Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Kelebihan Dan Kekurangan Radio
Kelebihan Dan Kekurangan Radio
0 Komentar | Dibaca 58 kali

Pada saat ini ada banyak sekali media komunikasi yang digunakan manusia, salah satunya adalah Radio. Media yang satu ini sudah sangat lama dikenal oleh manusia dan hingga kini masih belum tergeserkan dengan media yang lain, meski pun sudah ada media yang jauh lebih canggih. Namun ada kalanya mendengarkan radio itu bisa memberikan ketenangan dan kesenangan tersendiri. Pada saat audiens menyalakan radio maka segala informasi yang disajikan akan diperdengarkan melalui audio tanpa visual seperti yang ada di media televisi. Karena masih banyak orang yang menikmati radio, maka hingga kini pun radio juga masih laris sebagai media pemasaran atau beriklan. Tentunya sebagai media komunikasi yang diciptakan oleh manusia tetap saja ada Kelebihan dan Kekurangan Radio. Apa saja Kelebihan dan Kekurangan Radio itu?

Kelebihan Radio

Sebaiknya dalam membahasa Kelebihan dan Kekurangan Radio ada baiknya jika pembahasannya dilakukan satu persatu. Pertama, akan dibahas mengenai kelebihan dari radio terlebih dulu. Jika dibandingkan dengan media yang lainnya, maka radio ini memiliki kesan yang ramah dan akrab. Karena pada saat Anda mendengarkan radio Anda juga bisa langsung bercakap-cakap dengan sang penyiar melalui telepon pada kesempatan yang diberikan. Lebih mudah menelepon radio dari pada televisi oleh karena itu banyak yang merasa bahwa radio itu lebih ramah dan akrab. Kemudian radio bisa didengarkan dimana saja kapan saja sembari Anda melakukan kegiatan Anda, jika Anda perhatikan ada banyak orang yang suka mendengarkan radio saat berkendara, saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, saat di kantor dan lain sebagainya, padahal pada saat itu Anda juga melakukan berbagai pekerjaan. Dalam hal pengiklanan tentunya hal ini menjadikan peluang yang besar bagi para pengiklan untuk bisa mengiklankan produk atau jasanya di radio, meski tidak bisa melihat secara visual, namun hal itu sudah lumayan efektif untuk memberitahukan kepada pendengar tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Kekurangan Radio

Dari Kelebihan dan Kekurangan Radio itu, kini akan dibahas mengenai kekurangan dari radio sebagai media komunikasi. Salah satu kekurangan radio adalah sering kali pada saat cuaca sedang tidak bagus, membuat frekuensi radio menjadi terganggu sehingga siaran radio yang ingin Anda dengarkan tidak bisa Anda dengarkan dengan baik. Ini adalah kekurangan terbesar dari radio yang sering kali membuat pendengarnya merasa jengkel dan memilih untuk mematikan radio. Sehingga tidak ada informasi yang bisa didengarkan sama sekali saat frekuensi terganggu. Selain itu juga sering kali frekuensi radio bisa bergeser sehingga dalam jangka waktu tertentu Anda perlu mencari kembali frekuensi stasiun radio yang Anda sukai. Bagi pengiklan yang memanfaatkan radio sebagai media pemasarannya tentu hal ini sangat merugikan karena ketika Anda sudah memasang iklan di radio tersebut, namun justru tidak ada pendengar yang bisa mendapatkan informasi tentang produk atau jasa Anda karena adanya gangguan.

Setelah mengetahui tentang Kelebihan dan Kekurangan Radio itu maka pastinya jika Anda sebagai pengiklan akan merasa bingung hendak beriklan di radio atau tidak. Alih-alih beriklan di radio, mengapa Anda tidak langsung mencari metode pengiklanan yang jauh lebih efektif di zaman sekarang ini? Anda bisa menggunakan jasa dari Arfadia sebagai salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pemasaran terbaik melalui berbagai media yang akan membantu Anda dalam memasarkan produk dan jasa dengan lebih efektif. Metode yang digunakan Arfadia dalam melakukan pemasaran melalui offline, cetak, elektronik, sosial media, dan internet sangat berbeda dengan kebanyakan jasa pengiklan lainnya. Mereka benar-benar menggunakan metode paling ampuh berdasarkan penelitian yang mereka lakukan sendiri untuk mendapatkan metode pemasaran yang efektif.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

jolakspoepa

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0