Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Lain-Lain

Beranda / Lain-Lain / Beberapa problem kulit di berbagai usai
Beberapa problem kulit di berbagai usai
0 Komentar | Dibaca 37 kali
Waskita Hadi @waskitahadi
06 December 2018

Semua wanita ingin memiliki kulit dengan kondisi terbaik. Namun pada kenyataannya memiliki kulit yang sehat dan bercahaya secara alami dari kepala hingga ujung kaki sangat sulit dicapai. Banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk menghilangkan jerawat, melasma, bintik-bintik usia, flek hitam, dan lainnya.

Kami bertanya kepada ahli dermatologi top tentang 10 masalah kulit yang paling umum dihadapi wanita.

Cari tahu apa penyebabnya dan cara terbaik yang Anda dan dokter kulit Anda dapat perbaiki tempat-tempat masalah ini.

1. Jerawat
Bagaimana itu terjadi? Anda mengira tidak akan memiliki jerawat ketika Anda lulus SMA, namun yang terjadi hingga sekarang jerawat bermunculan di mana-mana. Ini masalah umum, yang menurut dokter kulit New York City, Howard Sobel, MD dialami sekitar 20% orang,

Jerawat dewasa di wajah, punggung, dan tempat-tempat memalukan lainnya disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Bakteri disebut P.acnes, yang menyebabkan kemerahan dan peradangan
  • Sel-sel kulit lengket yang menyumbat pori-pori
  • Produksi minyak yang berlebihan
  • Terlalu banyak hormon androgen dalam tubuh Anda
  • Kompresi dari menekan telepon ke dagu Anda, misalnya, atau memakai pakaian ketat (sering menjadi penyebab di balik jerawat)

Solusi kulit: Buang noda dengan pendekatan multi-langkah :

  1. Di pagi hari, gunakan pencuci wajah dengan asam salisilat yang dapat menghilangkan sumbatan pada pori-pori, diikuti dengan benzoyl peroxide topical (solusi over-the-counter adalah 2,5% -10%) untuk melawan bakteri. Jika Anda memiliki jerawat sedang hingga berat atau resisten, gunakan topikal yang diresepkan (atau, dalam beberapa kasus, oral).
  2. Di malam hari, gunakan pencuci muka asam salisilat yang sama atau pembersih yang lembut jika dosis dua kali sehari terlalu kering. Ikuti dengan jumlah retinoid resep, seperti Differin atau Tazorac, dioleskan di area yang terkena untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Untuk jerawat ringan hingga sedang, tersedia opsi baru untuk menghemat langkah: Epiduo Gel, yang menggabungkan dua resep obat (benzoyl peroxide dan adapalene, versi generik dari Differin), hanya perlu digunakan sekali sehari.

Kontrasepsi oral dan resep obat anti-androgen, seperti spironolactone (Aldactone), dapat membantu mengontrol jerawat yang dipicu hormon, kata dokter kulit Ava Shamban, pemilik Institut Laser Untuk Dermatologi dan Perawatan Kulit Eropa di Los Angeles.

Bagaimana dengan jerawat tubuh, misalnya di punggung atau dada? Itu disebabkan oleh bakteri yang sama seperti jerawat wajah, tetapi dapat diperparah oleh keringat saat berolahraga.

Untuk mencegah jerawat di tempat-tempat yang sulit dijangkau, gunakan pembersih tubuh dengan benzoyl peroxide atau asam salisilat setiap hari, bersama dengan sikat punggung atau loofah untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, ia menyarankan.

2. Bintik-bintik usia
Bagaimana mereka terjadi: Itu bercak-bercak cokelat datar menjengkelkan tidak ada hubungannya dengan usia Anda. Bintik-bintik matahari tersebut disebabkan oleh kerusakan ultraviolet.

Melanocytes – sel-sel yang menghasilkan melanin, yang memberi warna pada kulitnya – rusak seiring waktu dan menghasilkan lebih banyak pigmen yang tidak merata.

Akibatnya akan muncul bintik-bintik di bagian tubuh yang terpapar sinar matahari.

Solusi kulit: Cobalah satu produk untuk mencerahkan kulit dan satu lagi untuk mengelupas (yang membantu bahan-bahannya masuk).

Krim yang mengandung Hydroquinone adalah krim pemutih topikal yang menghambat produksi melanin, sehingga bintik-bintik penuaan memudar.

“Tapi kulit bisa terbiasa dengan hidrokuinon, jadi pasien saya harus libur,” kata Baumann. Pasiennya mulai dengan serangkaian satu hingga dua tabung Tri-Luma dan kemudian beralih ke Retin-A. Retinoid seperti Retin-A berfungsi sebagai eksfoliant dengan mempercepat pergantian sel.

Pilihan pengelupasan kulit lainnya termasuk pengelupasan kulit dan mikrodermabrasi, yang menggunakan butiran kasar kecil untuk menghaluskan kulit.

Untuk bintik-bintik gelap yang membandel, cobalah perawatan sinar laser intens (IPL) untuk meringankan mereka. Anda perlu 3-4 sesi dengan dokter kulit yang berpengalaman.

Setelah perawatan, gunakan tabir surya secara rutin dan konsisten merupakan cara terbaik untuk mencegah bintik-bintik usia di secara dini.
3. Bekas luka
Bagaimana bekas luka terjadi? Dapatkah Anda masih melihat bekas luka dari kecelakaan sepeda masa kanak-kanak yang menggerus kulit lutut Anda? Inilah alasannya: Bekas luka adalah hasil kerusakan pada kolagen dan elastin kulit. Trauma dapat disebabkan oleh operasi, cedera, bahkan jerawat yang parah.

Solusi kulit: Jika bekas luka sudah tua, Anda harus tinggal dengan mereka. Tetapi Anda dapat menguranginya saat mereka baru – kurang dari satu tahun.
Bekas luka yang tipis, pipih, putih dan kertas seperti jaringan kadang-kadang dapat diobati dengan laser Fraxel, yang menusuk lubang kecil di kulit.

Ketika proses penyembuhan, kulit menarik secara bersamaan dan lebih terikat dengan jaringan kulit sekitarnya.

Suntikan steroid dapat melembutkan dan memperbaiki penampilan bekas luka keloid tipis baru, yang terangkat, bergelombang dan berwarna seperti daging; yang lebih tua mungkin harus diangkat dengan operasi.

4. Melasma

Melasma seringkali dialami wanita yang sedang mengalami gejolak hormonal. Misalnya saat hamil, paska melahirkan, pemakaian alat kontrasepsi, dan sekitar usia menopause. Menghilangkan melasma dapat dilakukan dengan pemakaian topikal lengkap, yang berisi hydrokuinon, retinoid, dan lain-lain.

Kombinasi yang tepat dari kombinasi produk perawatan melasma bisa lebih efektif dibandingkan mikrodermabrasi ataupun laser.

Artikel lainnya : Ahli Jerawat

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Adipati Durga

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0