Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Pendidikan

Beranda / Pendidikan / Tips yang Bisa Diterapkan Agar Lolos Menjadi Penerima Beasiswa Unggulan
Tips yang Bisa Diterapkan Agar Lolos Menjadi Penerima Beasiswa Unggulan
0 Komentar | Dibaca 35 kali
rio dewanto @riodewanto
27 October 2019

Seperti yang diketahui bahwa biaya pendidikan semakin lama memang jadi semakin mahal, setidaknya inilah salah satu alasan yang membuat banyak diantara anak-anak sekarang yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, padahal sebenarnya berprestasi di bidangnya. Namun jangan khawatir karena belakangan ini pemerintah sendiri memang telah memberikan banyak sekali pilihan program beasiswa yang akan sangat membantu mendukung biaya kuliah Anda, seperti diantaranya beasiswa unggulan yang akan mulai dibuka pada awal Agustus ini, jadi pastikan untuk segera melakukan pendaftaran.

Baca juga :

Beasiswa yang ditawarkan dari program ini memang tidak ditujukan untuk semua kalangan, melainkan hanya dalam 3 kategori saja, diantaranya adalah masyarakat berprestasi, kemudian juga kalangan 3T dan untuk pegawai Kemendikbud. Programnya sendiri juga tak hanya ditujukan untuk mereka yang sedang kuliah di dalam negeri saja, melainkan juga yang melanjutkan kuliahnya sampai ke luar negeri. Bahkan untuk biaya yang akan diberikan kepada penerimanya sendiri juga tergolong banyak, diantaranya adalah meliputi biaya kuliah, kemudian juga kebutuhan buku sampai dengan biaya hidup juga akan sedikit terbantu oleh beasiswa ini, sangat menarik bukan.

Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri. Hanya saja tentunya saingan untuk dapatkan beasiswa unggulan ini juga banyak sekali, sehingga jika seandainya Anda ingin lolos, maka ikuti beberapa tips berikut ini, yaitu:

  1. Lengkapi semua syarat yang dibutuhkan, khususnya adalah syarat yang berhubungan dengan dokumen, ini hal yang sering kali dianggap remeh oleh calon pelamar beasiswa, padahal sebenarnya jadi hal yang sangat penting dan sering kali membuat mereka gagal menerima beasiswa tersebut, meskipun agar remeh namun memakan waktu yang agak lama di dalam mempersiapkannya, sehingga harus mulai dilengkapi sedini mungkin.
  2. Pastikan juga bahwa semua jenis dokumen yang digunakan tersebut masih berlaku atau aktif, mengingat tak jarang beberapa pelamar yang tidak lolos di dalam tahap seleksi pertama ini, karena meskipun sebenarnya syarat yang dilampirkan sudah lengkap semuanya, namun ternyata ada beberapa diantaranya yang sudah tidak aktif lagi.
  3. Khusus untuk mereka yang masuk lewat program prestasi, maka tentunya harus menyertakan adanya bukti, prestasi di semua bidang bisa saja ikut dilampirkan disini dan menjadi nilai tambah bagi Anda sehingga nantinya bisa diterima pada program beasiswa tersebut.
  4. Lakukan persiapan sebaik-baiknya untuk masuk ke tahapan wawancara, memang pada dasarnya wawancara ini termasuk dalam seleksi yang paling sulit untuk dilakukan, banyak diantara calon pelamar yang gugur ketika mengikuti seleksi yang satu ini. sehingga harus melakukan persiapan dengan sebaik-baiknya, karena memang jadi bagian yang agak menegangkan ketika ditanya secara langsung oleh pihak yang mewawancarai tersebut.
  5. Pastikan untuk memberikan jawaban secara jujur dan juga memikat, di tahapan wawancara atau interview ini sendiri hendaknya Anda harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan tersebut dengan sejujur-jujurnya, tak hanya itu jawaban yang diberikan juga harus memikat sehingga membedakan dengan pelamar yang lainnya.

Pastikan juga sudah mulai mendaftarkan diri ke lamar resminya pada saat sudah dibuka, jangan menunggu lama, karena beasiswa unggulan ini sudah mulai dibuka pada awal Agustus ini, akan ada banyak sekali yang ikut melamar sehingga persaingan juga semakin ketat. Namun jika seandainya Anda menonjolkan nilai lebih atau keunggulan, pastinya akan lebih mudah untuk diterima pada program beasiswa dari pemerintah tersebut.

 

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....
Tags :  

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Sari Puspita

Penulis ini masih malu-malu menuliskan sedikit tentang Biografinya
Daftar Artikel Terkait :  1

Komentar Terbaru

Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0