Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Mengenal parket sebagai lantai yang terbuat dari kayu
Mengenal parket sebagai lantai yang terbuat dari kayu
0 Komentar | Dibaca 100 kali
WijdanSR @wijdansr
08 June 2018

Mengenal parket lantai kayu – Mungkin kita hanya mengenal lantai itu dari keramik atau granit. Yah hal itu wajar juga sih mengingat kedua lantai itu merupakan lantai yang paling sering diterapkan pada hunian. Dimana-mana ada lantai keramik, Toko bangunan juga menyediakan lantai keramik bukan lantai kayu sehingga wajar bila lantai kayu terkesan Tabu.

Namun, pasti anda pernah melihat bukan lantai kayu yang terpasang pada sebuah hunian, misalnya pada tempat ibadah atau sara olahraga, bagaimana ekspresi anda ketika itu? rata-rata orang berfikir, “Wooww Keren, unik, nyaman juga yah” dan lain-lain. Akhirnya dengan melihat salah satu contoh pemasangan lantai kayu tersebut membuat kita penasaran mencari tahu lantai kayu tersebut dari mulai info penjual lantai kayu, kekurangan dan kelebihan lantai kayu hingga harga lantai kayu tersebut.

mengenal lantai kayu parket

Mengenal Lantai kayu

Lantai kayu adalah jenis lantai yang terbuat dari kayu, Namun jangan samakan jenis lantai kayu parket modern sekarang dengan lantai kayu yang ada dipedesaan karena banyak perbedaannya. Dengan kualitas coating di era modern ini membuat penampilan lantai kayu memnjadi lebih elegan dan cocok diterapkan pada hunian mewah.

Lantai kayu pada umumnya terbuat dari kayu asli atau sering juga disebut kayu Solid. Kayu-kayu yang digunakan untuk lantai kayu haruslah yang memiliki tingkat kekerasan tinggi dan tingkat awet baik. Tingkat kekerasan yang baik pada kayu tentu dibutuhkan agar kayu-kayu yang telah terpasang pada lantai tidak mudah mengerucut dan mengembang.

Tidak hanya tingkat kekerasan pada kayu, tingkat keawetan kayu juga sangat diperlukan mengingat lantai adalah bagian pada rumah yang sering sekali digunakan sebagai tempat beraktifitas serta harus bisa sama awetnya dengan bahan material lain seperti dinding dan atap pada hunian.

mengenal lantai kayu parket

Ada beberapa jenis kayu rekomendasi untuk lantai parket ini, yaitu : kayu Jati, Merbau, sonokeling, Sungkai, keruing dan Bengkirai. Kayu-kayu yang disebutkan tadi adalah jenis kayu yang memiliki tingkat keawetan serta kekerasan yang tinggi sehingga layak dijadikan parket lantai.

Selain terbuat dari kayu solid, ada juga jenis parket lantai yang terbuat dari serbuk kayu dan diolah dengan teknologi pabrik untuk menghasilkan lempengan lantai. lantai ini disebut laminated flooring. Dengan corak kayu sintetis serta bahan utama serbuk kayu tentu akan membuatnya sangat mirip dengan  lantai kayu solid.

mengenal lantai kayu parket

Pada umunya, bentuk lantai parket itu berbentuk papan memanjang, berbeda dengan lantai keramik yang berbentuk persegi. parket-parket kayu disusun diatas permukaan lantai sampai menutupi seluruh permukaan lantai.

Lantai kayu parket banyak diaplikasikan akhir-akhir ini karena itu tadi, keunikan, kenyamanan serta estetika pada lantai kayu yang tidak dimiliki oleh jenis lantai lain.

Dalam penempatannya, lantai kayu terbagi menjadi dua jenis yaitu lantai kayu Indoor dan lantai kayu outdoor. Kedua jenis lantai kayu ini tentu berbeda disesuiakan dengan kondisi cuaca dan keadaan sekitar. Misalnya saja lantai kayu outdoor memiliki ukuran yang lebih besar dan cara pasangnya diberi jarak tiap papan sebagai tempat mengalirnya air.

mengenal lantai kayu parket

Demikian ulasan mengenal parket lantai sebagai penutup lantai dari kayu.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

jacky cong

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0