Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Opini & Ide

Beranda / Opini & Ide / Terapkan Trik Pengelolaan Pinjaman dengan Jaminan BPKB Ini Agar Tidak Sia-Sia
Terapkan Trik Pengelolaan Pinjaman dengan Jaminan BPKB Ini Agar Tidak Sia-Sia
0 Komentar | Dibaca 42 kali
Aris Resdianto @infoweb
03 December 2018

BPKB seolah menjadi surat penyelamat di kala genting. Buku ini adalah buku yang dikeluarkan untuk bukti kepemilikan pada suatu kendaraan bermotor tertentu oleh kepolisian. Mengingat buku ini adalah dokumen penting dan bernilai, maka tak heran jika BPKB kerap digunakan sebagai salah satu jaminan dalam sebuah pinjaman di lembaga keuangan tertentu. Anda bisa menemukan banyak lembaga keuangan yang menyediakan produk khusus untuk jaminan BPKB ini secara mudah.

 

Sebetulnya hutang kepada lembaga keuangan terbagi menjadi dua jenis yakni hutang tanpa jaminan dimana nasabah tidak harus menyerahkan jaminan. Ada juga hutang dengan memakai jaminan dimana salah satu jaminan yang bisa dipakai adalah BPKB ini. Dengan adanya jaminan BPKB ini, maka dijamin dana akan bisa cair dengan sangat cepat. Umumnya untuk pencairan dananya sendiri bisa sampai 70% dari harga kendaraan yang Anda jaminkan tersebut.

 

Meski dana bisa cair dengan cepat dan mudah, tapi perlu diingat juga jika uang tersebut wajib dialokasikan dan dipergunakan dengan tepat. Usahakan Anda hindari semua jenis kebutuhan yang sifatnya tidak begitu penting. Berikut ini beberapa trik bijak gunakan dana hutang dari lembaga keuangan dengan jaminan BPKB secara lebih bijak:

Tips Hemat Pinjaman

 

  • Pakai dana sesuai kebutuhan

Dana yang bisa didapatkan dari jaminan BPKB biasanya adalah seharga 70% kendaraan. Jika kendaraan tersebut adalah motor, mungkin uang yang dimaksud tidak begitu besar. Tapi jika kendaraan yang dijaminkan adalah surat mobil, maka tentu uangnya amat besar. Untuk itu, cukup pakai saja dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda hanya butuh uang 50 juta, sedangkan uang yang cair adalah 75 juta. Maka ambil saja 50 juta sesuai yang dibutuhkan.

 

  • Hindari foya-foya

Jika pinjaman Anda cair lebih dari yang Anda kira, tentu Anda sangat senang. Tapi jangan salah karena hal ini justru bisa menjadi jebakan. Jangan sampai kelebihan dana itu dipakai dalam hal yang sifatnya foya-foya. Hal ini akan sangat berbahaya mengingat uang tersebut adalah uang hutang yang ada masanya harus dikembalikan. Jangan sampai kendaraan Anda harus terlempar hanya karena sifat konsumtif.

 

  • Alihkan dana untuk kebutuhan produktif

Jika memang Anda mendapatkan pencairan dana dari lembaga keuangan, maka sungguh amat bagus untuk menjadikan dana tersebut dalam hal kebutuhan yang produktif. Manfaatkan dana untuk modal usaha atau bisa juga dengan investasi dalam bentuk deposito, emas hingga reksa dana. Dengan penggunaan dalam kebutuhan yang produktif, pastinya dana akan lebih menghasilkan. Jangan sampai uang hutang itu justru hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif Anda karena ini berarti dana tersebut justru sia-sia.

 

  • Tutup kredit secepatnya

Jika memang ada dana lebih, maka sangat baik sekali untuk bisa tutup hutang kredit yang ada. Hal ini penting sekali sehingga Anda bisa menghindari biaya yang mungkin timbul karena pinjamannya yang tak kunjung dilunasi. Tentunya butuh usaha dan komitmen dalam hal ini sehingga Anda tidak berlarut-larut dalam hutang.

 

Itulah beberapa trik untuk bisa memanfaatkan pinjaman hasil dari menjaminkan BPKB yang harus Anda tahu. Anda harus pahami benar jika dana yang dicairkan oleh lembaga keuangan adalah dana hutang dan bukan merupakan pendapatan tambahan. Ada masa dana hutang harus kembali ke pemiliknya sehingga jangan sampai Anda mengeksploitasi dana tersebut untuk hal tidak penting.

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

partyedu

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0