Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / 4 Tips Bisnis Peternakan Ayam Broiler Agar Sukses
4 Tips Bisnis Peternakan Ayam Broiler Agar Sukses
0 Komentar | Dibaca 224 kali
Hasan Joe @hasanjoe
03 April 2018

Persaingan dari peternakan ayam broiler semakin ketat. Hal itu dikarenakan banyak yang melirik bisnis ini sebagai usaha yang menguntungkan. Tingginya permintaan pasar dan juga peluang bisnis yang besar membuatnya sangat menggiurkan. Faktor lainnya yang membuat bisnis ini menarik adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar karena bisa dilakukan dengan skala kecil. Selain itu ayam broiler cepat panen sehingga tidak menunggu waktu lama untuk dijual dan menghasilkan uang kembali. Perputaran modal yang cepat membuat bisnis ini banyak diminati. Karena persaingan yang ketat, penting bagi peternak ayam broiler  untuk mengetahui kiat apa saja yang bisa membuat peternakan ayam broiler yang digelutinya sukses dan mampu bersaing. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

Memiliki Ilmu dan Wawasan yang Cukup

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membuat peternakan ayam broiler menjadi sukses adalah memiliki ilmu dan wawasan yang cukup. Sebelum menggeluti bisnis ini memang sangat disarankan untuk memiliki ilmu terlebih dahulu. Jangan sampai bisnis yang digeluti dijalankan dengan asal-asalan. Akan lebih bagus lagi jika Anda memiliki pengalaman dalam bidang ternak ayam ini, sehingga tidak hanya ilmu saja yang dimiliki namun juga memiliki skill di dalamnya. Untuk bisa mendapatkan ilmu dan wawasan ini bisa dengan berbagai cara misalnya saja mengikuti seminar, ikut komunitas, dan bisa bertanya secara langsung ke peternak yang sudah berpengalaman.

Mental Pebisnis

Tidak hanya ilmu dan wawasan saja yang harus diperhatikan namun juga harus memiliki mental pebisnis. Mental inilah yang akan membuat peternakan ayam broiler ini menjadi sukses. Sebagus apapun ilmu dan skill yang dimiliki kalau mental pebisnis ini tidak dimiliki akibatnya ketika usaha mengalami masalah atau kerugian maka dirinya tidak akan bisa bangkit lagi. Oleh sebab itulah mental pebisnis ini sangat diperlukan. Hampir 90% orang yang menekuni bisnis siap untuk sukses, namun hanya 10% saja yang siap untuk gagal. Padahal yang namanya bisnis untung dan rugi adalah sesuatu hal yang lumrah.

Daging yang Berkualitas

Konsumen selalu mencari daging yang berkualitas. Sekali saja membuat kesalahan maka bisnis yang digeluti akan terkena imbasnya. Oleh sebab itu bagi yang ingin menggeluti bisnis peternakan selalu sediakanlah daging yang berkualitas. Selain menjamin proses produksi peternakan sesuai dengan standar, untuk menjamin kualitas daging di peternakan bisa dengan bekerja sama pihak-pihak terkait misalnya dinas peternakan yang bisa menjamin jika daging yang Anda jual tersebut berkualitas. Tidak hanya peternak ayam saja yang bisa bekerja sama dengan dinas ini, namun peternak sapi, kambing dan peternak lainnya yang membutuhkan pengakuan dari dinas jika daging yang disediakan oleh peternakan berkualitas. Sering sekali isu dan rumor tidak sedap menimpa peternak yang berjualan daging sehingga kerja sama dengan dinas ini sangat diperlukan. Masyarakat tidak akan mudah percaya jika tidak ada yang bisa meyakinkan mereka.

Harga yang Kompetitif

Untuk bisa menjadi peternak yang sukses penting untuk memberikan harga yang kompetitif. Harga yang kompetitif ini bukan banting harga, namun bisa dijual dengan harga normal daging yang ada di pasaran. Bisa juga dijual dengan harga sedikit di bawah harga normal, dengan begitu akan banyak konsumen yang datang dan membeli daging tersebut.

Berbisnis memang tidak semudah yang dibayangkan, dikarenakan ada beberapa kiat yang harus dilakukan untuk membuat bisnis tersebut menjadi sukses dan juga sesuai rencana. Jika ingin berbisnis dalam ternak broiler, lakukanlah beberapa cara di atas agar peternakan ayam broiler Anda meraih kesuksesan.

Via : https://ayamkita.com/bisnis-peternakan-ayam-broiler/

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

HARYONO

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0