Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / Tips mengenalkan alat musik perkusi kepada anak-anak.
Tips mengenalkan alat musik perkusi kepada anak-anak.
0 Komentar | Dibaca 130 kali
Bang Zayn @bangzayn
26 February 2018

Alat musik perkusi sebenarnya merupakan instrumen musik yang menyenangkan bagi anak-anak. Sebab hanya dengan dipukul saja sudah mengeluarkan bunyi dan menarik perhatian. Seharusnya perkara mengealkan alat musik perkusi kepada anak tidaklah sulit. Bagi anak-anak sesuatu kegiatan yang melibatkan memukul amatlah menyenangkan.

Alat Musik Perkusi

Cara mudah dan menyenangkan untuk mengenalkan anak-anak pra sekolah kepada ritme dan permainan musik terutama alat musik perkusi adalah dengan Drum tangan kecil, tongkat irama, balok kayu, atau pelek adalah instrumen sempurna untuk musisi mungil karena mereka dapat bereksperimen dengan irama dan memperbaiki kemampuan motorik halus pada saat yang bersamaan.

Ada sejumlah permainan ritme yang bisa kita mainkan menggunakan alat musik perkusi yang akan mendorong interaksi antara kita dan anak  serta mengembangkan keterampilan mendengar.  Berikut adalah beberapa permainan rhythm sederhana:

Irama angsa ibu

Anak suka bermain drum atau keran sambil menemani lagu favorit mereka. Mulailah dengan sajak anak-anak karena mereka adalah sumber ide yang kaya untuk bermain drum. Ketuk irama drum sambil mengucapkan sajak seperti “Hickory Dickory Dock” atau “Hot Cross Buns.”

Berapa banyak ketukan atau jam berapa sekarang?

Ini adalah permainan penghitungan. Pemimpin memainkan sejumlah irama yang stabil di drum dan bertanya kepada anak itu, “Berapa banyak yang saya sentuh?” Atau “Jam berapa jamnya mencolok?” Keep it simple. Begitu anak percaya diri, dia bisa menjadi pemimpin.

Permainan echo

Pemimpin mengetuk irama sederhana pada drum. Selanjutnya, anak itu mengetuk kembali ritme drumnya. Jaga frasa singkat dan sederhana. Mungkin perlu sedikit waktu bagi anak untuk sukses dengan aktivitas ini. Selalu memberi dorongan, meski gemanya tidak tepat.

Banyak variasi menyenangkan bisa ditambahkan ke game ini. Tambahkan dinamika dan tanyakan, “Bisakah kamu memainkan pola ini dengan keras? Bagaimana dengan lembut? “Atau ganti tempo dengan cepat dan kemudian lamban.

Source: https://id.yamaha.com/id/products/musical_instruments/percussion/index.html

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Laudya Bella

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  8

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0