Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Klaim Asuransi Allianz Sekarang Juga untuk Perlindungan Kendaraan
Klaim Asuransi Allianz Sekarang Juga untuk Perlindungan Kendaraan
0 Komentar | Dibaca 91 kali
Tri Haryadi @talk
07 October 2019

Anda memiliki polis asuransi dari Allianz untuk perlindungan kendaraan bermotor Anda? Sedang mengalami resiko yang tidak diinginkan terhadap kendaraan Anda? Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberitahukan resiko tersebut kepada agen asuransi tempat Anda membeli polis sebelumnya. Jika memang Anda kesulitan untuk menemukan agen tersebut, cara mudah adalah menelpon customer service dari Allianz untuk mendapatkan berbagai informasi terkait sistem klaim asuransi Allianz untuk perlindungan kendaraan bermotor yang Anda miliki. Hindari untuk melakukan perbaikan sendiri terlebih dahulu, sebelum Anda memberitahukan resiko yang Anda alami kepada pihak pemberi asuransi, karena nantinya akan mempengaruhi sistem dan hasil klaim dari asuransi tersebut.

Yang perlu diingat apabila mengalami resiko pada kendaraan bermotor yang Anda ikutkan dalam polis asuransi kendaraan bermotor dari Allianz ini adalah pelaporan dari resiko tersebut kepada pihak Allianz dengan segera. Allianz sendiri hanya akan menangani klaim dari berbagai resiko kecelakaan, kehilangan dan resiko lainnya pada kendaraan bermotor yang terdaftar dalam polis asuransi, dengan batas waktu 72 jam dari waktu kejadian resiko. Pelaporan ini dapat Anda lakukan dengan menghubungi agen agar mereka dapat meneruskannya ataupun menghubungi secara langsung call center, agar dapat dihubungkan pada divisi klaim dari asuransi Allianz.

Hal lain yang juga harus dilakukan adalah melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib, agar nantinya dapat diproses sesuai prosedur. Pelaporan pada pihak kepolisian ini penting, agar nantinya Anda dapat memperoleh surat BAP resmi, yang merupakan dokumen wajib dalam proses klaim asuransi kendaraan Anda. Berikut ini gambaran beberapa dokumen penting yang memang harus dilampirkan dalam proses klaim asuransi Allianz untuk polis perlindungan kendaraan bermotor Anda, yang antara lain adalah:

• Formulir aplikasi pengajuan klaim, dimana formulir ini dapat Anda minta pada kantor cabang terdekat ataupun Anda unduh melalui official website dari Allianz. Formulir yang diserahkan merupakan formulir yang telah diisi lengkap dan di tanda tangani pemilik polis.
• Fotocopy dari surat polis yang dimiliki oleh peserta asuransi yang melakukan klaim.
• Fotocopy SIM dan STNK dari pemilik polis, dimana surat-surat tersebut harus masih aktif dan tidak habis masanya.
• Surat keterangan BAP dari kepolisian terdekat, jika klaim yang dilakukan berkaitan dengan kecelakaan, kehilangan ataupun resiko lainnya yang melibatkan pihak ketiga.

Jika berbagai dokumen tersebut telah diserahkan pada pihak Allianz, maka proses klaim akan diteruskan oleh bagian analysis untuk dapat di verifikasi data dan diproses lebih lanjut. Jika memang dokumen yang diserahkan tidak memenuhi syarat, maka pihak Allianz akan memberitahukan secara resmi kepada pemegang polis dengan tembusan kepada agen, agar nantinya agen dapat membantu kelengkapan data.

Dokumen yang telah ditinjau dan di analisa, akan diteruskan dengan proses penyelesaian klaim, dimana nantinya pihak Allianz akan menentukan bengkel perbaikan yang dapat Anda tuju untuk melakukan perbaikan dari kendaraan yang mengalami resiko tersebut. Untuk informasi bengkel mitra sendiri, nantinya pihak asuransi akan segera menghubungi Anda setelah persetujuan klaim dikeluarkan.

Klaim asuransi Allianz untuk perlindungan kendaraan bermotor Anda ini hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 14 hari kerja sampai dengan proses persetujuan. Oleh karenanya bersabarlah dan jangan mengambil keputusan untuk memperbaiki kendaraan Anda sendiri ataupun pihak ketiga yang terlibat dalam berbagai resiko, karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil dari klaim yang Anda lakukan. Pastikan Anda memberikan dokumen yang lengkap agar proses klaim lebih cepat.

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Entesolusi

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  4

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0