwa lonjakan pundi uang dari usaha kontraktor perminyakan yang dilakukannya tidak bisa bertahan lama. Dengan kepedulian ia terhadap karyawan, membuatnya memicu untuk menggarap usaha yang sukses.

Menjadi seorang perintis, Sukanto Tanoto mampu memberikan nilai tambah terhadap hasil hutan sehingga kian bernilai. Hal tersebut yang membuatnya diberi penghargaan sebagai pengusaha yang membuat keajaiban oleh pemerintah. Dengan keberanian Sukanto Tanoto bersaing di tingkat global, diharapkan pengusaha dapat belajar darinya.

Sumber:
http://ekonomi.kompas.com/read/2014/12/05/1556189/Tiga.Kunci.Sukses.Bisnis.Sukanto.Tanoto
https://www.banktrack.org/company/royal_golden_eagle_group_rge

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Nasibox.id

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0