Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Beberapa Tips Merawat Printer Pribadi Agar Awet & Tidak Mudah Rusak
Beberapa Tips Merawat Printer Pribadi Agar Awet & Tidak Mudah Rusak
0 Komentar | Dibaca 125 kali

Sebagian orang yang mempunyai printer sering mengeluhkan mengapa printernya cepat rusak. Apakah memang printer itu tidak bisa bertahan lama atau bagaimana. Semua kemungkinan itu tetap ada, tapi cobalah untuk objektiv dalam menyikapi satu persoalan yang terjadi. Bisa saja printer yang anda gunakan tidak bermasalah, namun dari sisi kita sebagai pengguna yang justru bermasalah.

Lalu bagaimana solusinya ?

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba praktekan dirumah kepada printer anda. Apalagi untuk anda yang baru saja memiliki printer baru. Tips merawat printer ini bukanlah sasuatu yang sulit dilakukan, bahkan sangat sederhana sekali ! Silahkan simak berikut ini :

1. Gunakanlah Printer Sesuai Dengan Kemampuannya

Setiap perangkat elektronik digital pasti memiliki kemampuan sendiri – sendiri pada saat dia dibuat. Sama seperti Printer. Juga memiliki kemampuan masing – masing yang biasanya disesuaikan dengan Tipe printe tersebut. Kalau sekelas ip2770 Canon anda paksakan untuk mencetak ratusan bahkan ribuan halaman setiap hari, saya jamin printer anda akan ccepat rusak. Oleh karena itu, cobalah untuk pahami kondisi printer anda dan gunakan sesuai dengan kemampuannya.

2. Jagalah Kebersihan Printer

Printer merupakan perangkat yang cukup sensitiv dengan kotoran dan debu. Debu halus yang masuk ke dalam printer bisa membawa dampak yang cukup buruk karena masuk ke dalam sistem pencetakkan. Oleh karena itu tips kedua, jagalah printer dari debu dan kotoran. Caranya ? Pertama tempatkan printer pada lokasi yang jauh dari debu. Kedua cobalah untuk menutup printer dengan plastik setelah anda selesai menggunakannya.

3. Jangan Biarkan Printer Tidak Digunakan Dalam Waktu Yang Lama

Kalau anda memiliki rencana untuk tidak menggunakan printer dalam waktu yang sangat lama, jangan biarkan printer begitu saja. Minimal dua minggu sekali anda keluarkan dan anda gunakan untuk mencetak minimal satu atau dua lembar. Tujuannya adalah agar sisa – sisa tinta perinter yang ada di bagian mulut semprot tidak mengering. Bila hal ini tidak dilakukan, dan tinta printer mengering, hal ini jelas dapat menghambat jalannya tinta keluar.

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin bisa anda coba sendiri dirumah terhadap printer anda. Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda. Sekian dan terimakasih.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Yuliza Dewi,S.Pd

simple it's me
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0