Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Hobi

Beranda / Hobi / 3 sebab Komponen piano terpenting yaitu key mengalami kerusakan
3 sebab Komponen piano terpenting yaitu key mengalami kerusakan
0 Komentar | Dibaca 123 kali
Bang Zayn @bangzayn
20 March 2018

Salah satu komponen piano yang paling penting adalah key atau kunci piano, atau yang lebih familiar kita sebut dengan tuts piano. Karena itulah saat membeli piano pastinya kita juga akan mencoba seberapa baik kualitas tuts piano, khususnya jika yang dibeli adalah bekas pakai. Pastinya resiko kerusakan yang menimpa komponen piano akan lebih besar.

Komponen Piano

Tapi piano baru juga tidak menjamin memiliki tuts dengan kualitas baik. Terbukti dengan banyaknya kasus yang memperlihatkan tuts tidak berbunyi atau mengeluarkan bunyi yang seharusnya padahal baru beberapa kali pemakaian. Pastinya kamu akan bingung jika dihadapkan pada situasi seperti ini bukan?

 

Sebaiknya untuk mengurangi resiko kerusakan pada tuts piano kita mengetahui sejak awal apa saja yang acapkali menyebabkan tuts piano bermasalah, mungkin penjelasan dibawah ini bisa membantu:

Alasan 1: Tombol piano terikat oleh tombol lampu]

The keyslip adalah potongan panjang kayu yang terletak tepat di bawah tombol. Pembengkakan kayu bisa terjadi, terutama di daerah dengan kelembaban tinggi. Terkadang, pemain yang condong ke depan mungkin menekan tombol lampu kunci, menyebabkannya menekan tombol. kunci mungkin terjebak pada keyslip. Untuk memperbaiki ini, cukup cengkraman keyslip dan tarik ke depan. Kadang-kadang, mungkin perlu untuk melonggarkan sekrup (link eksternal) di bawah keybed dan tempat kardus shims  antara keyslip dan endblocks. Niatnya adalah membuat beberapa ruang antara keyslip dan tombolnya.

Alasan 2: Hal-hal terjepit di antara kuncinya

Seringkali, orang mungkin menjatuhkan makanan atau benda kecil lainnya di keyboard, menyebabkan mereka terjebak di antara kuncinya. Terkadang, pelakunya adalah anak-anak, yang memasukkan koin ke celah-celah. Lepaskan benda yang tidak diinginkan dari antara tombol dengan klip kertas terbuka atau pisau (kaitan eksternal)

Alasan 3: Hal-hal terjebak di bawah kunci

Jika benda asing berakhir di bawah kunci, benda itu akan memerlukan pemeriksaan interior piano. Anda perlu melepaskan tutupnya, diikuti oleh rak musik, potongan lenan dan fallstrip. Gunakan obeng untuk ini. Setelah pembongkaran selesai, lihat di atas dan di bawah kunci untuk sesuatu yang asing. Pegang bagian belakang kuncinya dengan kuat, gunakan tangan Anda yang lain untuk mengangkat ujung depan sekitar 1/2 inci atau 12 mm. Kocok dengan lembut, lalu pasang kembali ke posisi semula. Pasang piano dalam urutan terbalik di mana ia dibongkar.

Itulah tiga sebab yang seringkali membuat komponen piano paling penting yakni kunci piano mengalami kerusakan.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Herbal Negeriku

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  3

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0