Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / Inilah beda antara drum dengan alat musik perkusi
Inilah beda antara drum dengan alat musik perkusi
0 Komentar | Dibaca 269 kali
Bang Zayn @bangzayn
22 February 2018

Para pemusik pastinya tahu betul bahwa drum merupakan salah satu jenis alat musik perkusi moderen. Jadi drum dengan instrumen perkusi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Jika ada yang bertanya beda antara keduanya,maka tidak ada penjelasan yang begitu runut karena merupakan sebagian dari yang lain.

Perkusi

Alat musik perkusi mencakup segala hal yang dimainkan dengan cara memukul instrumen, atau apapun yang dimainkan dengan menggores instrumen. Itu adalah kelompok besar mencakup berbagai jenis drum, simbal, gong, rebana, segitiga, castanet, guiros, shaker, marimbas, dan banyak lagi. Kita dapat mempelajari teknik bermain dasar setidaknya dengan 30-40 instrumen yang berbeda.

Beberapa alat musik perkusi hanya memberi bunyi drum atau benturan simbal. Yang lain memberi efek melodi, seperti getaran, xylophones, atau marimbas. Beberapa di antara keduanya, seperti blok tympani atau kuil – jelas bahwa satu suara lebih tinggi dari suara yang lain, tapi nada nada tidak pasti seperti kunci pada piano.

Yang lain lagi bisa digolongkan lebih seperti efek – gemetar lonceng giring, memukul “tongkat tamparan”, menggores blok amplas bersama, atau menggedor sebuah landasan. Dan bahkan ada barang yang ditugaskan ke pemain perkusi yang tidak benar-benar perkusi – mereka mungkin diminta untuk memainkan peluit slide!

Kita bisa membagi semua hal itu dalam berbagai kategori. Terkadang musisi dikenali sebagai “perkusi tangan”, yang akan menjadi hal seperti bongos atau conga atau hang drum – hal-hal yang dimainkan hanya dengan tangan. Musisi klasik membagi diri menjadi dua himpunan bagian: tympani (drum ketel) dan perkusi (segala sesuatu yang lain).

Dalam musik populer, seseorang yang dikreditkan dengan “drum” mungkin memainkan drumset. Seseorang yang dikreditan dengan “perkusi” mungkin memainkan sesuatu di bagian perkusi, termasuk hanya drumset. Ini seperti perbedaan antara mobil dan Fiats. Semua Fiats (drum) adalah mobil (perkusi), tapi tidak semua mobil adalah Fiats.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Junaidi Dasuki

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0