Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Tanpa Disadari, Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Anda Terkena Sinus
Tanpa Disadari, Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Anda Terkena Sinus
0 Komentar | Dibaca 48 kali
Tania Bae @berita
04 September 2018

penyakit sinusi

Gangguan pernapasan juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Memang jenis gangguan yang diderita oleh setiap orangnya berbeda-beda, salah satu yang sekarang ini banyak diidap oleh masyarakatnya adalah Sinusitis atau yang sering juga disebut sebagai sinus. Penyakit ini merupakan keadaan dimana lubang penghubung saluran hidung dan sinus mengalami penyumbatan, yang biasanya akan terletak pada bagian rongga di bawah hidung, pipi dan juga mata. Penyumbatnya berbentuk cairan yang menumpuk yang biasanya selalu tumbuh dan disebabkan oleh virus. Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas dan juga pekerjaan masyarakat Indonesia meski pun penyakit ini tidak terlalu berbahaya. Oleh karena itu penanganan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan agar penyakit ini tidak selalu menghantui Anda. Selain itu, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang mungkin tidak disangka dapat menyebabkan Anda menderita sinusitis. Berikut inilah beberapa penyebabnya:

1. Berenang Menyelam
Karena cuaca Indonesia yang cenderung panas, maka tidak heran jika masyarakatnya ingin menyegarkan diri dengan berbagai cara, salah satunya adalah berenang. Namun siapa sangka jika berenang dapat menyebabkan Anda terkena sinusitis ini. Jika Anda memang memiliki kemungkinan untuk terkena sinus, maka lebih baik untuk menghindari berenang pada kolam yang airnya mengandung klorin. Selain itu, jika Anda sedang menyelam, pastikan untuk tidak melakukannya dalam waktu lama karena tekanannya bisa mendorong air pada sinus dan membuatnya mengalami iritasi.

2. Naik Pesawat
Untuk kegiatan yang satu ini pastinya pernah dilakukan oleh sebagian besar dari masyarakat Indonesia, terutama jika sudah mendekati musim liburan pastinya mereka harus menaiki alat transportasi ini untuk dapat sampai di kota atau negara lain. Namun terlalu lama menghirup udara di dalam pesawat juga dapat membuat Anda menderita sinus. Pasalnya, tekanan udara di pesawat sangat rendah sehingga menimbulkan adanya gejala flu. Lebih baik untuk menggunakan masker atau meneteskan dekongestan atau menggunakan inhaler ketika naik pesawat, terutama ketika lepas landas.

3. Menggunakan Obat di Hidung
Untuk mencegah hidung yang mampet, maka biasanya masyarakat Indonesia menggunakan dekongestan atau obat penyemprot hidung. Namun ternyata sering menggunakannya juga tidak baik untuk saluran hidung Anda. Hal ini dikarenakan obat tersebut akan menyempitkan bagian pembuluh darah pada hidung dan membuat penggunanya menjadi ketergantungan. Terlalu sering digunakan juga dapat membuat hidung menjadi lebih bengkak serta tingkat sensitivitasnya menjadi menurun. Lebih baik untuk tidak menggunakannya dalam jangka waktu panjang atau menggunakannya ketika benar-benar dibutuhkan saja.

4. Merokok
Bukan rahasia lagi jika merokok memberikan efek yang sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Merokok ternyata dapat membuat hidung mengalami iritasi dan juga mengalami radang. Hal ini tentunya sangat memicu penyakit sinus pada tubuh Anda. Mereka lebih mudah terserang penyakit ini karena sistem pembersih pada bagian sinusnya sudah rusak akibat asap rokok. Jadi lebih baik untuk mengurangi kebiasaan merokok Anda dan beralihlah pada pola hidup sehat yang pastinya tidak akan merugikan diri sendiri.

Itulah beberapa hal dan juga kebiasaan yang mungkin kita lakukan setiap harinya dan tanpa diketahui dapat membuat kita mengalami masalah pernapasan atau mengidap sinusitis. Lebih baik untuk memperhatikan udara yang kita hirup setiap harinya, jika terkontaminasi, maka segera lakukan penanggulangan. Misalnya saja dengan menggunakan masker kemana-mana, mengonsumsi makanan sehat, banyak berolahraga, dan pergi ke tempat yang memiliki udara yang cukup segar dan bersih.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

HUSNIJAL, S.HI

Guru fIQIH, WAKIL KEPALA SAPRAS, di Madrasah Aliyah Swasta Parit, Kec. Koto Balingka , Kab. Pasaman Barat, ...
Daftar Artikel Terkait :  40

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0