Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Pendaftaran CPNS Lewat Sekolah Dinas Mulai Dibuka
Pendaftaran CPNS Lewat Sekolah Dinas Mulai Dibuka
0 Komentar | Dibaca 26884 kali

Pemerintah memberi peluang kepada masyarakat yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) melalui sekolahan kedinasan. Sebanyak 8 kementerian/lembaga (K/L) yang memiliki sekolah dinas telah membuka pendaftaran.

Kedelapan K/L tersebut adalah Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek dan Akademi). Total, jumlah siswa yang dibutuhkan mencapai 13.677 siswa.

Pendaftaran online mulai dibuka hari ini, Senin 9 April 2018 hingga 30 April 2018. Pendaftaran bisa dilakukan melalui https://sscndikdin.bkn.go.id.

Lantas, program studi apa yang ditawarkan? Apa saja syaratnya? Begini rangkuman beritanya.

Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS Badan Pusat Statistik membuka pendaftaran untuk 600 mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 mulai 9 April 2018. Nantinya, lulusan program ini akan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (ASN).

Dikutip dari keterangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Minggu (8/4/2018), adapun rinciannya ialah program studi (prodi) Statistika Program Diploma III sebanyak 150 mahasiswa. Di mana, jumlah ini termasuk 10 mahasiswa untuk program afirmasi dengan rincian Provinsi Papua 3 mahasiswa, Papua Barat 3 mahasiswa, Maluku 2 mahasiswa, dan Maluku Utara 2 mahasiswa.

Prodi Statistika Program Diploma IV sebanyak 300 mahasiswa. Lalu, prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV 150 mahasiswa.

Lebih lanjut, lulusan program Diploma III akan diangkat sebagai calon ASN golongan II/c dan ditugaskan sebagai ahli madya statistika di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat.

Kemudian, juga akan ditugaskan di Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Lulusan program Diploma IV akan diangkat sebagai calon ASN golongan III/a dan ditugaskan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor Badan Pusat Statistik pusat, provinsi, kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia.

“Selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dibebani biaya pendidikan dan akan diberikan uang saku (tunjangan ikatan dinas) sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku,” tulis pengumuman tersebut.

Sekolah Transportasi Butuh Ribuan Taruna

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka peluang untuk lulusan SMA Sederat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) lewat pendaftaran sekolah kedinasan untuk 2.676 formasi mahasiswa atau taruna/taruni. Jumlah itu terdiri dari 1.988 formasi Program Studi Pola Pembibitan Kemenhub dan 688 formasi Program Pola Pembibitan Pemda.

Lebih lanjut, untuk pendidikan transportasi sekolah darat, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) membuka beberapa program studi. Antara lain DIV Transdar (Transportasi Darat), DIII LLAJ (Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), DIII Perkeretapian, DIII LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan), DII PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor).

Lalu, Politeknik Keselamatan Transpotasi Jalan (PKTJ) Tegal membuka program studi DIV MKTJ (Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan), DIV TKO (Teknik Keselamatan Otomotif), DIII PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor).

Pendaftaran juga dibuka di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun. Untuk program studinya yakni DIII TBJP (Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian), DIII TEP (Teknik Elektronika Perkeretaapian), DIII MTP (Manajemen Transportasi Perkeretaapian), dan DIII TMP (Teknik Mekanika Perkeretaapian).

Sementara untuk pendidikan transportasi laut yakni melalui Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP). Program studi yang ditawarkan yakni DIV Nautika, DIV Teknika, DIV KALK (Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan). Pendaftaran juga dibuka di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dengan program studi DIV Nautika, DIX Teknika, DIV KALK.

Kesempatan itu juga dibuka Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar dengan program studi DIV Nautika, DIV Teknika, DIV KALK. Serta, di Politeknik Pelayaran Surabaya yaitu DIII Nautika, DIII Teknika, dan DIII Elektro Pelayaran.

Di pendidikan transportasi udara, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia membuka program studi DIV Penerbang, DIV TNU (Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara), DIV TLB (Teknik Listrik Bandara), DIV LLU (Lalu Lintas Udara), DIII TMB (Teknik Mekanikal Bandara), DIII PKP (Pertolongan Kecelakaan Pesawat), DIII TBL (Teknik Bandunan dan Landasan), DIII OBU (Operasi Bandar Udara).

Selanjutnya ada juga di Politeknik Penerbangan Surabaya dengan program studi DIII TPU (Teknik Pesawat Udara), DIII TBL (Teknik Bangunan dan Landasan), DIII MTU (Manajemen Transportasi Udara). Serta, di Akademisi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makkasar yang terdiri program studi DIII TLB (Teknik Listrik Bandara), DIII LLU (Lalu Lintas Udara), DIII TNU (Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara).

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) membuka pendaftaran mahasiswa baru sebanyak 7.301 mahasiswa. Lulusan mahasiswa ini nantinya akan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk Kementerian Keuangan maupun non-Kementerian Keuangan.

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendaftaran ini untuk Diploma I dan Diploma III.

Lebih lanjut, untuk Diploma I PKN STAN membuka pendaftaran untuk spesialisasi Kebendaharaan Negara dengan total kebutuhan 972 mahasiswa, spesialisasi Pajak 1.505 mahasiswa, dan Kepabeanan dan Cukai 677 mahasiswa.

Sementara, untuk program Diploma III terdiri dari spesialisasi Kebendaharaan Negara dengan kebutuhan 662 mahasiswa, spesialisasi Pajak 1.007 mahasiswa, spesialisasi PBB/Penilai 260 mahasiswa, Kepabeanan dan Cukai 103 mahasiswa, Manajemen Aset 137 mahasiswa, dan Akuntansi 1.978 mahasiswa.

Program ini terdiri dari beberapa kriteria. Antara lain program reguler yakni penerimaan mahasiswa baru dari seluruh Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan non Kementerian Keuangan. Ada juga program afirmasi yakni dikhususkan untuk putra-putri dari provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan di wilayah itu.

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Badan Intelijen Negara (BIN) membuka pendaftaran untuk lulusan SMA sederajat menjadi taruna/taruni di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Seleksi ini berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor B/224/M.SM.01.00/2018 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari siswa/siswi STIN Tahun Anggaran 2018.

Persyaratan umum pendaftarannya ialah peserta warga negara Indonesia, usia pada 1 Juli 2018 serendah-rendahnya 15 tahun dan tidak lebih 20 tahun, memiliki ijazah SMA sederajat bukan lulusan paket A,B, dan C.

Selanjutnya, pelamar belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan sampai dengan diangkat menjadi PNS. Pelamar wanita belum pernah melahirkan, sedangkan pelamar laki-laki belum pernah memiliki anak. Pelamar tidak pernah mengalami patah tulang.

Untuk persyaratan administrasi, pelamar memiliki surat izin orang tua/wali, fotocopy hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK. Lalu, fotocopy ijazah SMA/MA/SMK untuk lulusan tahun 2016 dan 2017 dengan nilai rata-rata 70, fotocopy rapor lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018 semester genap mulai kelas X sampai XI, rapor kelas XII semester I dengan rata-rata 70. Pelamar memiliki keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RUSD, surat keterangan bebas Narkoba, SKCK dari kepolisian setempat.

Selain itu ada persyaratan khusus jalur undangan yakni IQ di atas 120 dengan nilai rapor rata-rata 80, atau juara olimpiade minimal tingkat provinsi dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata di atas 75, atau memiliki prestasi bela diri dan bahasa dengan IQ di atas 110 dan nilai rata-rata di atas 75.

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Kementerian Dalam Negeri membuka kesempatan untuk putra putra Indonesia mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun 2018. Jumlah kuota untuk calon praja IPDN ini sebanyak 2.000 orang.

Foto: Tri Ispranoto/detikcom
Sumber gambar : https://akcdn.detik.net.id/community/media/visual/2016/04/27/ba1852ec-bd5b-4701-9813-03f7199f9431_169.jpg?w=650&q=90

Adapun persyaratan umum pendaftaran calon praja ini antara lain pelamar merupakan warga negara Indonesia, usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun hingga tanggal 1 September 2018. Kemudian tinggi badan bagi pria minimal 160 cm dan wanita 155 cm.

Terkait persyaratan lain, pelamar serendah-rendahnya berijazah SMA/MA jurusan IPA/IPS termasuk lulusan Paket C. Lebih rinci, nilai rata-rata ijazah minimal 70,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah pada pendaftar lulusan tahun 2015-2018. Kemudian, bagi Provinsi Papua dan Papua Barat nilai rata-rata ijazah minimal 65,00 dari masing-masing nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah bagi pendaftar lulusan tahun 2015-2018.

Kemudian memiliki KTP elektronik bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau kartu keluarga (KK) yang belum memiliki KTP elektronik. Bila belum memiliki KTP elektronik atau KK, pelamar menggunakan surat keterangan kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP elektronik dengan NIK yang sama pada saat mendaftar website.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) memberi kesempatan untuk lulusan SMA mengikuti seleksi sekolah kedinasan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim). Adapun jumlah kuota yang disediakan ialah 600 orang.

Lebih lanjut, kuota untuk formasi Poltekip 300 orang. Jumlah itu terdiri dari pria 225 pria (taruna) dan wanita 75 wanita (taruni). Kemudian, kuota untuk Poltekim sebanyak 300 orang. Jumlah ini juga terdiri dari 225 taruna dan 75 taruni.

Untuk mendaftar sekolah dinas ini, ada beberapa persyaratan yang dipenuhi pelamar. Antara lain, pelamar merupakan warga negara Indonesia, pendidikan SMA sederajat dengan nilai rata-rata yang terdapat dalam ijazah sekurang-kurangnya 7 (skala 1-10) atau 70 (skala 10-100) atau 2,85 (skala 1-4). Nilai Bahasa Inggris pada rapor kelas XII sekurang-kurangnya 7 (skala 1-10) atau 70 (skala 10-100) atau 2,85 (skala 1-4).

Usia pada tanggal 1 April 2018 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih 22 tahun. Tinggi badan minimal 165 cm pria dan 158 cm wanita. Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata, tidak tuli dan buta warna.

Pria tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya kecuali disebabkan ketentuan agama atau adat. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga.

Pelamar belum pernah menikah dibuktikan dengan surat keterangan dari lurah/kepala desa dan sanggup tak menikah selama pendidikan.

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) membuka pendaftaran siswa baru untuk 100 orang. STSN sendiri merupakan sekolah dinas di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Persyaratan umum untuk pelamar antara lain warga negara Indonesia. Kemudian lulusan SMA jurusan IPA, Madrasah Aliyah jurusan IPA, atau SMK di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Nilai matematika dan Bahasa Inggris (teori/pengetahuan) masing-masing minimal 80 pada semester IV dan V. Usia pelamar serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih 21 tahun pada tanggal 31 Desember 2018.

Syarat administrasi antara lain surat lamaran kepada Ketua STSN ditulis dengan tinta hitam bermaterai Rp 6.000. Fotocopy rapor semester IV dan V dan identitas diri rapor yang telah dilegalisir.

Pelamar juga menyediakan fotocopy ijazah/transkip nilai ujian nasional yang telah dilegalisir. Pelamar mesti memiliki surat SKCK dari kepolisian sektor setempat.

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) membuka pendaftaran untuk 250 taruna baru untuk tahun akademik 2018/2019. STMKG merupakan sekolah tinggi di bawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Adapun program studi yang dibuka ialah Meteorologi 112 taruna, Klimatologi 26 taruna, Geofisika 24 taruna, Instrumentasi MKG 88 taruna.

Persyaratan umum untuk pendaftar ialah pria dan wanita warga negara Indonesia. Pelamar sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) maksimal 2 dan tidak silinder.

Umur peserta tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih 21 tahun pada 1 September 2018. Pelamar belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.

Lalu, pelamar mesti bebas narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah. Tinggi badan minimal 163 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk wanita.

Persyaratan akademik yakni lulus/akan lulus SMA/MA jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi teknik elektronika industri, teknik mekatronika, teknik jaringan akses, teknik transmisi telekomunikasi, rekayasa perangkat lunak, teknik komputer dan jaringan.

Bagi yang belum lulus sebelum tahun 2018 nilai ijazah untuk mata pelajaran fisika, matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 dari skala 100. Lalu bagi yang akan lulus tahun 2018 nilai rapor untuk tiga semester (3,4,5) pada mata pelajaran fisika, matematika, Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 dari skala 100.

 

Sumber berita : https://finance.detik.com/lowongan-kerja/d-3960738/pendaftaran-cpns-lewat-sekolah-dinas-mulai-dibuka/1

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

mukh salim

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0