Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan: Bukan Hanya Obat Sembelit, Lho
Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan: Bukan Hanya Obat Sembelit, Lho
0 Komentar | Dibaca 53 kali

Berbicara soal manfaat buah pepaya untuk kesehatan, mengobati sembelit barangkali hal pertama yang terlintas di pikiran Anda. Tapi, buah satu ini masih menyimpan segudang khasiat lainnya, Lantas, apa saja manfaatnya?

Secara keseluruhan, manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah pepaya adalah menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Selain itu, buah ini pun dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kecepatan kesembuhan luka.

1. Pepaya Sebagai Anti Inflamasi

Kandungan anti inflamasi atau anti radang di dalam buah pepaya sangat bermanfaat bagi para pasien penderita osteoporosis, edama, atau arthritis. Selain itu, zat tersebut pun dapat mencegah terjadinya kanker.

2. Pepaya untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam pepaya, termasuk beta karoten, dapat membantu meningkatkan sistem imun dari dalam tubuh Anda. Karenanya, buah ini pun baik dikonsumsi untuk mencegah terjadinya penyakit seperti flu, infeksi, dan pilek. Selain itu, pepaya juga baik untuk meredakan demam.

4. Pepaya untuk Meningkatkan Kondisi Tulang

Buah pepaya juga mengandung vitamin K yang sangat bermanfaat untuk tulang. Khasiat ini juga termasuk ketika Anda sedang memulihkan diri dari patah tulang.

5. Pepaya untuk Mencegah Gangguan Jantung

Adanya kandungan berbagai vitamin, serat, serta kalium di dalam pepaya sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam mencegah risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan meningkatnya asupan kalium di dalam tubuh yang terjadi bersamaan dengan menurunnya asupan natrium. Kedua hal tersebut merupakan faktor yang menurunkan risiko adanya penyakit kardiovaskular.

Kemudian, buah pepaya pun mengandung enzim yang baik untuk tubuh. Jenis-jenis enzim tersebut membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Makan, kadar kolesterol pun dapat ditekan sehingga risiko gejala sakit jantung pun ikut dicegah.

6. Pepaya untuk Membantu Pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang satu ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi keampuhannya. Hal ini disebabkan adanya kandungan enzim papain yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta melunakkan daging. Kemudian, kandungan kadar air dan serat yang tinggi di dalam pepaya juga baik untuk membantu mencegah sembelit dengan memperlancar buang air besar. Maka, saluran pencernaan pun menjadi sehat.

7. Pepaya untuk Mencegah Terjadinya Degenerasi Makula

Adanya senyawa eaxanthin antioksidan di dalam pepaya membantu melindungi mata Anda. Efeknya adalah menangkal terjadinya kerusakan degenerasi pada mata. Sebab, senyawa tersebut akan menyaring sinar biru yang berbahaya.

8. Pepaya untuk Mencegah Asma

Penelitian telah membuktikan bahwa penderita asma yang mendapatkan asupan beta karoten dalam jumlah yang sesuai dan teratur akan lebih jarang mengalami serangan asma. Selain pepaya, beta karoten juga dapat ditemukan di dalam labu, wortel, melon, dan brokoli.

9. Pepaya untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih, konsumsi pepaya secara teratur akan dapat membantu mengatasi isu tersebut. Dan penelitian juga menunjukkan bahwa hasil yang lebih efektif dapat dicapai dengan konsumsi jenis pepaya yang masih muda. Baca juga informasi mengenai manfaat buah pepaya untuk ibu hamil

10. Mengonsumsi Pepaya Secara Teratur Setiap Hari

Pilih buah yang sudah matang dan bisa dinikmati dengan berbagai cara. Misalnya, Anda bisa menyajikannya di dalam sepiring salad, meminumnya dalam bentuk jus, atau membuat smoothies dengan mencampurkan pepaya dengan pisang, yogurt, dan jus nanas. Konsumsilah buah ini dalam jumlah yang wajar untuk merasakan manfaat buah pepaya untuk kesehatan secara optimal.

Sumber: Cara Profesor

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Waskita Hadi

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  7

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0