Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Informasi Umum

Beranda / Informasi Umum / Obat Alami TBC Paru Paling Ampuh
Obat Alami TBC Paru Paling Ampuh
0 Komentar | Dibaca 525 kali

Obat alami TBC paru paling ampuh – Tuberkulosis paru (TB paru) adalah penyakit infeksi pada paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis (M. tb) yang ditemukan pada tahun 1882 oleh Robert Koch. Kuman ini tumbuh lambat dan membelah diri setiap 18 – 24 jam pada suhu yang optimal. Kuman M.tb tumbuh dan berkembang biak pada tekanan O2 140 mmH2O di paru. Kuman M.tb berbentuk agak bengkok atau berbentuk batang lurus dan pada biakan invitro mempunyai ukuran panjang 1 – 4 mm dan tebal 0,3 – 06 mm. Basil TB di jaringan pejamu yang sakit mempunyai bentuk karakteristik yang berbeda. Bila M.tb ditanam / dibiak pada sel manusia maka tampak lebih panjang dan lebih bengkok. Penularan biasanya melalui udara yaitu dengan inhalasi droplet nuklei yang mengandung M.tb. Droplet nuklei berasal dari penderita TB paru atau TB laring ketika bersin, batuk, bicara atau menyanyi. Droplet nuklei yang berukuran 1 – 5 mikron dapat menembus sistem mukosilier saluran napas sehingga dapat mencapai dan bersarang di bronkus dan alveol membentuk sarang pneumonik yang disebut lesi primer. Terjadinya infeksi paru tergantung pada konsentrasi droplet nuklei, lamanya pajanan, virulensi bakteri dan kemampuan fagosit makrofag alveolar. Makrofag di dalam alveol akan memfagositosis sebagian kuman TB tetapi belum mampu membunuhnya sehingga kuman TB di dalam makrofag umumnya tetap dapat hidup dan berkembang biak (multiplikasi kuman). Kuman TB yang menyebar melalui saluran limfe mencapai kelenjar limfe regional sedangkan yang melalui aliran darah akan mencapai berbagai organ tubuh.

Mekanisme imun yang utama pada TB adalah respons imun nonspesifik maupun spesifik terhadap antigen yang berasal dari kuman TB. Kuman TB hidup sebagai parasit intrasel, sehingga daya pertahanan tubuh yang terpenting terhadap kuman tersebut dilakukan oleh cellular mediated immunity (CMI) dan delayed type hypersensitivity (DTH). Respons CMI akan menimbulkan akumulasi dan aktivasi makrofag melalui sel limfosit T spesifik, sedangkan DTH akan menghasilkan kerusakan jaringan. Sebagian besar penderita TB paru primer sembuh dan membentuk granuloma. Granuloma terbentuk bila penderita memiliki respons imun yang baik walaupun sebagian kecil mikobakterium hidup dalam granuloma dan menetap di tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama. Granuloma membatasi penyebaran dan multiplikasi kuman. Biasanya 2 – 10 minggu setelah terinfeksi M.tb, respons imun akan menghambat multiplikasi dan penyebaran basil TB lebih lanjut, tetapi beberapa berada dalam keadaan dorman dan tetap hidup selama beberapa tahun. Hal ini disebut sebagai infeksi TB laten dan biasanya uji tuberkulin positif tetapi tidak ada gejala TB aktif dan tidak infeksius. Kuman dari 10% individu yang terkena infeksi TB primer akan berkembang menjadi TB aktif dalam beberapa bulan atau beberapa tahun setelah infeksi.

Akumulasi kuman TB akan menstimulasi fokus inflamasi menjadi granuloma yang ditandai oleh gambaran infiltrat sel mononuklear yang mengelilingi inti epiteloid berdegenerasi dan sel raksasa multinuklear yang disebut lesi tuberkel. Tuberkel ini diliputi fibrin dengan bagian sentralnya menjadi nekrosis kaseosa. Pecahnya tuberkel kaseosa akan menghasilkan kaviti yang menyebabkan sejumlah kuman TB dilepaskan ke dalam sputum. Kemudian kuman TB akan menyebar melalui aliran limfatik menuju kelenjar getah bening hilus / mediastinum dan duktus torasikus atau secara langsung masuk sirkulasi melalui erosi tuberkel ke dalam pembuluh darah. Pada gambar 1 dapat dilihat perkembangan kuman M.tb yang bisa menyebabkan infeksi primer paru dan TB paru pascaprimer.

Diagnosis TB Ekstra Paru

  • Gejala dan keluhan tergantung organ yang terkena, misalnya kaku kuduk pada Meningitis TB, nyeri dada pada TB pleura (Pleuritis), pembesaran kelenjar limfe superfisialis pada limfadenitis TB dan deformitas tulang belakang (gibbus) pada spondilitis TB dan lain-lainnya.
  • Diagnosis pasti sering sulit ditegakkan sedangkan diagnosis kerja dapat ditegakkan berdasarkan gejala klinis TB yang kuat (presumtif) dengan menyingkirkan kemungkinan penyakit lain. Ketepatan diagnosis bergantung pada metode pengambilan bahan pemeriksaan dan ketersediaan alat-alat diagnostik, misalnya uji mikrobiologi, patologi anatomi, serologi, foto toraks, dan lain-lain.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEMBUHAN

Jenis kelamin (gender)

Secara epidemiologi dibuktikan terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hal prevalensi infeksi, progresiviti penyakit, insidens dan kematian akibat TB.Perkembangan penyakit juga mempunyai perbedaan antara laki-laki dan perempuan yaitu perempuan mempunyai penyakit yang lebih berat pada saat datang ke rumah sakit. Perempuan lebih sering terlambat datang ke pelayanan kesehatan dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini mungkin berhubungan dengan aib dan rasa malu lebih dirasakan pada perempuan dibanding laki-laki. Perempuan juga lebih sering mengalami kekhawatiran akan dikucilkan dari keluarga dan lingkungan akibat penyakitnya. Hambatan ekonomi dan faktor sosioekonomi kultural turut berperan termasuk pemahaman tentang penyakit TB paru.

 WHO melaporkan setiap tahunnya penderita TB paru 70% lebih banyak pada laki-laki dibandingkan perempuan. Secara umum perbandingan antara perempuan dan laki-laki berkisar 1/1,5 – 2,1. Kebanyakan di negara miskin dilaporkan 2/3 kasus TB pada laki-laki dan 1/3 pada perempuan. Nakagawa dkk melaporkan pada perempuan ditemukan diagnosis yang terlambat, sedang laki-laki lebih cenderung pergi ke pelayanan kesehatan ketika mereka mengetahui pengobatan TB gratis, sedangkan perempuan tidak.

Amazon Plus Obat Alami TBC Paru Terkini

obat-tradisional-amazon-plus

Saat ini tidak sedikit masyarakan yang menginginkan pengobatan alternatif selain pengobatan medis. Karena memang pengobatan medis ini banyak memberikan efek samping yang tidak baik di tubuh penggunannya. Telah hadir terobosan terbaru obat alami tbc paru paling ampuh amazon plus yang dapat menjadi solusi pengobatan Anda terkini.

Obat herbal tbc paru amazon plus terbuat dari bahan bahan pilihan yang telah teruji secara laboratorium memiliki kesempurnaan khasiat dalam mengatasi penyakit TBC. Bahan bahan alami tersebut meliputi buah zaitun, buah acaiberry, buah blueberry, kulit manggis, buah tomat dan delima merah. Dari keseluruhan bahan alami tersebut mengandung senyawa super di dalam obat alami tbc paru paling ampuh amazon plus yang berfungsi dalam membasmi bakteri tb hingga ke akar akarnya dan tidak membiarkan perkembangannya kembali.

Obat alami tbc paru paling ampuh amazon plus dapat juga meningkatkan fungsi hati serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat sehingga dapat mencegah masuknya virus, bakteri, kuman dll. Obat tradisional tbc ini dikemas dalam bentuk cairan jus yang dapat langsung di minum dan rasanya pun enak di lidah.

Keampuhan obat alami tbc paru paling ampuh amazon plus ini dapat menjadi solusi pengobatan yang selama ini Anda inginkan,

Source : www.herbalsejagat.com/obat-herbal-tbc-paru-paling-ampuh/

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

AHMAD MULYANI

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0