Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / Pentingnya studio monitor sebagai alat rekaman musik
Pentingnya studio monitor sebagai alat rekaman musik
0 Komentar | Dibaca 99 kali
Bang Zayn @bangzayn
14 February 2018

Monitor studio adalah speaker berkualitas tinggi yang dirancang untuk studio rekaman dan menjadi alat rekaman musik yang wajib ada. Perbedaan utama antara monitor dan speaker lain adalah perhatian terhadap presisi. Bila kamu tengah mendengarkan hasil mixing pastinya akan paham dan tahu persis seperti apa hasil mixing yang bekerja dengan baik dan didukung alat rekaman musik berkualitas.

alat rekaman musik

Monitor studio tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, warna, dan tentu saja, harga. Bagi kebanyakan orang yang melakukan perekaman di rumah dan memerlukan alat rekaman musik berkualitas tinggi, sebenarnya tidak memerlukan monitor yang paling mahal. Beberapa rekaman bahkan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan headphone.

Pemantau Nearfield sejauh ini adalah pilihan paling populer dan cerdas untuk studio kecil yang bisa kamu jadikan bagian dari alat rekaman musik rumahanmu. Pilihan lainnya adalah mendapatkan beberapa speaker besar, dan pasang di dinding di sebuah ruangan besar.

 

Kelemahan utama monitor studio yang lebih kecil adalah respon bass terbatas yang diberikan oleh speaker yang lebih kecil. Cara sederhana seputar ini adalah dengan mendapatkan satu set dengan subwoofer. Sub menangani suara frekuensi rendah, dan monitor mendapatkan sisanya. Anda tidak membutuhkan sub, seperti kebutuhan mutlak.

Saya menggunakan seperangkat monitor 6.5 “sekarang (Event TR6), tanpa sub. Tapi saya dapat melihat kekurangannya, dan mengeluarkan CD yang agak saya malu karena memiliki terlalu banyak bass di dalamnya.

Mengapa terlalu banyak bass? Karena saya terlalu banyak memasukkan bass ke dalam proses mixing. Monitor tidak memberi saya apa yang saya pikir seharusnya ada di sana, jadi saya memasukkan lebih banyak bass. Itu akhirnya terlalu banyak. Sebuah sub akan memecahkan masalah. Ini akan memberi suara yang lebih akurat untuk bass.

Anda tidak perlu sesuatu yang lebih besar dari monitor nearfield. Acara 20 / 20BAS adalah monitor yang akan saya perhatikan dengan serius. Ini harga yang tepat untuk sebuah studio kecil, namun memiliki beberapa fitur pembunuh – bass solid rock, respon halus. Semua hal yang Anda butuhkan dalam satu set monitor yang bagus.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Mulyawan

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0