Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Bahaya Membeli Smartphone Murah dari Black Market
Bahaya Membeli Smartphone Murah dari Black Market
0 Komentar | Dibaca 49 kali
Tania Bae @berita
27 July 2018

Kehadiran smartphone baik berbasis Android maupun iOS berhasil memiliki popularitas dan tempat tersendiri di hati masyarakat. Hal ini terbukti dengan tingkat permintaan pasar akan smartphone yang terus meningkat. Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, saat ini smartphone telah hadir dengan berbagai inovasi canggih yang dapat memudahkan sebagian urusan manusia seperti belanja bulanan, memesan makanan, bahkan jika Anda jeli melalui smartphone Anda bisa mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu, tidak heran jika smartphone selalu dicari dan tidak pernah sepi peminat, terutama jenis smartphone murah yang sudah pasti akan laku keras dipasaran.

Memilih smartphone yang tepat agar bisa sesuai dengan kebutuhan memang tidak mudah, terlebih lagi setiap vendor ternama selalu merilis seri smartphone terbarunya dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni sehingga membuat Anda bingung menentukan pilihan. Akan tetapi, umumnya smartphone kelas atas dengan fitur yang canggih selalu dibanderol dengan harga tinggi, oleh karena itu, hadirnya black market yang menawarkan smartphone setara kelas atas namun dengan harga yang murah langsung banyak diminati oleh masyarakat. Namun, sebaiknya Anda mengetahui bahaya membeli smartphone melalui black market seperti di bawah ini, antara lain:

  • Meskipun smartphone black market di tawarkan dengan jaminan asli atau barang ori, namun tidak jarang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memalsukan smartphone tersebut atau menjual smartphone replika.
  • Karena black market merupakan pasar tidak resmi, oleh karena itu Anda juga tidak akan mendapatkan garansi secara resmi sehingga tidak dapat melakukan klaim produk jika terjadi kerusakan nantinya.
  • Anda juga perlu waspada karena saat ini pemerintah sedang memberantas ponsel black market dengan memblokir nomor IMEI pada smartphone Anda secara sepihak.
  • Umumnya smartphone black market akan lebih rentan mengalami kerusakan. Meskipun smartphone tersebut didatangkan dari luar negeri, akan tetapi karena tidak adanya garansi resmi, maka justru dapat membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih mahal saat memperbaikinya.

Selain beberapa bahaya di atas, Anda juga harus jeli memeriksa setiap komponen dan fitur jika membeli sebuah smartphone melalui black market. Karena banderol harga yang terbilang murah, tidak jarang di temui kasus kapasitas ROM atau memori internal yang tidak sesuai dengan deskripsi produk atau abal-abal sehingga akan mempengaruhi performa smartphone tersebut saat Anda gunakan.

Itulah ulasan mengenai bahaya membeli smartphone murah melalui pasar black market yang bisa Anda jadikan pertimbangan jika ingin membeli smartphone melalui pasar ilegal tersebut. Meskipun harga smartphone yang dijual melalui pasar resmi terbilang lebih mahal, namun hal tersebut juga akan lebih menjamin kualitas smartphone tersebut. Selain itu, membeli smartphone melalui distributor resmi Anda juga akan mendapatkan masa garansi sehingga tidak perlu khawatir dengan kualitas smartphone tersebut.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

SUBAIDI

Dunia saya luas tidak berbatas, dari yang real hingga yang maya, dari yang putih hingga yang hitam, masa r ...
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0