Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Apa Itu Koperasi Simpan Pinjam ?
Apa Itu Koperasi Simpan Pinjam ?
0 Komentar | Dibaca 69 kali
Jodi Wruck @jodiwruck
16 November 2018

Dalam dunia pertutaran uang biasanya anda akan mengenal yang dinamakan dengan Koperasi Simpan Pinjam. Namun tahukah anda, apa itu koperasi simpan pinjam ? jadi koperasi simpan pinjam itu adalah koperasi yang kegiatan usahanya menghimpun dan meneruskan dana kepada para anggotanya, namun dengan bunga yang sangat rendah.

Koperasi simpan pinjam juga disebut dengan koperasi kredit. Maksudnya adalah dalam proses pengelolaannya itu dilakukan secara demokratis dan mandiri. Selain itu anggotanya juga bergabung dengan sukarela tanpa ada paksaan.

Sebagian orang juga mengatakan bahwa koperasi simpan pinjam adalah lembaga keuangan yang bisa disebut non-bank. Kenapa bisa demikian ? karena koperasi akan menerima uang simpanan dari para anggotanya yang kemudian akan memberikan pinjaman kepada anggota yang lainnya dengan bunga yang rendah.

Menurut beberapa ahli dalam dunia koperasi, koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang memiliki kegiatan dalam bidang pemupukan simpanan dana para anggotanya, yang nantinya dana simpanan tersebut bisa dipinjamkan kembali kepada para anggotanya yang memerlukan pinjaman tersebut (Rudiarto)

Menurut Suyanto dan Nurhadi koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang tujuannya untuk mensejahterakan para anggotanya yang melakukan kegiatan menyimpan dan meminjam tanpa bunga yang sangat besar.

Koperasi simpan pinjam memiliki sumber modal dari dua sumber.  Sumber yang pertama adalah dari modal sendiri dan sumber yang kedua yaitu dari modal pinjaman. Modal sendiri adalah modal awal yang dikeluarkan oleh pemilik koperasi simpan pinjam. Selanjutnya adalah modal pinjaman yang merupakan dana yang terkumpul dari para anggota yang terhimpun, dari koperasi lain dan dari berbagai lembaga keuangan, yang salah satunya adalah Bank.

Tujuan koperasi simpan pinjam ini adalah untuk mensejahterakan para anggotanya itu sendiri. Apakah koperasi simpan pinajm ini bertujuan untuk mencari laba ? ya bisa di katakan seperti itu, namun tujuan utamanya bukan untuk mencari laba, melainkan untuk mensejahterkan para anggotanya seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Untuk anda yang ingin menyimpan uang di koperasi simpan pinjam, sekarang sudah hadir koperasi simpan pinjam Pracico. Kospin Pracico ini juga memiliki tujuan untuk mensejahterakan para anggotanya. Jadi jika anda berniat untuk memulai kegiatan di koperasi simpan pinjam, silahkan kunjungi Kospin pracico di pracico.com

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Awan Setiawan

Cepat tanggap, Percaya Diri Tinggi
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0