Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Peran Software Media Pembelajaran Menjadi Vital Bagi Sekolah
Peran Software Media Pembelajaran Menjadi Vital Bagi Sekolah
0 Komentar | Dibaca 38 kali

Perkembangan tekhnologi tidak bisa dipungkiri oleh siapapun, karena hal ini membawa dampak tersendiri bagi pengguna tekhnologi. Setiap sesuatu pasti ada manfaat dan mudharat yang menyertainya. Karena inilah hidup, kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan selektif supaya kita tidak termasuk orang yang dirugikan oleh perkembangan yang sangat pesat ini.

Seperti halnya media pembelajaran yang saat ini sudah banyak pembaharuan-pembaharuan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Media pembelajaran saat ini berevolusi dari manual ke elektronik. Hal ini untuk efisiensi waktu dan sangat efektif untuk dilakukan sesuai perkembangan zaman saat ini.

Software Media Pendidikan Pembelajaran Sekolah

Saat ini sudah banyak yang menjual software untuk menunjang media pembelajaran peserta didik. Seperti software media pendidikan (e-content) dan software perpustakaan (e-library). Dengan demikian, peserta didik tidak kesulitan lagi untuk belajar di luar sekolah, karena mereka sudah bisa mengakses buku-buku elektronik yang mereka butuhkan, untuk mengechek ketersediaan buku yang ada di perpustakaan tersebut, dan untuk menyimpan materi-materi pelajaran. Dengan demikian, peserta didik akan sangat menyukainya karena mereka tidak perlu pergi ke perpustakaan sudah bisa mengakses buku yang mereka butuhkan.

Dengan demikian, para peserta didik bisa belajar mandiri untuk menambah pengetahuan mereka. Mereka akan mulai memahami bahwa belajar tidak hanya di sekolah, akan tetapi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan ada kemauan.

Proses Belajar Mengajar dengan menggunakan SIDIA

Kemudian software wajib memiliki kelebihan sebagai berikut,

  1. Boleh digunakan oleh siapa saja dan sebanyak apapun, artinya pengguna tidak terbatas (multi user).
  2. Setiap pengguna memiliki akun masing-masing, dilengkapi dengan username dan password. Masing-masing pengguna hanya bisa memiliki satu akun.
  3. Seluruh konten dapat ditambah dan diperbarui, sehingga tidak akan ketinggalan zaman. Inilah beberapa fitur yang dimiliki oleh software media pembelajaran.

Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas antara lain,

  1. E-learning yang dapat diakses oleh guru maupun peserta didik dan dapat disimpan di komputer. Sehingga guru maupun peserta didik bisa mengunjunginya kapan saja.
  2. E-library merupakan salah stau fasilitas yang berfungsi menyediakan informasi pembelajaran melalui perangkat digital yang sangat canggih.
  3. E-book merupakan sebuah buku elektronik yang dapat diakses oleh siapapun melalui perangkat elektronik. Dengan fasilitas-fasilitas di atas pada dasarnya adalah untuk memudahkan guru dan peserta didik dalam mengakses informasi sebagai media pembelajaran yang populer saat ini.

Namun, kita perlu berhati-hati dalam memilih software yang akan digunakan, karena sudah banyak yang menjual software sebagai media pendidikan. Jadi, kita harus memilih software yang terbaik agar software yang dibeli menjadi vital dan bermanfaat dalam proses belajar mengajar.

Untuk menghindari hal tersebut, kita harus teliti dan melakukan beberapa pengecekan. Karena bisa saja software yang dibeli malah tidak sama dengan kurikulum sekolah atau software yang dibeli malah sulit untuk dioperasikan. Dengan demikian, kita harus mengetahui tujuan membeli software, apakah membeli software sebagai media sistem pendidikansoftware permainan, atau software komplemen pembelajaran di sekolah si anak. Kemudian kita pastikan bahwa software tersebut bisa dioperasikan di berbagai alat elektronik yang dimiliki seperti, komputer, laptop, smartphone dan lain sebagainya.

SIDIA (Sistem Edukasi Arfadia) hadir untuk menjawab permasalahan dalam menentukan software tepat untuk media pembelajaran di sekolah.

SIDIA sangat mudah digunakan baik oleh Guru, Siswa dan Administrasi Perpustakaan / Sekolah. SIDIA dapat menambah, mengubah, menghapus konten materi, multimedia, buku, video dan soal / kuis.

SIDIA memiliki nilai lebih pada materi lengkap berupa multimedia interaktif dan video pembelajaran yang disesuaikan dengan Kurikulum Pendidikan yang berlaku baik itu K13 maupun KTSP. SIDIA juga menyediakan fitur Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar sebagai pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas

SIDIA juga berfungsi untuk menyimpan dan menata software E-Book serta bisa di download secara gratis dalam berbagai bentuk type file, Dapat dan mudah di edit sesuai dengan keinginan pengguna dalam menyimpan E-Book.

Aplikasi Media Pendidikan Pembelajaran Interaktif Sekolah

SIDIA juga terdapat Aplikasi E-Library atau Manajemen Perpustakaan yang mudah dikembangkan untuk mendukung manajemen perpustakaan, Dilengkapi dengan fitur perencanaan administrasi pengadaan buku baru, Pengklasifikasian dokumen secara dinamis sekurang-kurangnya system klasifikasi perpustakaan pada umumnya, Master klasifikasi dokumen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah antara lain setting dokumen yang bisa mengeset profil tiap dokumen seperti bisa tidak, denda, telat batas peminjaman/dipinjam, Memiliki setting akses dengan klasifikasi administrator, petugas perpustakaan, pimpinan, tamu dan anggota tiap jenis pemakai memiliki akses yang berbeda menu-menunya;

SIDIA mendukung barkode dan dapat mencetak sendiri kode barkode untuk buku. Dilengkapi dengan fungsi abstraksi dan visualisasi gambar buku. Dilengkapi fitur Atribut Dokumen mulai abstraksi buku lokasi, buku kode ISBN,dll yang dapat di tambahkan secara dinamis pada setiap dokumen. Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan informasi jumlah koleksi dokumen yang beredar diluar;

Pengadaan Media Pendidikan Pembelajaran TIK

SIDIA juga dilengkapi juga aplikasi yang dapat mencetak kartu anggota perpustakan siswa. Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan laporan buku favorit, buku jatuh tempo,status; dan Memiliki fasilitas authoring tools, dengan fitur antara lain :

  • Alat bantu bagi guru untuk membuat buku sekolah elektronik berbasis multimedia;
  • Secara terintegrasi dapat menampung teks, gambar, audio, video, animasi, tabel, integratif diagram, shapes, button, checkbox, image gallery dan animasi;
  • Fitur pratinjau yang dapat digunakan sebagai perangkat presentasi;
  • Memiliki koleksi clip-art;
  • Fitur penambahan halaman yang tidak terbatas.

 

Masih banyak fitur-fitur SIDIA lainnya. Silahkan hubungi SIDIA di 0215272455 / 08118867897 atau kunjungi kantor SIDIA di sini

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Azma Tsabita Azzahra

Namaku Azma Tsabita Azzahra Aku sekolah di SDI CAHAYA ISLAM Umurku sekarang 9 Tahun
Daftar Artikel Terkait :  2

Kategori

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0