Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / MADRASAH DAN GENERASI MILENIAL
MADRASAH DAN GENERASI MILENIAL
0 Komentar | Dibaca 70 kali

#milenial #madrasah #moral

#milenial #madrasah #moral


Dunia Pendidikan di Indonesia sedang mengalami degradasi karakter atau moral para siswanya. Mulai dari kebiasaan mencontek, tidak memperhatikan saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dan bahkan baru-baru ini dunia pendidikan tanah air digemparkan dengan kasus meninggalnya seorang guru di timur jawa oleh siswanya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa moral para siswa sedang mulai kemrosotan yang signifikan dan jika dibiarkan berlanjut akan mempengaruhi generasi-generasi setelahnya.
Generasi muda saat ini, yang lebih trend disebut generasi milenial merupakan tunas-tunas muda yang besok akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Maju dan tidaknya bangsa kita besok, tergantung bagaimana moral generasi milenial saat ini.
Bagaimana menyikapinya?
Madrasah merupakan kuncinya. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang berbasis nilai-nilai keagamaan. Meskipun setiap Madrasah memiliki distingsi dalam kurikulum dan tujuannya, akan tetapi Madrasah memiliki satu visi dan misi yang sama, yaitu membentuk akhlak yang mulia bagi siswanya. Hal itulah yang sedang dibutuhkan oleh bangsa kita. Banyak sekali orang yang berpendidikan tinggi akan tetapi tidak disertai dengan akhlak yang baik. Apa akibatnya? Praktek korupsi dimana-mana, penipuan dan yang paling miris adalah seorang guru yang bersikap asusila terhadap siswanya. Kasus-kasus tersebut sudah sering kita dengar di media cetak ataupun online.
Oleh karena itulah, Madrasah harus maju sebagai tonggak terdepan dalam mengawal generesi milenial agar dapat membentuk karakter dan akhlak yang baik seusai dengan al-Qur’an dan Sunnah.
oleh: Farid Rohman Syah, MIS Sunan Kalijaga Sayung
foto:

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

LUKMAN HADIANTA

Menghormati orang lain itu hal utama dari pada kita meminta orang lain menghormati kita
Daftar Artikel Terkait :  1
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0