Tutorial DasarSIAP Wacana

Artikel Kategori // Tips & Trik

Beranda / Tips & Trik / Bahaya Jika Menggunakan Laptop Dengan Sengaja Melepas Baterainya
Bahaya Jika Menggunakan Laptop Dengan Sengaja Melepas Baterainya
0 Komentar | Dibaca 204 kali

Info Teknologi – Melepas baterei waktu memakai laptop sudah jadi rutinitas beberapa orang saat ini. Soalnya beberapa orang berasumsi, dengan melepas baterei waktu laptop dipakai karena itu baterei dapat lebih awet serta bertahan lama. Walau sebenarnya, asumsi ini salah besar lho!

Banyak yang menjelaskan jika baterei laptop harus terus dipasang waktu dikaitkan dengan listrik. Ini dapat membuat usia baterei laptop lebih panjang, diluar itu, dengan masih menempatkan baterei laptop waktu dicolokkan pada listrik, hal ini membuat laptop terproteksi dari konsleting. Tetapi, apa demikian? Umumnya laptop yang tersebar dipasaran sekarang memakai type baterei Li-Ion. Type baterei ini mempunyai keunggulan lebih dibanding type baterei yang lain.

Baca Juga : Ini Fungsi Tombol Keyboard Laptop/PC Yang Belum Anda Ketahui

Ya, melepas baterei laptop waktu dipakai itu nyatanya cukup membahayakan lho! Tidak hanya bateraimu, tetapi semua elemen hardware laptopmu terancam juga rusak jika kamu masih seringkali melepas baterei waktu digunakan.

  1. Elemen hardware seperti motherboard ialah sisi yang paling rawan rusak jika kamu seringkali melepas baterei waktu dipakai.

Ya, motherboard alias mainboard ialah elemen hardware yang paling rawan diserang bahaya jika kebiasaanmu melepas baterei laptop waktu digunakan tidak selekasnya di stop. Soalnya nih guys, waktu kamu melepas baterei laptop tetapi masih memakainya karena itu tegangan arus listrik langsung diterima motherboard tanpa rekonsilasi.

Nah, tegangan arus listrik yang tidak sesuai baterei itu umumnya kapasitasnya berlebihan. Hingga, jika dilanjutkan karena itu bukan tidak mungkin laptopmu jadi cepat rusak serta juga bisa mengakibatkan konsleting yang berefek pada mati totalnya laptop.

  1. Lalu, apa kita dapat melepas baterei laptop?

Beberapa brand laptop memang memperkenankan kita untuk melepas baterei laptop saat baterei itu telah penuh. Saat baterei penuh serta listrik masih menghantar pada baterei, ini dapat memunculkan baterei jadi panas serta kurangi usia baterei laptop. Untuk selamatkan baterei laptop supaya masih awet, sedapat mungkin Anda harus melepas arus listrik bila baterei laptop sudah penuh. Yang pasti, usia baterei dikuasai oleh berapakah kali Anda mencharge baterei itu, makin seringkali Anda mencharge baterei laptop karena itu umurnya akan makin pendek.

  1. Lalu, apa dampak karena baterei laptop dilepaskan?

Melepas baterei laptop serta cuma memercayakan arus listrik, ini bukan inspirasi yang bagus. Ini malah membuat laptop dapat mati tiba-tiba waktu berlangsung pemadaman listrik. Anda dapat memakai stabilizer yang diperlengkapi dengan UPS bila Anda ingin melepas baterei laptop bila ingin memakai laptop dalam tempo yang lebih lama. Stabilizer penting waktu Anda melepas baterei laptop. Efek negatif menyalakan laptop tanpa ada baterei serta Tanpa ada memakai stabilizer bisa percepat kehancuran elemen elektronik dalam laptop, ini dapat membahayakan hardware laptop Anda.

  1. Memakai laptop tanpa ada baterei beresiko jika kamu memakai kabel adaptor palsu.

Butuh kamu tahu guys, menempatkan baterei serta memakai kabel adaptor asli itu sebetulnya penting sekali untuk memantapkan serta menyaring tegangan listrik yang masuk. Nah, saat kabel adaptor yang kamu pakai palsu atau tidak sesuai detail (ditambah kamu melepas baterei waktu menggunakan laptop) karena itu ini dapat mengakibatkan kerusakan elemen hardware.

Arus listrik yang tidak imbang sebab adaptornya palsu ditambah tidak ada baterei, rawan menyerang konsistensi elemen hardware. Mengakibatkan, dapat umur baterei bertambah pendek atau motherboard jadi rawan kedaluwarsa alias cepat rusak.

  1. Memakai laptop tanpa ada baterei itu lebih bahaya waktu mati lampu.

Soalnya, automatis laptop langsung mati kan? Tanpa ada lewat proses shut down, laptop mendadak mati serta tidak berperan . Jika terus menerus ini, bukan tidak mungkin elemen hardware jadi cepat rusak. Elemen hardware yang rawan rusak dalam keadaan ini (terus-terusan) ialah external harddisk, processor dan RAM.

Pada beberapa laptop yang baru, Anda tak perlu melepas baterei laptop. Laptop baru banyak yang telah diperlengkapi dengan auto stop charge, dengan alat ini karena itu tegangan ke arah baterei akan diputus dengan automatis saat baterei laptop penuh. Jadi, bila Anda ingin melepas baterei laptop karena itu Anda harus pastikan beberapa risiko yang dapat berlangsung pada laptop Anda. Untuk laptop yang masih baru, Anda dapat sesuaikan detail baterei laptop dengan keperluan Anda waktu memakainya.

Kesimpulannya bila Anda ingin lakukan kegiatan lama di muka laptop atau notebook semestinya pakai laptop/notebook seperti langkah kerja PC dengan tidak melepas baterei Anda. Lebih baik kapasitas baterei alami penurunan dibanding mengakibatkan kerusakan laptop/notebook serta elemen hardware yang lain.

Nah, tidak ingin kan laptopmu jadi cepat rusak? Maka, mulai saat ini upayakan tidak untuk melepas baterei waktu memakai laptop ya daripada rusak hayo!

Harap tunggu, laporan sedang dalam proses submit....

Anda harus login untuk berkomentar. Login Sekarang

Penulis Lainnya

Rahmat Wahyudin

Lorem ipsum dolor sit amet....
Daftar Artikel Terkait :  2
Layanan ini diselenggarakan oleh PT. TELKOM INDONESIA untuk dunia pendidikan di Indonesia.
Mari kita majukan bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan Teknologi Informasi yang tepat guna
pada dunia pendidikan Indonesia.
Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan
versi 2.0