Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Perencanaan Keuangan yang Mesti Diterapkan di Usia 20an
Perencanaan Keuangan yang Mesti Diterapkan di Usia 20an
0 Komentar | Dibaca 74 kali
Tri Haryadi @talk
07 October 2019

Usia muda memang menjadi saat yang paling labil bagi setiap orang, ada banyak hal yang ingin dicoba, sehingga tak jarang diantaranya yang senang menghabiskan uang mereka hanya untuk foya-foya jika dibandingkan dengan menabung. Padahal sebenarnya semakin bertambahnya usia, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya tingkat kebutuhan nantinya juga akan jadi semakin besar, sehingga membutuhkan persiapan keuangan yang cukup, misalnya untuk pernikahan, kemudian juga kehidupan pendidikan buah hati hingga persiapan setelah pensiun. Sehingga Anda butuh perencanaan keuangan secara tepat.

Tujuannya tak lain adalah agar dana atau keuangan yang Anda dapatkan selagi masih muda tersebut nantinya tidak akan terbuang percuma, melainkan untuk persiapan di masa yang akan datang. Mengingat faktanya sendiri tidak ada yang akan tahu kondisi semacam apa yang nantinya akan terjadi dan mengguncang kondisi keuangan di masa mendatang. Berikut inilah diantaranya perencanaan keuangan yang wajib dilakukan sedari masih muda atau berusia 20an tahun, diantaranya adalah:

1. Pastikan untuk menabung, berapapun jumlahnya, namun jika seandainya ditabung atau dikumpulkan suatu saat tentunya nominal akan bertambah semakin banyak bukan, bisa digunakan untuk hal-hal yang sifatnya penting, jika Anda termasuk dalam kategori orang yang memang sulit untuk menabung, maka cobalah untuk membuat dua rekening berbeda, satunya digunakan untuk kebutuhan transaksi sehari-hari, namun satu diantaranya khusus untuk menabung, simpan kartu ATM tersebut dan jangan pernah dibawa ketika berbelanja sehingga tidak akan digunakan untuk hal-hal yang penting.

2. Rencanakan juga dana darurat, faktanya disamping tabungan, maka satu lagi yang patut untuk dimiliki adalah dana darurat. Dana darurat ini agak berbeda dengan tabungan, karena memang hanya ditujukan untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak saja dan tidak terduga. Namun jika sudah terkumpul dalam jumlah banyak dan masih belum terpakai kelak dapat dipakai untuk berinvestasi.

3. Mulailah untuk membeli produk asuransi, ingat bahwa setiap hal dalam hidup Anda pada dasarnya memang memiliki resiko, sebut saja diantaranya adalah datangnya penyakit bahkan juga kematian. Atas dasar itulah maka sangat penting untuk melakukan proteksi sedini mungkin, diantaranya adalah dengan berasuransi, beli produk asuransi yang benar-benar penting atau dibutuhkan layaknya asuransi kesehatan dan juga produk asuransi jiwa. Sehingga untuk biaya yang sifatnya penting seperti pengobatan maka tidak perlu lagi mengeluarkan uang.

4. Investasi, jika seandainya jumlah tabungan yang dimiliki tersebut nominalnya sudah semakin banyak, maka hendaknya jangan dibiarkan dalam bentuk uang, mengingat pastinya Anda juga sudah tahu bahwa uang ingin memiliki resiko inflasi atau penurunan nilai bukan, untuk itu ada baiknya untuk dipakai dalam berinvestasi, misalnya adalah dengan membeli properti yang kemungkinan nilainya akan semakin naik setiap tahun.

5. Buat juga tabungan untuk hari tua, ini juga jadi hal yang tidak kalah penting, apalagi jika seandainya Anda sudah memiliki usaha yang cukup maju, sehingga income atau pendapatan yang diterima nilainya juga tinggi, hendaknya jangan hanya ditabung pada satu tabungan saja, melainkan ada baiknya untuk membuat tabungan untuk masa tua, sehingga setelah pensiun tidak perlu lagi memikirkan masalah keuangan.

Terapkan perencanaan keuangan tersebut sedini mungkin, sehingga nantinya kehidupan finansial di masa yang akan datang juga jadi cerah, tidak perlu memikirkan sumber pemasukan yang lainnya karena sudah ada cadangan dalam jumlah yang besar untuk membiayai hidup.

Artikel lebih banyak sebagai referensi bacaan dapat diakses melalui blog Ilovelife.co.id

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Mobil Daihatsu

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  12

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0