Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / DILEMA MADRASAH DI TENGAH-TENGAH MUSIBAH BANJIR
DILEMA MADRASAH DI TENGAH-TENGAH MUSIBAH BANJIR
0 Komentar | Dibaca 142 kali

Bulan Februari 2018 merupakan bulan hujan. Hampir di seluruh pelosok desa, khususnya yang dekat dengan laut ataupun tambak rata-rata tertimpa musibah banjir. Salah satunya di desa Sayung, kecamatan Sayung Kabupaten Demak. terhitung mulai awal februari sampai saat ini, banjir yang melanda desa semakin tinggi.
Menurut data Desa per tanggal 16 Februari lalu, kedalaman banjir jika diukur dari persawahan rata-rata mencapai 2,25 m, sedangkan jika air diukur dari sarpras jalan mencapai 95 cm – 1,65 m. dengan belum berakhirnya musim penghujan serta masih tingginya curah hujan, kemungkinan besar ketinggian air akan semakin bertambah sekaligus korban yang terkena dampak dari banjir itu akan semakin bertambah banyak, dikeranakan secara geografis letak desa Sayung merupakan daerah hilir sungai Dombo-Sayung ditambah wilayahnya yang cekung.
di Desa Sayung bukan hanya terdapat rumah-rumah ataupun tempat peribadatan saja. di Sana juga terdapat lembaga Pendidikan, mulai jenjang PAUD sampai SD atau MI, Madrasah Ibtida’iyyah (MI) Sunan Kalijaga Sayung misalnya. Akses jalan menuju MI SUKA tergenang air mencapai 500 cm, disebabkan air disekelilingi MI yang notabenenya persawahan yang luas meluber sampai jalan. Siswa-siswa Madrasah yang rumahnya terendam banjir banyak yang tidak mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar seperti hari biasanya. Meskipun tidak semuanya bolos, akan tetapi sedikt banyak mengganggu aktifitas KBM normal. Ada beberapa sekolah yang memulangkan lebih awal dan bahkan meliburkan siswa-siswinya untuk menghindari sedikitnya peserta didik yang masuk.
Hal itulah yang menjadi dilema sekolah atau madrasah ditengah-tengah bencana alam banjir yang melanda daerah sekitarnya.

Sayung, 17 Februari 2018
Oleh: Farid Rohman Syah (MI Sunan Kalijaga Sayung)

#sekolahsayung #madrasah #misuka #banjir #Kbmlibur

#sekolahsayung #madrasah #misuka #banjir #Kbmlibur

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Yuliza Dewi,S.Pd

simple it's me
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0