Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Sukanto Tanoto Ajak Perguruan Tinggi untuk Melahirkan Wirausahawan
Sukanto Tanoto Ajak Perguruan Tinggi untuk Melahirkan Wirausahawan
0 Komentar | Dibaca 235 kali
soleh @solehbanget
20 February 2018

 

Sukanto Tanoto, Sukanto, Tanoto – Memang sudah semestinya perguruan tinggi dan juga dunia usaha harus bisa bekerja sama dengan sangat baik untuk melahirkan wirausahawan dengan beberapa kompetensi seperti halnya kemampuan dalam memanfaatkan keunggulan Indonesia, bisa menjawab kebutuhan masyarakat lewat inovasi – inovasi baru, dan dikelola dengan tata nila yang kuat, sehingga akhirnya pertumbuhan perekonomian di Indonesia jadi lebih baik lagi. Dimana yang demikian ini pastinya tak hanya akan berdampak positif terhadap masyarakat itu sendiri, akan tetapi juga bagi negara dan lingkungan.

Sukanto Tanoto Ajak Perguruan Tinggi untuk Melahirkan Wirausahawan

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa Belinda Tanoto, puteri Sukanto Tanoto seorang pengusaha nasional yang lahir di Belawan, selaku anggota Board of Trustees Tanoto Foundation dan banyak yang telah bergerak dalam bidang bantuan pendidikan, mengatakan di suatu pertemuan dengan para mahasiswa dan akademisi beberapa waktu yang lalu, dimana tantangan Indonesia ke depannya akan semakin tidak mudah, sebab tajamnya persaingan global. Oleh karena itulah kerja sama semua belah pihak dalam melahirkan wirausahawan sukses yang bisa berkompetisi di pasar lokal ataupun global sudah jadi keharusan.

Juga hadir sebagai narasumber dalam pertemuan tersebut yakni Charles Saerang, selaku presiden direktur PT. Nyonya Meneer, dan Susanti Alie selaku presiden direktur PT. Bersama Olah Boga, Tanoto Entrepreneurship Series yang ada dibawah naungan Sukanto Tanoto ini menyatakan bahwa ini adalah salah satu kegiatan rutinan dan merupakan bentuk dari kerja sama antara Tanoto Foundation dengan program study Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Binis Universitas Indonesia. Dimana kegiatan tersebut memang sudah dimulai sejak tahun 2011 silam dan masih berjalan hingga sekarang dengan tujuan untuk bisa memotivasi tumbuhnya wirausahawan di Indonesia.

Belinda juga sangat berharap agar nanti peserta bisa belajar dan bertanya tentang kiat – kiat bisnis dari para entrepreneur atau wirausahawan yang telah suskes di Indonesia, seperti Susanti Alie dan Charles Saerang. Dan ilmu yang didapatkan bisa jadi bekal dan motivasi diri untuk berkarya. Ke depannya, semakin banyak lagi wirausahawan muda berkembang, sehingga bisa memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian Indonesia, serta dukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan.

Ia juga memaparkan bahwa survei organization for economic cooperation and development di 38 negara di tahun lalu, menunjukkan sekitar 70% – 95% perusahaan yang merupakana perusahaan mikro dengan pekerja kurang dari 10 orang. Dimana data ini menunjukkan bahwa usaha mirko ternyata juga bisa diandalkan jadi kekuatan baru untuk tingkatkan perekonomian nasional. Apalagi pemerintah sangat mendukung ekonomi kreatif yang telah didominasi oleh wirausahawan mikro.

Belajar dari pengalaman usaha yang telah dirintis ayahnya yakni Sukanto, Belinda juga mengatakan bahwa ada 3 hal yang jadi pemicu pertumbuhan wirausaha yang didirikan dan dipimpin oleh Sukanto Tanoto, pertama adalah mengembangkan bisnis yang berbasis sumber daya yang ada di negara tersebut, kedua mengembangkan bisnis yang inovasi untuk bisa menjawab persoalan masyarakat, dan yang ketiga atau terakhir adalah sebuah bisnis harus mempunyai filosofi yang jelas.

Sementara itu, Susanti Alie juga mengatakan bahwa wirausahawan harus dapat melihat kesempatan yang ada di lingkungan sekitar. Sangat penting sekali bagi wirausahawan membangun jaringan atau networking. Ini nanti akan jadikan sebuah usaha atau bisnis tersebut bisa sukses. Semakin luasnya networking maka akan semakin baik lagi.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Herbaltick

Jual obat kutu anjing herbaltick.com hub, 0856-0000-0624 paling ampuh dan aman basmi kutu, camplak maupun p ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0