Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / 11 Pilihan Profesi yang Bisa Dilakukan dari Rumah
11 Pilihan Profesi yang Bisa Dilakukan dari Rumah
0 Komentar | Dibaca 287 kali
Mulyawan @masmulyawan
09 March 2018

Ada banyak alasan mengapa tidak semua orang mau bekerja di sebuah perusahaan atau bekerja untuk orang lain. Misalnya, karena jam kerja yang ketat, deadline pekerjaan, potensi konflik dengan rekan kerja, atasan yang tidak cocok hingga lokasi kantor yang jauh dari tempat tinggal.

Oleh karena itu, banyak orang memilih untuk profesi atau pekerjaan yang bisa dilakukan rumah. Mungkin sebagian dari kamu merasa bingung, apa pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah dan memberikan penghasilan?

Dalam hal ini, tidak sedikit profesi atau pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah dan mampu menjamin kondisi finansial kamu.

Mau tahu apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah? Berikut ulasannya di bawah ini.

1. Freelance Writer

Untuk menjadi seorang freelance writer tentu saja kamu dituntut harus memiliki kemampuan menulis, mengarang dan mengedit. kamu bisa belajar menjadi penulis dari buku ataupun secara online.

Diperlukan latihan secara konsisten untuk bisa menjadi seorang penulis yang handal, namun hal itu sepadan. Pasalnya banyak industri yang membutuhkan jasa dari freelance writer.

2. Translator

Manfaatkan kemampuan berbahasa asing kamu sebagai sumber pendukung finansial. Sering kali klien menuntut translator untuk menunjukkan ijazah atau sertifikat tertentu. Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengikuti kelas atau tempat les tertentu yang akan memberikan kamu sertifikat setelah menyelesaikan studi.

Seorang translator juga diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar hasil terjemahan yang dibuat dapat dibaca dan dimengerti orang lain dengan mudah.

3. Web Developer

Saat ini banyak web developer yang memilih untuk bekerja secara freelance dari rumah dibandingkan kerja kantoran. Dengan terus berkembangnya teknologi membuat banyak pebisnis memutuskan untuk membuat website bagi perusahaan mereka dan kesempatan besar ini diambil oleh para web developer yang bosan bekerja kantoran.

Agar dipercaya oleh klien, seorang web developer dituntut untuk memiliki banyak pengalaman dan portfolio. Klien ingin memastikan bahwa website mereka dibuat secara profesional walaupun dikerjakan oleh seorang freelancer.

Di samping jam kerja yang lebih fleksibel dan banyaknya project yang bisa diambil, harga jasa seorang web developer terbilang fantastis. Satu website sederhana saja bisa dikenakan harga hingga ratusan juta rupiah, tergantung fungsi dan fitur apa yang diinginkan klien.

4. Virtual Assistant

Tidak seperti asisten pada umumnya, yang dimaksud dengan virtual assistant adalah seseorang yang membantu pekerjaan klien dari jarak jauh. Sebagai seorang virtual assistant kamu tidak harus beranjak dari rumah untuk bertemu dan mengurus keperluan klien, melainkan cukup dikerjakan dari rumah saja.

Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan virtual assistant antara lain mengerjakan pembukuan, membuat press release, mengelola akun media sosial, membuat konten, dan sebagainya. Profesi ini memungkinkan kamu untuk bekerja bagi sejumlah klien dengan bebas.

5. Social Media Manager

Profesi ini mengharuskan kamu untuk mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran media sosial untuk klien. Mengingat pekerjaan ini berhubungan dengan media sosial dan jaringan internet, tentu saja memungkinkan kamu untuk bekerja di mana saja termasuk di rumah.

Seorang social media manager harus mampu meningkatkan brand awareness perusahaan klien melalui pemasaran digital (digital marketing).

6. Blogger

Selain menyalurkan hobi menulis, seorang blogger juga bisa mendapatkan uang dari profesi ini. kamu dapat memilih untuk menjadi freelance blogger untuk memenuhi kebutuhan konten artikel klien.

Sebagai seorang blogger kamu harus mempunyai kemampuan memilih dan menulis topik yang sedang menjadi tren ataupun relevan dengan kebutuhan klien.

Jika kamu tidak menjadi seorang freelancer ataupun terikat dengan klien, kamu tetap bisa menerima pendapatan dengan cara menerima iklan yang akan dipasang di blog kamu.

7. Medical Transcriptionist

Seorang medical transcriptionist atau MT bertugas untuk menerjemahkan hasil laporan suara yang diberikan oleh dokter ke dalam format teks. Pasalnya tidak semua orang dapat memahami “bahasa” kedokteran walaupun sudah dijelaskan oleh dokter terkait.

Untuk bisa menjalani profesi ini tentu saja kamu harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang sangat baik. Walaupun tidak mudah, namun pekerjaan menerjemahkan ini bisa kamu lakukan di mana saja, dibutuhkan banyak orang dan menghasilkan pendapatan yang cukup menjanjikan.

8. Search Engine Optimization (SEO)

Mengingat kini hampir semua bisnis dan perusahaan (baik kecil maupun besar) menggunakan strategi digital marketing untuk memasarkan produknya, tentu saja mereka juga harus melibatkan SEO.

Seorang ahli SEO dapat bekerja di manapun dengan bermodalkan komputer atau laptop dan tentu saja jaringan internet. Selain itu, profesi SEO memungkinkan kamu untuk memiliki waktu yang sangat fleksibel untuk bekerja.

kamu yang tertarik menjalani bidang dan profesi ini wajib menguasai pengetahuan digital marketing, search engine hingga media sosial.

9. Call-Center Representative

Serupa dengan customer service, profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menjawab keluhan-keluhan dari klien kamu. Selain itu, kamu juga wajib mengetahui tentang produk maupun jasa klien dengan baik sehingga dapat memberikan jawaban yang tepat kepada pelanggan yang menghubungi kamu.

10. Data Entry

Tidak dibutuhkan latar belakang pendidikan khusus untuk bisa menjalani bidang ini. kamu hanya memiliki tanggung jawab untuk memasukkan data yang diberikan oleh klien kepada sistem tertentu. Selain mudah dan bisa dikerjakan dari rumah, kamu juga memiliki waktu kerja yang sangat fleksibel.

11. Online Educator

Jika kamu memiliki keahlian tertentu, coba untuk membagikannya dengan orang lain secara berbayar. Misalnya, membuka kelas memasak dengan resep yang lezat, membuat tutorial atau cara melakukan sesuatu.

Manfaatkan media sosial seperti YouTube untuk membuat dan menyebarluaskan video yang kamu buat. kamu bisa mendapatkan pemasukan dari iklan dan YouTube sendiri sesuai dengan persyaratan tertentu.

Ketika pekerjaan di rumah kamu menjadi besar dan memerlukan bantuan orang lain untuk mengerjakannya,  kamu perlu menemukan cara agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar tapi praktis.

Melakukan pekerjaan dari rumah memang bukan untuk semua orang, itu adalah pilihan bagi kamu yang berani mencoba sesuatu yang baru dan keluar dari zona nyaman bekerja di kantor.

Sementara itu, dalam mengelola penggajian karyawan freelance, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi penggajian yang mampu menyederhanakan proses administrasi SDM.

Tidak hanya untuk perusahaan besar, aplikasi penggajian karyawan juga bisa digunakan untuk UKM dan UMKM.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Makhrus Ali

Saya guru biologi sejak 01 Februari tahun 1998. Ijazah S1 Pendidikan MIPA Biologi FKIP Universitas Jember. ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0