Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Gadget

Beranda / Gadget / Penjelasan Tentang Rangkaian Power Bank
Penjelasan Tentang Rangkaian Power Bank
0 Komentar | Dibaca 149 kali
Kharisa Ayu @kharisaayu
10 December 2018

Meskipun pada dasarnya produk smartphone sudah dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas besar, namun karena digunakan secara terus menerus, maka tidak bisa dipungkiri juga jika terkadang hanya dalam hitungan jam, maka baterai tersebut akan langsung habis. Tentunya untuk Anda yang terbiasa dalam melakukan aktivitas atau kegiatan di luar ruangan kesulitan dalam pengisian dayanya bukan. Namun tidak perlu khawatir, karena sekarang ini sudah ada produk yang bisa Anda gunakan mengatasi hal tersebut, yaitu power bank, yaitu alat yang dapat menampung daya listrik dan kemudian dapat disalurkan kembali ke smartphone Anda. Rangkaian power bank ini dijual di pasaran dengan harga yang cukup bervariasi.

Banyak tentunya yang sudah memilikinya, setiap power bank dibekali dengan kapasitas yang berbeda-beda, umumnya semakin besar kapasitasnya, maka ukuran juga akan semakin besar, sehingga nantinya dapat digunakan untuk mengisi lebih banyak daya. Namun belum tentu juga power bank yang dibekali dengan kapasitas besar adalah power bank yang bagus.

Berikut ini adalah beberapa kriteria untuk memilih yang berkualitas, sehingga nantinya ketika digunakan dalam jangka waktu lama, maka tidak akan merusak smartphone Anda, diantaranya adalah:

  1. Pilihlah yang arusnya sama dengan smartphone Anda, kesalahan yang sering kali dilakukan oleh masyarakat dalam menggunakan power bank adalah arus listrik yang dikirimkan ke smartphone tidak sama dengan yang dapat diterima oleh smartphone tersebut, sehingga menyebabkan baterai ponsel juga mudah sekali mengalami kerusakan. Contohnya adalah ketika ponsel tersebut membutuhkan arus sebesar 3 ampere, maka pilihlah power bank yang dibekali dengan arus 3 ampere juga, boleh kurang, namun jangan sampai lebih.
  2. Sel baterai, jenis sel baterai ini ternyata juga sangat mempengaruhi kualitasnya, contohnya saja seri Li-po yang memiliki kualitas lebih tinggi jika dibandingkan dengan Li-Ion. Sehingga tak jarang diantara rangkaian power bank terbaik selain menggunakan sel Li-po. Hanya saja memang dari segi harganya lebih mahal dibandingkan dengan Li-Ion.
  3. Fiture keamanan yang disematkan pada power bank tersebut, bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya mengisi baterai atau charging terlalu lama, bisa menyebabkan kerusakan baterai, karena membuat baterai menjadi overhead hingga terkadang rusak. Untuk itulah dianjurkan memilih yang dilengkapi dengan fiture over charging protection atau short circuit protection, sehingga aman digunakan meskipun terkadang lupa untuk melepas ketika tengah dicharger.
  4. Sebaiknya belilah merk-merk terkenal dan asli, maraknya penjualan produk power bank palsu ini tentunya bukan sebuah rahasia lagi bagi Anda. Bisa dilihat dari kemasan, kemudian juga adanya jaminan garansi dan harga. Karena untuk merk-merk terkenal, umumnya harga yang ditawarkan juga tidak bisa dikatakan murah, sampai dengan ratusan ribu rupiah. Selain dari segi keasliannya sendiri, maka hal-hal semacam kapasitas nyatanya juga turut mempengaruhi tawaran harganya, karena semakin besar kapasitas power bank tersebut, maka nantinya harga juga akan semakin mahal.

Power bank terbaik ini bisa dengan mudah dijumpai di pasaran, namun lebih disarankan untuk membeli di gerai-gerai resmi saja, biasanya ada jaminan garansi juga untuk produknya. Namun sebagus apapun power bank tersebut, disarankan untuk tidak terlalu sering mengisi baterai smartphone dengan menggunakan power bank, karena lama kelamaan bisa merusak baterai ponsel. Hanya gunakan di saat-saat mendesak saja, seperti diantaranya ketika melakukan perjalanan atau kegiatan di luar ruangan.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Riko Wijaya

http://www.pendaftaran.net/2016/11/cara-pendaftaran-ppdb-online-sekolah.html
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0